4 Rumah Sakit Jiwa Gratis di Jakarta 2024

Harga Kamar
Harga Kamar
Print PDF

Salah satu upaya untuk mengurangi masyarakat dengan penyakit kejiwaan, pemerintah DKI Jakarta menyediakan layanan rumah sakit jiwa gratis. Dengan adanya layanan kesehatan tersebut, setidaknya juga dapat meringankan beban keluarga, khususnya bagi yang tidak mampu.

Dari beberapa rumah sakit jiwa gratis di Jakarta, di antaranya tersebar di daerah-daerah perkotaan Ibu Kota Negara. Mulai dari Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, hingga Jakarta Pusat.

Sedangkan untuk mendapatkan layanan gratis, pasien harus mengikuti ketentuan-ketentuan yang sudah diberlakukan. Termasuk pasien harus memiliki kartu BPJS atau Kartu Indonesia Sehat (KIS) dari pemerintah desa/keluarahan.

Untuk memudahkan kamu menemukan rumah sakit jiwa gratis di Jakarta, kami akan berikan rekomendasinya di artikel ini. Bagi kamu yang penasaran dengan nama-namanya, bisa simak terus pembahasan hingga selesai.

Daftar Rumah Sakit Jiwa Gratis di Jakarta

Daftar Rumah Sakit Jiwa Gratis di Jakarta 1
source image: hellosehat.com

Perlu diketahui lebih dulu, bahwasanya rumah sakit jiwa diartikan sebagai tempat layanan kesehatan untuk penderita penyakit kejiwaan. Di rumah sakit jiwa, pasien akan mendapatkan layanan medis yang cukup baik. Mulai dari terapi psikologis, obat-obatan, terapi konseling, dukungan sosial, hingga pengelolaan stres.

Di Daerah Khusus Ibukota Jakarta sendiri ada banyak sekali rumah sakit jiwa dengan standar nasional maupun internasional. Bahkan, pasien bisa mendapatkan layanan gratis di beberapa rumah sakit jiwa di kota tersebut. Di bawah ini, kami telah membuat daftar layanan kesehatan kejiwaan gratis di Jakarta:

1. RS dr. H. Marzoeki Mahdi

1. RS dr. H. Marzoeki Mahdi
source image: twitter.com

Rekomendasi rumah sakit jiwa gratis di Jakarta adalah RS dr. H. Marzoeki Mahdi. Sebuah layanan kesehatan jiwa tipe A. Sejak didirikan tahun 1882, hingga sekarang ini rumah sakit tersebut masih menjadi tujuan rujukan layanan kesehatan jiwa terbaik di lingkungan Jabodetabek.

Rumah Sakit dr. H. Marzoeki Mahdi terletak di Jl. Sumeru No. 114, Kota Bogor. Dalam upaya meningkatkan layanan kesehatan jiwa, RSJMM terus menambah berbagai fasilitas. Setidaknya sekarang memiliki tempat tidur sebanyak 590, 944 orang pegawai, 64 tenaga medis, 415 keperawatan, hingga tenaga kesehatan lainnya berjumlah 66 orang.

Apabila kamu ingin mengantar sodara berobat kejiwaan di Rumah Sakit Jiwa dr. H. Marzoeki Mahdi, bisa langsung ke alamat di atas. Atau sebelum menuju ke RSJ, hubungi nomor (0251) 8324024, 8324025, 8320467. Di RSJMM sendiri bisa mendapatkan layanan gratis.

2. Rumah Sakit Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan

2. Rumah Sakit Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan
source image: rsjsh.co.id

Kemudian, pilihan layanan kesehatan kejiwaan gratis di Jakarta bernama Rumah Sakit Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan. Sama halnya dengan RSJMM, rumah sakit ini memiliki sejarah cukup panjang. Didirikan pada tahun 1867 berdasarkan keputusan Gubernur Jenderal (Gouverneur General). Pada tahun tersebut, namanya adalah RS Jiwa Grogol.

Berganti nama Rumah Sakit Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan sendiri terjadi pada tahun 2002. Karena memiliki sejarah yang cukup lama, rumah sakit tersebut memiliki layanan terbaik dalam upaya penyembuhan serta pemulihan pasien kejiwaan secara paripurna. Dalam upaya penyebuhan juga didukung oleh fasilitas lengkap dan tanaga medis profesional.

Adapun alamat Rumah Sakit Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan berada di Jl. Prof. Dr. Latumenten No. 1. RT 1 RW 4. Jelambar, Grogol Pertamburan, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta. Selain bisa langsung ke alamat tersebut, bisa juga melakukan pendaftaran secara online melalui telepon (021) 5682841.

3. Rumah Sakit Jiwa Islam Klender

3. Rumah Sakit Jiwa Islam Klender
source image: hellosehat.com

Berikutnya layanan kesehatan jiwa gratis di Jakarta adalah Rumah Sakit Jiwa Islam Klender. Di mana tempat tersebut sudah lama dikenal oleh masyarakat sekitar tahun 1987. Berdirinya RSJIK sendiri karena adanya bantuan dari Baziz DKI Jakarta serta diresmikan juga oleh Gubernur R. Soeprapto.

Karena sudah lama berdiri, tentu berbagai fasilitas yang diberikan sangatlah baik dan lengkap. Adapun fasilitas di Rumah Sakit Jiwa Islam Klender terdiri dari rawat jalan, terapi unggulan, rawat inap, rehabilisasi psikososial, hingga UGD Psikiatri. Tidak hanya itu, di tahun ini akan ada pembangunan gedung baru.

Untuk lokasi Rumah Sakit Jiwa Islam Klender berada di Jl. Bunga Rampai X, Perumnas Klender, Malaka Jaya, Duren Sawit, Jakarta Timur. Sedangkan nomor telepon bisa langsung ke (021) 8622491. Bagi kamu yang ingin mendapatkan layanan terbaik, silakan bisa ke rumah sakit jiwa tersebut.

4. Rumah Sakit Jiwa Sanotorium Dharmawangsa

4. Rumah Sakit Jiwa Sanotorium Dharmawangsa
source image: rs-dharmawangsa.com

Rekomendasi terakhir untuk rumah sakit jiwa gratis di Jakarta yakni RSJ/RSK Sanotorium Dharmawangsa. Ketika kamu ingin mengantar saudara ke tempat tersebut, maka akan mendapatkan layanan terbaik. Seperti halnya fasilitas lengkap, dokter, dan tenaga medis yang profesional.

Selain menerima pasien umum, Rumah Sakit Jiwa Sanotorium Dharmawangsa juga menawarkan pada pasien BPJS. Dengan adanya layanan tersebut, maka pasien tidak perlu membayar segala keperluan yang diterima dari rumah sakit.

Apabila kamu ingin berobat ke rumah sakit jiwa tersebut, maka bisa langsung ke alamat Jl. Dharmawangsa Raya No.13, RT 5 RW 2, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Sedangkan untuk layanan pendaftaran bisa hubungi lebih dulu ke nomor (021) 7394484.

Cara Mendapatkan Layanan Gratis di Rumah Sakit Jiwa Jakarta

Cara Mendapatkan Layanan Gratis di Rumah Sakit Jiwa Jakarta
source image: radarsemarang.jawapos.com

Seperti yang sudah dibahas di atas, keempat rumah sakit jiwa di Jakarta menerima layanan secara gratis. Akan tetapi, untuk mendapatkan layanan tersebut, setiap pasien harus memiliki kartu BPJS. Baik itu kelas 1, 2, atau 3. Di bawah ini, kami akan berikan langkah-langkah agar mendapatkan layanan gratis di rumah sakit jiwa di Jakarta.

1. Datangi Faskes Pertama

Langkah pertama adalah mendatangi fasilitas kesehatan pertama. Adapun fasilitas tersebut bisa ke dokter umum, puskesmas, klinik kesehatan, atau rumah sakit. Kemudian, mintalah surat pengantar dokter agar nantinya proses penggunaan kartu BPJS di rumah sakit jiwa di Jakarta bisa berjalan dengan lancar.

2. Mengurus di Bagian Administrasi

Langkah kedua setelah memiliki surat pengantar, kamu bisa urus ke bagian administrasi rumah sakit jiwa. Sampaikan, bahwa pasien berasal dari anggota program BPJS. Mintalah agar bisa bisa berkonsultasi ke psikiater atau psikolog.

3. Konsultasi

Langkah ketiga adalah melakukan konsultasi bersama psikolog atau psikiater. Saat melakukan konsultasi, pasien akan akan ditujukan beberapa tes supaya bisa mendapatkan diagnosa.

4. Ambil Rujukan Obat

Langkah keempat setelah konsultasi selesai, biasanya psikolog atau psikiater akan memberi resep obat. Pasien bisa mengambilnya di apotek rumah sakit jiwa.

Itulah beberapa cara agar bisa mendapatkan layanan gratis di rumah sakit jiwa. Jika dalam beberapa hari tidak ada berkembangan, maka bisa kembali lagi ke rumah sakit agar bisa ditindak lebih lanjut.

Kesimpulan

Dari semua pembahasan di atas, bisa disimpulkan bahwasanya ada empat rumah sakit jiwa di Jakarta yang menerima layanan kesehatan kejiwaan secara gratis. Layanan tanpa biaya bisa diperoleh pasien melalui program BPJS. Adapun untuk cara-caranya sangatlah mudah.

Kiranya itu pembahasan dari kami mengenai beberapa rumah sakit jiwa gratis di Jakarta. Semoga dengan adanya artikel di atas bisa memberi rekomendasi layanan kesehatan kejiwaan terbaik. Selain itu, semua ulasan di atas juga bisa dijadikan sebagai bahan bacaan menarik.