Cara Reset Akun JMO Lupa Email dan Nomor HP 2024

Harga Kamar
Harga Kamar
Print PDF

Cara Reset Akun JMO Lupa Email dan Nomor HP – Melalui aplikasi JMO BPJS Ketenagakerjaan, kita bisa memperoleh banyak manfaat. Selain dapatkan informasi terbaru, peserta juga bisa mengajukan pelaporan dan pengaduan atas status peserta, jumlah upah, hingga jumlah karyawan.

Sedangkan untuk bisa mengakses aplikasi JMO, tiap peserta harus gunakan email dan nomor hp. Sebuah akses yang sering dijumpai di aplikasi-aplikasi lainnya. Dengan cara tersebut kita bisa mudah dan cepat untuk masuk ke banyak fitur.

Meski cara aksesnya mudah, beberapa orang atau peserta dari BPJS Ketenagakerjaan sering mengalami gagal masuk ke aplikasi JMO. Salah satu penyebab utamanya adalah lupa email dan nomor HP.

Ketika terjadi hal serupa dan penyebabnya lupa email dan nomor HP, maka secepatnya harus ditangani. Bagi kamu yang sedang ada kendala tidak bisa masuk aplikasi JMO, kami akan berikan tutorial secara lengkap di artikel ini.

Cara Reset Akun JMO Lupa Email dan Nomor HP

Permasalahan tidak masuk aplikasi karena lupa email dan nomor HP adalah hal yang biasa. Bahkan hampir semua orang pernah mengalaminya. Biasanya kejadian ini bisa dikarenakan dua penyebab. Terjadi karena pengguna benar-benar lupa atau bisa karena sistem aplikasi sedang bermasalah.

Seperti yang sudah dijelaskan di awal tadi, ketika kamu tidak bisa masuk aplikasi JMO karena lupa email dan nomor HP, maka harus diatasi secara cepat. Jangan sampai, akun yang sudah lama digunakan dinonaktifkan oleh sistem.

Adapun cara paling ampuh adalah dengan reset akun lupa email dan nomor HP. Setidaknya ada tiga akses untuk reset, antara lain aplikasi JMO, Call Center, dan WhatsApp. Lebih jelasnya kami berikan tutorial di bawah ini:

Lewat Aplikasi JMO

Lewat Aplikasi JMO

Cara reset pertama, kamu bisa lewat aplikasi JMO secara langsung. Apabila di HP sudah terpasang aplikasi, maka dihapus lebih dulu. Kemudian, download dan install kembali. Setelah berhasil, maka ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi JMO di HP.
  2. Lalu, di halaman utama, cari dan tekan menu Lupa Akun yang terletak di bagian bawa informasi login.
  3. Kemudian pilih pengiriman kode verifikasi melalui email.
  4. Ketika sudah dikirim, maka buka aplikasi Gmail dan salin kode verifikasi yang dikirim oleh BPJS Ketenagakerjaan.
  5. Buka kembali aplikasi JMO dan Copy Paste atau tempel kode verifikasi di kolom yang tersedia.
  6. Secara otomatis proses verifikasi berjalan dan tunggu sampai selesai.
  7. Apabila berhasil, maka kamu sudah bisa masuk ke akun JMO.
  8. Agar nanti proses masuk aplikasi lebih mudah, kamu bisa pilih untuk ubah kata sandi.

Itulah cara reset akun JMO lupa email dan nomor HP melalui aplikasi JMO. Pastikan semua hal yang penting disalin atau dicatat. Seperti nomor HP, email, kata sandi.

Lewat Call Center

Lewat Call Center

Apabila cara reset akun lewat WhatsApp terlalu ribet atau malah tidak bisa, maka kamu bisa lari ke cara lain yakni lewat call center. Setidaknya untuk caranya kami sediakan di bawah ini, silakan bisa diterapkan:

  1. Sebelum hubungi Call Center, pastikan sudah mempersiapkan data yang diperlukan. Mulai dari nomor BPJS Ketenagakerjaan, data diri seperti KTP/SIM, nama lengkap ibu kandung, hingga Kartu Keluarga yang masih berlaku.
  2. Setelah dirasa lengkap, kemudian hubungi salah satu nomor Call Center BPJS Ketenagakerjaan.
  3. Ikuti semua instruksi yang telah diberikan untuk capai layanan.
  4. Informasikan kepentingan ke petugas bahwa ingin lakukan reset akun dan berikan semua data.
  5. Apabila petugas menyetujui, maka akan langsung dibantu untuk reset. Secara umum, proses reset akun memakan waktu 5-7 hari. Apabila berhasil, maka kamu akan menerima pemberitahuan lewat SMS.

Melalui cara reset akun melalui Call Center, memang setiap pengguna harus menunggu sampai 7 hari. Akan tetapi, cara ini dipastikan berhasil. Banyak pengguna yang melakukan cara tersebut.

Lewat WhatsApp

Lewat WhatsApp

Ketika dua cara di atas belum mengatasi reset akun JMO, kamu bisa lakukan proses reset lewat WhatsApp. Cara ini tidak jauh berbeda dengan Call Center, hanya saja cara ini hanya melalui pesan biasa. Bagaimana cara mudahnya? Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Gunakan nomor WhatsApp yakni 0813-8007-0175, kemudian kirim pesan dengan format Saya ingin Reset Akun JMO BPJS Ketenagakerjaan disebabkan karena nomor HP dan email sudah tidak aktif.
  2. Kemudian sertakan di bawahnya dengan data peserta yang terdiri dari nama lengkap, nomor KPJ (Kartu Peserta Jaminan Pekerja), hingga tanggal lahir.
  3. Apabila petugas menanggapi pesan kamu dan menanyakan apakah data sudah benar, maka balas dengan YA.
  4. Setelah itu, petugas akan mengecek, lalu memberikan gambar yang berisi format pesan pengaduan reset.
  5. Kirim pesan sesuai format dan sesuai dengan perintah yang ada di gambar.
  6. Selanjutnya, dari JMO BPJS Ketenagakerjaan akan mengirim email. Isinya berupa informasi mengenai proses pengajuan reset akun telah berhasil. Tunggu 15 menit sampai sistem memproses kembali.
  7. Setelah selesai prosesnya, silakan bisa registrasi ulang ke akun JMO dengan memasukkan data diri dan nomor KPJ. Masuk juga nomor HP dan email baru.

Nah, di atas adalah cara terakhir yang bisa kita gunakan ketika ingin reset akun JMO lupa email dan nomor HP. Jika kamu mengikuti arahan sesuai langkah-langkah di atas, dipastikan akan berhasil lagi login di aplikasi JMO.

Kesimpulan

Dari semua penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwasanya tiga cara rest akun JMO lupa email dan nomor sangat mudah dilakukan. Tinggal dari pihak petugas pengelola apakah menyetujui atau tidak.

Kiranya itu ulasan dari kami mengenai cara reset akun JMO lupa email dan nomor HP. Semoga dengan adanya tutorial seperti ini bisa memudahkan para pengguna aplikasi JMO BPJS Ketenagakerjaan.