Biaya Tes Mantoux di Prodia Terbaru 2024

Harga Kamar
Harga Kamar
Print PDF

Biaya Tes Mantoux di Prodia – Tes mantoux ataupun tuberculin skin test sampai saat ini masih menjadi salah satu metode diagnosa dengan sensivitas serta akurasi cukup tinggi untuk masalah TBC (tuberkulosis). Di mana, proses pemeriksaan tersebut kini bisa dilakukan pada klinik laboratorium Prodia.

Dalam praktiknya, pasien akan di suntik PPD2 TU atau Reagen PPD 5 yakni sebuah protein hasil kuman TBC sejumlah 0,1 ml di bawah lapisan atas kulit lengan sebelah kiri. Adapun biaya tes mantoux di Prodia memiliki besaran berbeda setiap cabang, umumnya berkisar dari ratusan ribu rupiah menyesuaikan lokasi pemeriksaan.

Maka dari itu, mengetahui biaya tes mantoux di Prodia ataupun rumah sakit juga termasuk aspek penting. Sebab, untuk mengetahui ada atau tidaknya suatu bakteri penyebab TBC pada tubuh bisa dilakukan dengan menerapkan pemeriksaan ini tersebut.

Selain itu, seseorang yang mungkin terjangkit bakteri Mycobacterium tuberculosis juga harus menjalani tes ini. Maka dari itu, agar memudahkan setiap orang dalam pemeriksaannya, berikut adalah informasi prosedur, efek samping serta biaya tes mantoux di Prodia.

Manfaat Tes Mantoux

Manfaat Tes Tuberculin

Untuk Anda atau sanak saudara ketika baru pertama kali hendak melaksanakan tes mantoux di Prodia, penting untuk diketahui jika pemeriksaan ini memiliki sejumlah manfaat selain mengidentifikasi gejala TBC.

Tidak hanya mendeteksi paparan bakteri penyebab TBC, namun tes mantoux memungkinkan setiap orang menemukan respon sistem kekebalan atau imun tubuh dari Mycobacterium tuberculosis melalui gamma interferon.

Selain itu, indikasi kalangan yang berisiko tinggi tertular penyakit TBC di antaranya:

  • Sering mengonsumsi obat-obatan terlarang lewat metode penyuntikan
  • Sempat tinggal di suatu wilayah dengan angka penderita TBC tinggi
  • Pernah bersentuhan atau kontak dengan penderita tuberkulosis aktif
  • Risiko terpapar pasien TBC untuk tenaga medis
  • Tinggal di lingkungan padat penduduk
  • Mempunyai sistem kekebalan tubuh rendah layaknya penderita HIV atau AIDS

Prosedur Tes Mantoux

Prosedur Tes Mantoux

Dalam praktiknya, dokter di Prodia akan menjalankan tes mantoux untuk mendeteksi penyakit TBC untuk kalangan anak-anak. Berbeda dengan tes IGRA di mana penerapannya dilakukan ke pasien berusia 5 tahun ke atas.

Selain aspek biaya, semua orang dengan kebutuhan tes mantoux di Prodia juga wajib mengikuti prosedur pemeriksaan dari klinik laboratorium tersebut. Umumnya, proses inspeksinya sendiri senada dengan metode cek gula darah. Pasalnya, tenaga medis setempat nantinya melaksanakan pengambilan sampel lewat pembuluh vena untuk tes lanjutan.

Ketika sampel sudah diperoleh, tenaga medis Prodia akan membawanya ke laboratorium untuk diteliti. Lalu, prosedur sebelum atau sesudah pemeriksaan akan dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini.

Baca Juga: Biaya Tes HSG di Prodia Terbaru

Sebelum Tes

Sebelum tes, umumnya pasien tidak harus mempersiapkan apapun. Akan tetapi, terdapat beberapa poin yang harus diperhatikan seperti:

  • Beritahukan dokter apabila Anda pernah menjalani tes mantoux dan mendapati hasil positif. Dengan begitu, pemeriksaan tidak perlu dilakukan kembali.
  • Beritahukan dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan di mana memiliki pengaruh terhadap kekebalan tubuh sehingga menyebabkan hasil tes tidak akurat.
  • Memberitahukan dokter apabila pernah menerima vaksin BCG

Jika beberapa poin di atas memang belum pernah dilakukan, maka dokter akan mulai prosedur yang diawali mengusap kulit lengan dalam menggunakan alkohol. Selanjutnya, pasien diharuskan menerima injeksi dengan kandungan PPD atau Purified Protein Derivative di bawah lapisan atas kulit di mana mengakibatkan timbul benjolan kecil.

Sesudah Tes

Sesudah pelaksanaan tes mantoux tepatnya kurun waktu 48 hingga 72 jam, pasien harus memeriksa kondisi injeksi apakah kulit bereaksi terhadap PPD. Pada tahap ini, dokter akan melihat perubahan ukuran benjolan di permukaan kulit. Di mana, prosedur tersebut membutuhkan ketelitian karena setiap perubahan ukuran menunjukkan hasil berbeda.

Pada pelaksanaannya, mungkin setiap orang akan mengalami kemerahan parah ataupun bengkak berukuran kecil pada bagian lengan. Namun, hal demikian kerap terjadi kepada pasien yang pernah melakukan tes PPD positif.

Biaya Tes Mantoux di Prodia

Biaya Tes Mantoux di Klinik Prodia

Pada umumnya, kisaran biaya tes montoux adalah Rp 100.000 hingga Rp 300.000 sama dengan pemeriksaan di rumah sakit swasta. Namun, perlu diingat jika besaran nominalnya sangat mungkin mengalami perubahan jika pasien membutuhkan penanganan medis lanjutan dan penebusan obat.

Sebagai acuan, biaya tes mantoux di sejumlah rumah sakit milik pemerintah cenderung lebih terjangkau yakni mulai dari Rp 25.000. Akan tetapi, nominalnya belum termasuk dengan registrasi, pemeriksaan dokter hingga menebus obat. Jika ditotal, tarif akan memakan sejumlah Rp 180.000.

Berdasarkan informasi yang Biayasehat.com dapatkan dari akun sosial media resmi pihak Prodia, klinik laboratorium ini belum menyediakan layanan tes mantoux. Akan tetapi, hal demikian tidak menutup kemungkinan disediakan oleh Prodia pada waktu mendatang.

Sebagai acuan, informasi biaya tes Mantoux di klinik secara garis besarnya berada di kisaran Rp 280.000 hingga Rp 400.000. Dengan nominal ini, Anda bisa melakukan pemeriksaan lebih lanjut mengenai gejala TBC. Silakan gunakan nilai tarif tersebut sebagai acuan ketika hendak menjalaninya.

Baca Juga: Biaya Tes DNA di Prodia Terbaru

Efek Samping Tes Mantoux

Efek Samping Tes Mantoux

Pemeriksaan tes mantoux sejatinya tidak berbahaya, aman serta sangat jarang menimbulkan efek samping ke pasien. Maka penerapannya bisa dilakukan semua golongan termasuk anak-anak, wanita hamil atau menyusui, lansia hingga seseorang yang memiliki penyakit tertentu.

Antigen tuberculosis atau injeksi PDD di mana saat prosedur disuntikkan ke lengan pasien juga tidak berbahaya. Sebab, setiap individu tidak akan terjangkit TBC dari zat tersebut. Berdasarkan fakta, terdapat beberapa efek samping ringan yang akan hilang setelah tes mantoux dalam beberapa jam di antaranya:

  • Reaksi alergi terhadap antigen
  • Gatal di bagian bekas suntikan, pastikan jika mengalaminya tidak digaruk lantaran bisa menyamarkan hasil pemeriksaan.
  • Perasaan nyeri seperti digigit semut ketika penyuntikkan

Kesimpulan

Perlu diingat, Prodia sampai saat ini belum menyediakan layanan tes mantoux. Hal ini telah disampaikan melalui kolom komentar dari salah satu postingan akun sosial media resmi pihak terkait. Dengan begitu, sangat disarankan bagi Anda untuk memeriksakannya ke fasilitas kesehatan lain di mana memberikan pelayanan tersebut.

Selain itu, nominal biaya di atas juga sangat mungkin mengalami perubahan atas kebijakan pengelola masing-masing unit kesehatan. Dengan adanya informasi di atas, semoga Anda dan masyarakat bisa memperkirakan biaya tes mantoux di Prodia ketika klinik laboratorium tersebut menyediakan layanan ini.

Sekian informasi dari Biayasehat.com, semoga bermanfaat.