Biaya Asuransi Kesehatan 2024, Per Bulan dan Per Jiwa

Harga Kamar
Harga Kamar
Print PDF

Biaya Asuransi Kesehatan – Di Indonesia terdapat banyak asuransi kesehatan terbaik baik asuransi kesehatan umum dan asuransi kesehatan syariah yang bertanggung jawab atas biaya medis, operasi bedah dan perawatan. Pastinya banyak dari Anda bertanya biaya asuransi kesehatan per bulan dan per jiwa.

Bicara biaya asuransi kesehatan, biayasehat.com akan jelaskan informasi besaran mengenai biaya asuransi kesehatan per bulan dan per jiwa. Seperti diketahui jika asuransi yang berhasil diikuti harus dibayar per bulannya.

Dengan ikut salah satu asuransi kesehatan yang ada dan selalu membayarkan biaya per bulannya. Peserta nantinya akan mendapatkan perlindungan secara menyeluruh atas kesehatan diri sendiri beserta anggota keluarga yang tertanggung.

Membahas biaya asuransi kesehatan tersebut, kami berhasil mendapatkan informasi dari beberapa sumber mengenai biaya asuransi kesehatan per bulan dan per jiwa. Untuk lebih jelasnya silahkan simak besaran biaya asuransi kesehatan secara lengkap berikut ini.

Apa Itu Asuransi Kesehatan?

Apa Itu Asuransi Kesehatan

Sebelum ke pembahasan utama mengenai biaya asuransi kesehatan. Terlebih dahulu Anda perlu mengerti apa itu pengertian asuransi kesehatan. Maka dari itu di sini kami akan jelaskan sekilas tentang pengertian asuransi kesehatan.

Asuransi kesehatan adalah satu dari sekian banyak jenis asuransi yang nantinya menjamin dan bertanggung jawab atas biaya medis, operasi, obat, dan perawatan peserta di Rumah Sakit. Nantinya biaya akan di cover oleh asuransi tergantung kesepakatan awal polis (surat perjanjian kontrak).

Dari setiap asuransi yang ada di Indonesia menawarkan polis di mana dapat dipilih nantinya pada saat mendaftar asuransi. Setiap polis yang ada akan tergantung dari setoran biaya per bulan dan umumnya semakin mahal biaya asuransi akan semakin besar pula layanan diberikan pihak asuransi.

Nantinya pihak tertanggung asuransi tidak perlu bayar biaya apapun jika menjalani perawatan medis, sebab perusahaan asuransi penerbit polis wajib menanggung semua pembayaran. Namun perlu diperhatikan saat mendaftar asuransi, pastikan paham apa saja biaya yang ditanggung.

Namun yang jelas dengan mengikuti asuransi kesehatan, nantinya pihak tertanggung akan merasa diringankan dalam urusan biaya ketika dirawat di Rumah Sakit. Itulah salah satu manfaat Anda dan keluarga ketika mendaftar sebuah asuransi kesehatan.

Manfaat Asuransi Kesehatan

Manfaat Asuransi Kesehatan

Tidak hanya berikan manfaat namun ada banyak manfaat lain yang nantinya dapat dirasakan ketika mendaftar asuransi kesehatan. Lantas apa saja manfaat dari asuransi kesehatan lainnya? Di antara lain manfaat asuransi kesehatan yakni seperti:

1. Berikan Rasa Tenang

Untuk manfaat pertama daftar asuransi kesehatan yakni memberikan rasa tenang. Hak itu dikarenakan Anda memiliki jaminan perlindungan kesehatan yang dapat dimanfaat seaktu-waktu.

Contoh, jika Anda terdaftar pada asuransi kesehatan dan tiba-tiba sakit kemudian membutuhkan perawatan medis maka tidak perlu siapkan uang sebagai biayanya. Karena pihak asuransi cover seluruh biaya perawatan hingga obatnya.

2. Mendapat Pelayanan Kesehatan Layak

Kemudian manfaat selanjutnya daftar asuransi kesehatan yakni akan mendapatkan layanan kesehatan layak untuk pasien. Pelayanan ini nantinya akan disesuaikan dengan biaya premi secara rutin.

Maka dari itu, sebelum daftar asuransi kesehatan penting bagi Anda pilih produk asuransi sesuai dengan kebutuhan. Karena nantinya penting untuk mengetahui fitur dan layanan ditawarkan setiap produk asuransi.

3. Investasi

Manfaat berikutnya daftar produk asuransi kesehatan adalah sebagai tabungan masa depan. Ada beberapa perusahaan asuransi tertentu yang memberikan kebijakan untuk kembalikan dana saat masa berlaku polis telah habis dengan ketentuan telah disepakti.

Apabila Anda belum menggunakan produk asuransi karena tidak sakit dan alami kejadian diluar dugaan, maka sejumlah uang dapat dikembalikan. Dalam hal ini seperti anda membeli produk investasi tabungan masa depan.

4. Efesien Waktu

Kondisi kesehatan tubuh memang tidak dapat diprediksi, bisa kapan saja membutuhkan perawatan dan harus di bawa ke Rumah Sakit. Dengan terdaftar di asuransi kesehatan, menjadikan Anda tidak perlu repot dalam mencari pinjaman uang untuk pengobatan.

Dengan begitu nantinya Anda akan mendapatkan manfaat efesien waktu, sehingga bisa mendapatkan penanganan lebih cepat dan menghindari kemungkinan lebih buruk pada kondisi kesehatannya. Dengan begitu perawat di fasilitas kesehatan sigap melayani.

5. Pengelolaan Keuangan Teratur

Tidak hanya manfaat di atas, daftar asuransi kesehatan akan membuat Anda wajib membayarkan premi secara rutin per bulan. Dari hal itulah Anda nantinya dituntut belajar mengelola keuangan secara teratur.

Dengan begitu anggaran biaya asuransi, harus disediakan sebelum tanggal jatuh tempo pembayaran setiap bulannya. Dari sinilah pengelolaan keuangan Anda akan semakin teratur untuk bayarkan kewajiban preminya.

Macam Asuransi Kesehatan

Macam Asuransi Kesehatan

Apabila sudah mengetahui manfaat apa saja yang bisa didapatkan saat Anda terdaftar di sebuah asuransi perusahaan. Selanjutnya Anda juga perlu mengetahui apa saja macam-macam asuransi kesehatan. Di antara lain macam asuransi kesehatan yakni:

1. Asuransi Kesehatan Individu / Jiwa

Untuk macam asuransi kesehatan pertama ada asuransi kesehatan individu / jiwa. Asuransi kesehatan individu adalah jenis asuransi dengan sifat personal. Hal itu menjadikan saat akan cover biaya perawatan, pihak asuransi akan melihat siapa yang ditanggung.

Itu dikarenakan jaminan perlindungan asuransi kesehatan ini nantinya akan diberikan hanya untuk satu orang atau per jiwa saja sesuai aturan polis pada saat mendaftar. Sehingga asuransi kesehatan ini tidak dapat dipakai maupun digunakan orang lain.

2. Asuransi Kesehatan Keluarga

Asuransi kesehatan kedua ada asuransi kesehatan keluarga, di mana jenis asuransi kesehatan ini memberikan jaminan perlindungan kesehatan untuk keluarga. Itu tandanya asuransi akan cover semua anggota keluarga terdaftar.

Jadi setiap anggota keluarga di mana membutuhkan biaya kesehatan untuk menjalani rawat inap, pengobatan, dan lainnya nantinya akan ditanggung oleh perusahaan asuransi kesehatan. Anggota yang terdaftar biasanya satu Kartu Keluarga (KK), contohnya BPJS Kesehatan.

3. Asuransi Kesehatan Anak

Terakhir ada asuransi kesehatan anak, di mana jenis asuransi ini merupakan asuransi yang tanggung semua biaya yang berkaitan dengan kesehatan anak. Hal itu akan membuat orang tua merasa lebih tenang, ketika sang anak alami masalah kesehatan.

Orang tua tinggal membawa ke Fasilitas Kesehatan (Faskes) seperti Rumah Sakit untuk melakukan pengobatan. Nantinya seluruh biaya yang ada akan ditanggung semuanya oleh perusahaan asuransi, ini jadi salah satu keuntungan daftar asuransi kesehatan untuk anak.

Biaya Asuransi Kesehatan

Biaya Asuransi Kesehatan

Sudah mengetahui apa itu asuransi kesehatan hingga macam-macam asuransi yang ada, selanjutnya mari ke pembahasan utama mengenai premi atau biaya asuransi kesehatan per bulan dan per jiwa. Untuk lebih jelasnya silahkan ketahui premi asuransi kesehatan di bawah ini.

Usia 1-20 Tahun

Paket Per Bulan Per Tahun
Silver Rp 24.250 Rp 242.500
Gold Rp 48.500 Rp 485.000
Platinum Rp 72.750 Rp 727.500

Usia 21-30 Tahun

Paket Per Bulan / Jiwa Per Tahun
Silver Rp 30.500 Rp 305.000
Gold Rp 91.500 Rp 610.000
Platinum Rp 91.500 Rp 915.000

Usia 31-40 Tahun

Paket Per Bulan / Jiwa Per Tahun
Silver Rp 39.600 Rp 396.000
Gold Rp 79.200 Rp 792.000
Platinum Rp 118.800 Rp 1.188.000

Usia 41-50 Tahun

Paket Per Bulan / Jiwa Per Tahun
Silver Rp 56.750 Rp 567.500
Gold Rp 113.500 Rp 1.135.000
Platinum Rp 1.702.500 Rp 170.250

Usia 51-60 Tahun

Paket Per Bulan / Jiwa Per Tahun
Silver Rp 87.000 Rp 870.000
Gold Rp 174.000 Rp 1.740.000
Platinum Rp 261.000 Rp 2.610.000

Usia di atas 61 Tahun

Paket Per Bulan / Jiwa Per Tahun
Silver Rp 119.000 Rp 1.190.000
Gold Rp 238.000 Rp 2.380.000
Platinum Rp 357.000 Rp 3.570.000

Catatan : Setiap perusahaan asuransi kesehatan berikan premi atau biaya berbeda-beda

Faktor Penentu Premi Asuransi Kesehatan

Faktor Penentu Premi Asuransi Kesehatan

Di atas merupakan besaran biaya atau premi asuransi kesehatan per bulan dan per jiwa, dalam besaran biaya tersebut ada faktor penentu premi asuransi kesehatan. Ada dua faktor penentunya yakni secara umum dan khusus, lebih jelasnya simak di bawah ini:

Faktor Umum

Ada faktor penentu premi asuransi kesehatan yang sama atau biasanya disebut dengan faktor umum. Dari faktor umum inilah terdapat beberapa pembeda di masing-masing jenis asuransi.

1. Usia

Faktor usia jadi salah satu faktor penting yang nantinya mempengaruhi besaran premi baik itu asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa. Semakin muda umur tertanggung harga akan semakin murah, berbanding dengan usia sudah tua maka premi asuransi per bulan / per jiwa akan lebih besar.

2. Masa

Faktor umum lainnya ada masa pertanggungan. Faktor ini adalah waktu yang menjamin risiko kerugian tertanggung akan digantikan oleh perusahaan asuransi. Semakin lama masa pertanggungan maka akan semakin mahal biaya asuransi dan semakin singkat masa pertanggungan maka semakin murah.

3. Gaya Hidup

Ya, gaya hidup menjadi salah satu faktor penting dalam menentukan biaya asuransi kesehatan. Apabila tertanggung miliki kebiasaan minum alkohol, merokok dan miliki hobi lakukan aktivitas ekstreme maka premi asuransi kesehatan akan lebih mahal.

4. Limit

Hampir mirip dengan faktor umum kedua yakni, masa pertanggungan. Faktor limit pertanggungan merupakan jumlah maksimal yang akan nantinya dibayar perusahaan asuransi atas suatu klaim di mana diajukan oleh pemegang polis. Semakin tinggi limit pertanggungan maka premi harus dibayar semakin besar.

5. Kondisi Industri Asuransi

Faktor umum penentu besaran biaya asuransi kesehatan ada pada kondisi industri asuransi. Yang dimaksud di sini adalah seberapa banyak permintaan perlindungan asuransi dari masyarakat di suatu waktu atau dalam waktu bersamaan.

Faktor Khusus

Di atas dijelaskan penentu premi asuransi kesehatan umum, ada juga faktor khusus nantinya menentukan besaran premi. Dalam faktor khusus nantinya faktor spesifikasi menentukan harga premi tergantung jenis asuransi tertentu yang dibayar.

1. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan menjadi asuransi yang berikan jaminan kepada tertanggung untuk ganti biaya pengobatan meliputi biaya perawatan di Rumah Sakit, pembedahan dan obat-obatan. Sedangkan faktor khusus penentu premi asuransi kesehatan yakni riwayat kesehatan.

Apabila tertanggung mereka memiliki riwayat kesehatan kompleks maka akan dapatkan biaya premi lebih tinggi. Ini dikarenakan nantinya tertanggung akan melakukan klaim lebih sering dibanding dengan tertanggung yang tidak memiliki riwayat kesehatan.

2. Asuransi Jiwa

Untuk asuransi jiwa nantinya memberikan manfaat perlindungan pada ahli waris dari risiko kerugian finansial akibat kehilangan sumber penghasilan yakni pihak tertanggung meninggal dunia dan alami cacat total.

Penentuan biasa atau premi asuransi jiwa akan melihat dari faktor pekerjaan dan jenis kelamin tertanggung. Mengenai faktor pekerjaan biasanya tertanggung berprofesi dengan risiko tinggi seperti pilot, awak penerbangan, pekerja tambang serta lainnya.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan di atas, biaya asuransi kesehatan akan berbeda di setiap perusahaan asuransi jiwa itu sendiri. Selain itu ada beberapa faktor umum dan khusus yang nantinya menentukan besaran premi asuransi kesehatan harus dibayar per bulan atau per jiwa.

Demikian kiranya pembahasan dapat biayasehat.com sampaikan mengenai biaya asuransi kesehatan per bulan dan per jiwa. Diharapkan dengan adanya premi asuransi kesehatan di atas dapat bermanfaat untuk Anda semua yang penasaran mengenai besaran biayanya.