10 Asuransi Kebakaran Terbaik 2024

Harga Kamar
Harga Kamar
Print PDF

Asuransi Kebakaran Terbaik – Selain Asuransi Pendidikan, Asuransi Kesehatan dan Asuransi Perjalanan, terkadang kita juga membutuhkan Asuransi Kebakaran. Dengan adanya proteksi dari jasa tersebut, ketika properti, rumah, Kantor atau lainnya mengalami kebakaran maka akan ada Asuransi yang membayar ganti rugi.

Kami mempunyai rekomendasi beberapa jasa Fire Insurance terbaik yang sudah diatur oleh PSAKI (Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia). Sementara premi Asuransi Kebakaran sendiri cukup beragam, tergantung dari kredibilitas, limit hingga manfaat didalamnya.

Perlu diketahui bahwa tidak semua barang atau properti hangus atau rusak karena di lalap si Jago Merah bisa ditanggung oleh Asuransi Kebakaran. Disini setiap Perusahaan Asuransi memiliki ketentuan masing-masing terkait harta benda yang berhak di klaim kerugian nya akibat Kebakaran.

Daftar berikut ini bisa menjadi referensi bagi kamu dalam mencari Fire Insurance Rumah, Toko, tempat usaha, Perusahaan dengan layanan terbaik, premi murah atau faktor lainnya. Disamping itu, kami juga bakal menjelaskan apa saja risiko Kebakaran yang bisa dijamin dan tidak dijamin oleh pihak Asuransi.

Contoh Kasus Asuransi Kebakaran dan Penyelesaiannya

Selain Asuransi Jiwa, memiliki Asuransi Kebakaran juga akan sangat berguna ketika kamu mengalami bencana Kebakaran, entah itu terjadi pada Rumah, Kantor atau bahkan Perusahaan yang kami miliki. Musibah tersebut mungkin tidak sepenuhnya mengancam keselamatan diri, tapi bisa dipastikan kerugian akibat kerusakan harta benda atau properti tidaklah sedikit.

Dengan cara mendaftarkan diri sebagai peserta Fire Insurance serta membayarkan premi sesuai ketentuan, maka seluruh kerugian yang dialami akibat kebakaran akan ditanggung oleh pihak Asuransi. Hal tersebut telah tertuang dalam Surat Perjanjian atau Surat Kontrak antara peserta dengan pihak Asuransi.

Meski begitu, tidak semua jenis kerugian akan menjadi tanggung jawab Asuransi. Dalam beberapa kasus, peserta Asuransi Kebakaran tidak bisa klaim kerugian karena satu dan lain hal. Berikut ini kami punya beberapa contoh kasus Asuransi Kebakaran dan penyelesaiannya:

Contoh Berhasil

Pertama kami bakal membagikan contoh kasus Asuransi Kebakaran yang berhasil di klaim oleh peserta. Sebut saja Pak Samsudin telah mengalami musibah kebakaran yang membuat satu unit Rumah beserta isi nya hangus terbakar.

Kebakaran tersebut disebabkan oleh adanya korsleting Listrik di rumahnya. Kemudian setelah diteliti lebih lanjut, akibat dari musibah tersebut Pak Samsudin mengalami kerugian sebesar Rp. 250.000.000 (Dua Ratus Lima Puluh Juta Rupiah).

Di dalam Surat Perjanjian dengan pihak Asuransi tertulis bahwa Fire Insurance bersedia menanggung seluruh kerugian yang dialami peserta. Dengan begitu, Pak Samsudin akan menerima uang ganti rugi sesuai nominal kerugian dari pihak Asuransi.

Contoh Gagal

Kedua, kami juga punya contoh kasus Asuransi Kebakaran yang ditolak alias tidak bisa menerima ganti rugi. Jadi, dari pihak Asuransi berhak menolak pengajuan klaim karena beberapa faktor sebagai berikut:

Ketika seseorang mengalami kebakaran dan hendak mengajukan klaim kerugian ke pihak Asuransi, maka peserta wajib memberikan Surat Pengajuan Klaim berdasarkan Polis yang di beli. Apabila Surat Pengajuan Klaim dengan Polis tidak sesuai, maka pihak Asuransi akan menolak untuk mengabulkan klaim tersebut.

Cara penyelesaiannya adalah memperbaiki Surat Pengajuan Klaim sesuai dengan ketentuan Polis. Dalam hal ini, peserta perlu menghubungi Kantor Asuransi Kebakaran, baik melalui panggilan atau datang langsung untuk bertemu petugas.

Lanjut, contoh kasus klaim Asuransi tidak diterima alias ditolak adalah karena waktu pengajuan terlambat. Setiap jasa Asuransi memiliki tenggat waktu bagi para peserta untuk mengajukan klaim kerugian, apabila pengajuan dilakukan melewati tanggal yang ditentukan, maka pihak Asuransi berhak tidak mengabulkan pengajuan tersebut.

Terakhir, pihak Asuransi tentu akan menolak pengajuan apabila keterangan yang diberikan peserta tidak jelas. Perlu diketahui bahwa saat ini banyak peserta yang menyalahgunakan jasa Asuransi untuk mendapatkan klaim kerugian demi keuntungan pribadi.

Asuransi Kebakaran Terbaik

Setelah menyimak contoh kasus di atas, kamu sudah sedikit paham mengenai pentingnya mengasuransikan bangunan Rumah, Kantor atau Perusahaan untuk jaga-jaga apabila suatu saat terjadi musibah kebakaran.

Oleh karena itu, disini kami merekomendasikan beberapa jasa Asuransi Kebakaran terbaik yang bisa kamu gunakan. Jika dibandingkan dengan Asuransi Kesehatan atau Asuransi Perjalanan Luar Negeri, biaya Asuransi Rumah, Gedung atau Perusahaan berikut ini mungkin lebih mahal.

Daripada penasaran, langsung saja simak daftar Fire Insurance terbaik yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber di bawah ini:

Baca Juga: Apa Itu Asuransi, Contoh, Fungsi, Tujuan dan Pengertian Lengkap

1. Avrist

Avrist

Pertama kami merekomendasikan Avrist sebagai salah satu yang terbaik dari sekian banyak jasa Fire Insurance. Dengan Avrist, kamu bisa mendapatkan proteksi terbaik ketika Rumah, Gudang atau Perusahaan mengalami kebakaran.

Avrist bersedia menerima klaim kerugian akibat kebakaran yang disebabkan oleh Petir, ledakan, kecelakaan Pesawat Terbang maupun ASAP. Sementara itu, Avrist menawarkan 2 (dua) bagian untuk Polis dari Asuransi ini, yaitu:

  • Jaminan Standar Asuransi Kebakran
  • Jaminan Tambahan / Perluasan

Setiap bagian Polis yang di pilih menawarkan manfaat serta biaya Asuransi yang berbeda-beda. Kamu bisa cek disini untuk mengetahui biaya, syarat dan ketentuan hingga mekanisme pendaftaran sebagai pemilik Polis dari Avrist.

2. Allianz

Allianz

Selanjutnya kami juga mencantumkan nama Allianz ke dalam daftar Fire Insurance terbaik. Allianz menawarkan manfaat perlindungan properti berupa Rumah, Mobil, Perusahaan atau Gudang dari risiko kebakaran.

Bahkan Asuransi ini juga bersedia menanggung kerugian kebakaran akibat Petir, Halilintar, adanya ledakan hingga menjadi korban kejatuhan Pesawat Terbang. Biaya Asuransi ini menurut kami juga sangat terjangkau, bahkan bagi masyarakat kelas Menengah.

3. Sinarmas

Sinarmas

Sinarmas juga bisa menjadi pilihan terbaik kamu dalam mencari jasa Asuransi untuk mendapatkan proteksi dari risiko kebakaran. Sinarmas siap menanggung kerugian harta benda, properti dan lain sebagainya yang diakibatkan oleh kebakaran.

4. AXA

AXA

Supaya aset properti bisa mendapatkan perlindungan sepenuhnya, terutama ketika terjadi kebakaran, kamu bisa memilih Polis dari Asuransi AXA. Jasa ini menawarkan manfaat sebagai berikut:

  • Perlindungan barang-barang / properti berharga
  • Perlindungan penuh dari kerugian yang diakibatkan oleh Petir, Asap maupun kebakaran
  • Perlindungan penuh pada dokumen yang hilang
  • Memberikan proteksi kerusakan harta benda yang diakibatkan oleh kejatuhan Pesawat.

Disamping itu, para pemilik Polis nantinya bisa melakukan proses klaim dengan mudah setelah melakukan isi formulir klaim serta melengkapi berkas persyaratan yang dibutuhkan.

5. BRINS

BRINS

Menurut Biayasehat.com, BRINS (BRI Insurance) juga bisa menjadi pilihan terbaik bagi kamu yang sedang mencari produk Asuransi untuk melindungi Rumah, Perusahaan, Gudang atau properti lainnya dari bahaya Kebakaran. Dalam menyediakan produk ini, BRI telah mengikuti PSAKI (Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia).

6. Jastan

Jastan

Jastan (Jasa Tania) merupakan salah satu Fire Insurance terbaik di Indonesia. Jastan bersedia menanggung semua kerugian yang diakibatkan oleh Kebakaran, Petir, Ledakan, Kejatuhan Pesawat dan Asap.

Bagi peserta yang ingin melakukan klaim, maksimal adalah 3 hari setelah kejadian. Nantinya pihak Jastan akan memberikan arahan untuk mengisi formulir pengajuan klaim serta melengkapi berkas persyaratan yang dibutuhkan.

Apabila data pengajuan berhasil disetujui, maka akan ada pemberitahuan terkait persetujuan pengajuan klaim. Besaran dana ganti rugi yang diperoleh, jumlah nya sesuai dengan ketentuan dalam Polis.

7. BCA Insurance

BCA Insurance

Selain Bank BRI, BCA juga memiliki produk Asuransi terbaik yang siap menanggung segala bentuk risiko akibat Kebakaran. Dengan membeli Asuransi ini, maka seluruh harta benda, Properti dan lain sebagainya bakal lebih terjamin.

Bahkan BCA Insurance juga bersedia melindungi harta benda nasabah yang mengalami kerusakan akibat Petir, Ledakan, Huru Hara, Kerusuhan dan lain sebagainya. BCA Insurance menyediakan uang pertanggungan antara Rp. 1.000.000 sampai dengan Rp. 10.000.000.

8. Garda Home

Garda Home

Lanjut, kami juga merekomendasikan Garda Home sebagai Asuransi terbaik untuk harta benda kamu bilamana mengalami musibah Kebakaran. Garda Home bersedia menanggung kerugian 100% yang disebabkan oleh kebakaran, Petir, Ledakan, Kerusuhan, Huru Hara maupun Tertabrak kendaraan.

Apabila terdapat kecelakaan diri akibat musibah tersebut, pihak Asuransi bakal memberikan santunan sebesar Rp. 10.000.000 per orang untuk kebutuhan pengobatan, termasuk Operasi. Biaya tersebut berlaku maksimal untuk 5 orang. Ketentuan ini berlaku untuk pengguna paket Asuransi Garda Home Plus.

Selain paket tersebut, kamu juga bisa membeli paket Garda Home Fit. Manfaat yang ditawarkan dari paket ini antara lain sebagai berikut :

Paket Garda Home Fit

9. MSIG

MSIG

MSIG pun kami masukkan ke dalam daftar Asuransi Kebakaran terbaik. Asuransi ini menawarkan fitur utama berupa:

  • Menjamin kerusakan harta benda seperti bangunan, Inventaris, stok, peralatan dan mesin
  • Gempa Bumi dan gangguan usaha – sebagai perluasan jaminan tambahan
  • Menyediakan layanan Konsultasi risiko (Pelatihan Thermo Survey Service dan Kebakaran)

Pada intinya, MSIG menawarkan perlindungan maksimal terhadap seluruh harta benda yang mengalami kerusakan akibat Kebakaran, Petir, Ledakan maupun kejatuhan Pesawat terbang.

Besaran dana ganti rugi untuk tertanggung nantinya menyesuaikan nilai uang pertanggungan. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa membaca RIPLAY dari Asuransi tersebut atau menghubungi bagian Klaim Non Marine PT. Asuransi MSIG Indonesia di nomor berikut: 021-2523110.

10. MAGNA Properti

MAGNA Properti

Asuransi Kebakaran terbaik terakhir adalah MAGNA Properti. Sesuai dengan namanya, MAGNA Properti menawarkan perlindungan maksimal terhadap benda kamu. Adapun objek Asuransi yang bisa ditanggung antara lain sebagai berikut:

  • Rumah Tinggal
  • Apartemen
  • Kantor
  • Ruko
  • Pabrik
  • Rumah Sakit
  • Gudang
  • dan lain-lain

Biaya pertanggungan MAGNA Properti dihitung sesuai nilai harta benda ketika penutupan. Umumnya premi dihitung selama 12 bulan berdasarkan rumus perhitungan seperti ini:

Harga Pertanggungan (HP) x Suku Premi Per Tahun

Dalam hal ini, MAGNA Properti akan berperan sebagai penanggung kerugian yang dialami nasabah (tertanggung) karena satu dan lain hal, tak terkecuali akibat Kebakaran.

Kesimpulan

Demikianlah rekomendasi Asuransi Kebakaran terbaik dari Biayasehat.com. Di atas telah kami jelaskan setiap produk dari masing-masing Fire Insurance terbaik, semoga bisa menjadi referensi kamu dalam menentukan Asuransi Kebakaran terbaik guna melindungi harta benda.

Beberapa diantaranya juga kami berikan ketentuan mengenai risiko, biaya pertanggungan hingga rumus menghitung biaya pertanggungan. Bahkan kami juga memberikan beberapa contoh kasus Asuransi Kebakaran beserta penyelesaiannya.