Biaya Tes HSG di Prodia Terbaru 2024

Harga Kamar
Harga Kamar
Print PDF

Biaya Tes HSG di Prodia – Pemeriksaan pada dokter spesialis kandungan dapat menjadi solusi bagi Anda yang merasa khawatir dan ingin mengetahui perihal kesuburan. Di mana, tes yang umumnya tenaga medis sarankan ialah HSG atau Histerosalpingografi.

Beruntungnya, tes HSG kini dapat dilakukan pada klinik Prodia dengan biaya cukup terjangkau jika dibandingkan dari klinik atau rumah sakit swasta pada umumnya. Namun, lantaran klinik tersebut memiliki banyak cabang tentu setiap unitnya mempunyai ketentuan tarif berbeda.

Sebagai contoh, biaya tes USG di Prodia cabang Bekasi dan Bogor nantinya akan memiliki perbedaan cukup signifikan. Maka dari itu, penting bagi Anda mengetahui anggaran yang dibutuhkan agar tidak terhambat pada proses administrasi.

Supaya memudahkan setiap individu ketika hendak memeriksa kesuburan, berikut adalah beberapa hal yang harus Anda dan masyarakat ketahui meliputi syarat, prosedur, efek samping hingga biaya tes HSG di Prodia cabang terdekat.

Apa Itu Tes HSG?

Apa Itu Tes HSG

Mungkin beberapa kalangan tak sepenuhnya memahami apa itu tes HSG, di mana tindakan ini ialah prosedur pemeriksaan ke bagian dalam rahim serta tuba fallopi menggunakan rontgen ataupun sinar X radiologi.

Tes HSG umumnya dilakukan guna melihat apakah saluran tuba seseorang tertutup lantaran tersumbat sebagian maupun sepenuhnya. Selain itu, penerapannya sendiri juga bisa dilakukan untuk mengetahui ukuran atau bentuk rahim.

Terlepas dari rontgen, tes HSG juga dapat menggunakan zat kontras yang bisa larut di dalam air. Nantinya, cairan tersebut akan disuntikkan kepada pasien supaya bentuk rahim maupun saluran tiba bisa terlihat lewat pencitraan secara jelas.

Manfaat Tes HSG

Manfaat Tes HSG

Pada umumnya, tes HSG dilakukan guna memeriksakan sistem reproduksi wanita yang mengalami beberapa masalah seperti sulit hamil. Selain itu, pemeriksaan juga dapat diterapkan sebagai alternatif untuk meninjau keguguran atau kelainan rahim layaknya tumor jinak dalam rahim.

Berikut adalah beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan ketika hendak melakukan tes HSG di Prodia maupun fasilitas kesehatan lain.

  • Meningkatkan peluang untuk kehamilan
  • Meningkatkan ovilasi lantaran zat kontras memiliki pengaruh terhadap area ovarium.
  • Memperbaiki lapisan rahim atau endometrium, membuatnya lebih kondusif saat hamil serta memungkinkan embrio bisa tertanam.
  • Membilas penyumbatan kecil pada tuba fallopi guna memudahkan wanita untuk hamil.

Baca Juga: Biaya Rontgen Thorax di Prodia

Syarat Tes HSG di Prodia

Syarat Tes HSG di Prodia

Sebelum mempersiapkan biaya, penting bagi setiap orang untuk mengetahui syarat untuk pelaksanaan tes HSG di Prodia. Sebab, keperluan ini dilakukan untuk efisiensi pemeriksaan agar dapat memberikan hasil terbaik.

Umumnya, tes HSG dilakukan di hari ke sembilan hingga ke dua belas setelah awal menstruasi. Dalam pelaksanaan pemeriksaan tersebut, Prodia menetapkan sejumlah persyaratan dan ketentuan yang wajib dipenuhi setiap orang di antaranya:

  • Wanita dilarang melakukan hubungan intim bersama pasangan setidaknya 2 hari sebelum tes dilaksanakan.
  • Tes HSG tidak boleh dilakukan saat sedang menstruasi.
  • Pemeriksaan HSG sebaiknya tidak dilaksanakan saat seorang wanita mengalami infeksi di saluran reproduksi maupun bagian panggul (Pelvis) kronis, penyakit seksual menular ataupun melewati operasi rahim.

Perlu diingat, beberapa syarat di atas juga kerap diterapkan oleh rumah sakit tertentu. Hal demikian tentu dilakukan atas dasar standar pemeriksaan HSG.

Prosedur Tes HSG di Prodia

Prosedur Tes HSG di Prodia

Selain aspek biaya, prosedur tes HSG di Prodia juga perlu diketahui agar kesiapan fisik atau mental bisa melancarkan pemeriksaan. Di mana, metode prosesnya sendiri umumnya dilakukan pada ruangan X-Ray selama 15 hingga 30 menit, selengkapnya:

  • Pertama, pasien akan diminta berbaring dengan posisi kaki sejajar pada posisi di bawah fluoroskopi.
  • Setelahnya, kamera X-Ray akan mengambil gambar bagian tubuh tertentu selama prosedur pemeriksaan.
  • Berikutnya, dokter akan meminta pasien membuka kaki lebar-lebar sembari diketuk.
  • Selanjutnya, spekulum dimasukkan ke vagina pasien guna melihat bagian dalamnya.
  • Lalu, mulut rahim akan dibersihkan oleh dokter menggunakan sabun khusus.
  • Kemudian, anestesi lokal diberikan pada ujung serviks guna meredakan nyeri.
  • Ketika spekulum sudah berhasil masuk, zat kontras akan diberikan setelahnya.

Setelah melaksanakan prosedur pemeriksaan di Prodia, mungkin beberapa kalangan kerap bertanya berapa lama hasil tes HSG keluar? Secara umum, hasilnya akan keluar 30 menit sesudah pemeriksaan. Kemudian, dokter akan memberikan penjelasan mengenai hasil pemeriksaan serta memberikan saran medis terbaik jika terdapat masalah.

Biaya Tes HSG di Prodia

Biaya Tes HSG di Klinik Prodia

Terlepas dari penjelasan, manfaat, syarat serta prosedur pemeriksaan Histerosalpingografi, penting bagi Anda supaya mengetahui besaran anggaran yang harus dipersiapkan. Sebab, klinik Prodia untuk tes HSG terdekat dari tempat tinggal setiap daerah memiliki besaran berbeda-beda berdasarkan kebijakan pengelola cabang.

Estimasi biaya tes HSG di Prodia berada di kisaran Rp 1.600.000, di mana dengan anggaran tersebut setiap orang sudah mendapatkan penanganan serta jasa konsultasi bersama dokter radiologi.

Sementara itu, setiap pasien juga dapat memilih paket cek kesehatan mencakup tes umum, penyakit cardiometabolic maupun pemeriksaan kesuburan bagi pria seperti analisa Sperma di Prodia. Berikut beberapa pilihan paket yang tersedia termasuk harganya:

  • Panel Wellnes Premium Wanita: Rp 8.239.000
  • Welness Premium Pria: Rp 7.738.000

Namun, perlu diingat jika nominal biaya tes HSG di Prodia maupun pilihan paket di atas masih mungkin mengalami perubahan pada waktu tertentu. Maka dari itu, sangat disarankan Anda mempersiapkan anggaran berlebih atau mempertanyakan kepada pihak klinik secara langsung.

Baca Juga: Biaya Tes DNA di Prodia Terbaru

Efek Samping Tes HSG

Efek Samping Tes HSG

Setelah menerapkan prosedur tes HSG di Prodia dengan biaya di atas, Anda juga masih perlu mengetahui jika metode pemeriksaan di atas memiliki efek samping. Meski terbilang prosesnya aman sesuai standar, akan tetapi tetap terdapat sejumlah risiko yang harus diketahui setiap pasien.

Di mana, efek samping yang akan dirasakan setiap orang ketika telah melewati prosedur tes HSG di Prodia di antaranya:

  • Demam
  • Muntah
  • Pingsan
  • Kram ataupun nyeri yang sangat hebat
  • Keluar cairan berbau yang keluar dari vagina
  • Pendarahan dari vagina

Ketika Anda mengalami beberapa efek samping di atas, sangat dianjurkan untuk datang sesegera mungkin ke klinik Prodia untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Jika melakukannya di tempat lain, sebaiknya segera datangi lokasi pelaksanaannya.

Kesimpulan

Dengan adanya efek samping di atas, mungkin beberapa kalangan akan merasa ragu ketika hendak melakukan tes HSG. Namun, masalah tersebut umumnya cukup jarang terjadi lantaran tenaga medis yang menangani pemeriksaan telah berpengalaman di bidangnya. Maka dari itu, ketika membutuhkan informasi kesuburan tidak perlu meragukan pelayanan Prodia.

Sekian informasi biaya tes HSG di Prodia dari Biayasehat.com, semoga rangkuman di atas bermanfaat serta bisa menjadi acuan untuk Anda pertimbangkan.