Gaji Perawat Tertinggi di Indonesia Lengkap D3 dan S1

Harga Kamar
Harga Kamar
Print PDF

Gaji Perawat Tertinggi di Indonesia – Memilih berprofesi sebagai perawat di Indonesia saat ini adalah pilihan yang tepat. Selain pekerjaannya mulia, kita pun bisa peroleh gaji cukup besar, bahkan bisa melebihi dari profesi lainnya.

Bagi kamu yang menyukai atau sedang belajar di jurusan perawat, tentu belum tahu dengan besaran gaji yang bakal diterima. Hal ini dikarenakan belum banyak media yang memberikan informasi tersebut.

Penentuan gaji perawat di Indonesia sendiri sangat bervariasi. Bisa dibedakan dari beberapa hal, antara lain status lulusan pendidikan, jenis tempat layanan kesehatan, hingga bagian penempatan di rumah sakit.

Agar kamu tahu dan tidak penasaran lagi, kami akan berikan informasi terkait besaran gaji perawat tertinggi di Indonesia. Jika kamu sedang menempuh pendidikan di jurusan perawat, sebaiknya simak artikel ini hingga selesai.

Gaji Perawat di Indonesia Berdasarkan Bagian Penempatan

Gaji Perawat di Indonesia Berdasarkan Bagian Penempatan
Bagian Penempatan Gaji Perawat Tertinggi di Indonesia
Rumah Sakit Rp. 4.000.000 – Rp. 7.000.000
Gawat Darurat Rp. 4.400.000 – Rp. 7.000.000
ICU Rp. 4.500.000 – Rp. 7.000.000
Puskesmas Rp. 2.250.148 – Rp. 3.000.000
Homecare Rp. 2.500.000 – Rp. 7.000.000
Klinik Kecantikan Rp. 2.500.000 – Rp. 5.000.000
Anestesi Rp. 1.366.973 – Rp. 2.623.040
OK Rp. 6.000.000 – Rp. 6.500.000
Kesehatan Jiwa Rp. 4000.000 – Rp. 6.000.000

Dari keterangan tabel di atas, bisa kita ambil kesimpulan bahwa gaji perawat tertinggi di Indonesia berdasarkan penempatan adalah perawat yang berada di bagian rumah sakit, gawat darurat, ICU, hingga Homecare. Selain keempat bagian tersebut, lainnya masih di bawah Rp. 7.000.000.

Dengan gaji yang cukup tinggi, tentu punya sebab dan alasannya. Untuk mengetahui lebih jelas, kami akan berikan penjelasan penyebabnya di bawah ini:

Rumah Sakit

Rumah sakit menjadi tempat layanan kesehatan yang punya keunggulan dari segi fasilitas dan tenaga kerjanya. Dilihat dari fasilitas, setidaknya rumah sakit punya berbagai alat yang siap menangani berbagai penyakit yang ada.

Kemudian, dilihat dari tenaga kerja seperti halnya perawat, mereka adalah orang-orang pilihan dan profesional. Kebanyakan perawat di rumah sakit berasal dari jenjang pendidikan D3 dan S1. Selain itu, semuanya juga telah memiliki sertifikat keperawatan.

Dari beberapa hal di atas menjadi alasan kenapa gaji perawat di rumah sakit tertinggi dari tempat lainnya. Namun, perlu diketahui juga setiap bagian punya ketentuan gaji berbeda.

Gawat Darurat

Gawat darurat menjadi salah satu bagian di rumah sakit. Di mana bagian ini paling penting yang menerima berbagai pasien yang sedang mengalami gangguan kesehatan secara tiba-tiba atau mendadak.

Dengan pentingnya ruang gawat darurat, tentu seorang perawat yang bekerja di tempat tersebut punya gaji tertinggi dari yang lain. Gaji yang besar sesuai dengan kadar pekerjaan.

ICU

Selain gawat darurat, ICU juga menjadi tempat paling penting di rumah sakit. Dalam dunia kesehatan, tempat ini menjadi ruang paling khusus untuk merawat pasien dengan kondisi membutuhkan pengawasan ketat.

Dari penjelasan di atas, pastinya seorang perawat di ICU punya kualitas kerja yang baik. Maka, tidak heran jika gaji perawat di ruang tersebut cukup tinggi yakni mencapai Rp. 7.000.000.

Homecare

Lalu, gaji perawat tertinggi di Indonesia adalah perawat yang bekerja sebagai homecare. Arti dari istilah homecare sendiri yakni sebuah fasilitas layanan kesehatan yang dilakukan oleh media di rumah pasien.

Jadi, perawat akan memberi layanan ke rumah pasien dengan jadwal yang sudah ditentukan. Dengan pekerjaan yang berbeda dengan perawat lainnya, maka sudah pasti besaran gaji yang diterima sangat besar yakni mencapai Rp. 7.000.000.

Gaji Perawat di Indonesia Berdasarkan Lokasi Rumah Sakit

Gaji Perawat di Indonesia Berdasarkan Lokasi Rumah Sakit
Lokasi Penempatan Gaji Perawat Tertinggi di Indonesia
Rumah Sakit di Medan Rp. 3.000.00 – Rp. 3.500.000
Rumah Sakit di Tangerang Rp. 5.000.00 – Rp. 5.800.000
Rumah Sakit di Denpasar Rp. 5.000.00 – Rp. 5.700.000
Rumah Sakit di Jakarta Rp. 4.000.000 – Rp. 5.000.000
Rumah Sakit di Bekasi Rp. 4.000.000 – Rp. 4.500.000
Rumah Sakit di Bogor Rp. 3.600.000 – Rp. 4.000.000
Rumah Sakit di Depok Rp. 3.600.000 – Rp. 4.500.000
Rumah Sakit di Yogyakarta Rp. 3.500.000 – Rp. 4.000.000
Rumah Sakit di Surabaya Rp. 3.500.000 – Rp. 4.600.000

Tabel di atas memberi kita informasi bahwa masing-masing daerah di Indonesia punya ketentuan gaji perawat berbeda-beda. Hal ini dikarenakan setiap daerah memiliki variasi tingkat kehidupan dan biaya hidup yang berbeda.

Akan tetapi, dari tabel rincian bisa kita lihat bahwa gaji perawat tertinggi di Indonesia ada di daerah rumah sakit Tangerang. Seorang perawat di beberapa rumah sakit di sana kurang lebih terima gaji hingga Rp. 5.800.000.

Persyaratan Menjadi Perawat di Indonesia

Persyaratan Menjadi Perawat di Indonesia

Setelah mendapatkan informasi terkait besaran gaji perawat, tentu sebagian besar dari kita ingin berprofesi jadi perawat. Apalagi ketika menjadi perawat di rumah sakit dan daerah dengan tingkat biaya hidup yang tinggi, pastinya bisa dapatkan gaji sangat besar.

Namun, perlu diketahui bahwa menjadi perawat di tempat layanan kesehatan di Indonesia tidaklah mudah. Kamu harus menyiapkan berbagai persyaratan yang telah ditentukan di masing-masing tempat. Seperti syarat-syarat di bawah ini:

  • Lulus pendidikan perawatan D3/S1.
  • Lulus ujian kompetensi dan memiliki STR (Surat Tanda Registrasi) perawat.
  • Tidak buta warna.
  • Tidak punya riwayat penyakit menular.
  • Tidak cacat fisik.
  • Tinggi minimal perawat perempuan 150 cm.
  • Tinggi minimal perawat laki-laki 155 cm.

Itulah beberapa syarat-syarat umum yang biasanya ditentukan oleh beberapa tempat layanan kesehatan di Indonesia. Pastikan semuanya dimiliki kamu agar lebih mudah diterima.

Peran Perawat di Indonesia

Peran Perawat di Indonesia

Selain persyaratan di atas, kamu juga perlu mengetahui serta memahami perawat secara umum di Indonesia. Di bawah ini setidaknya ada enam peran yang harus kamu miliki sebelum jadi perawat:

Memberi Asuhan Perawatan

Peran pertama dari perawat adalah memberi asuhan perawatan kepada pasien. Asuhan ini berupa memperhatikan kebutuhan dasar pasien. Seperti halnya diagnosa, perencanaan, implementasi, hingga evaluasi yang bisa membuat pasien lebih baik.

Penasehat Pasien

Peran kedua yakni menjadi penasehat bagi pasien. Seorang perawat harus mengajak komunikasi agar bisa memberi informasi ke pasien. Misalnya saat mengambil keputusan untuk sebuah tindakan perawatan. Ketentuan ini merupakan hak dari pasien ketika berada di rumah sakit.

Pendidik Pasien

Peran ketiga sebagai perawat adalah menjadi pendidik bagi pasien. Jadi pada saat berkomunikasi, sebaiknya perawat bisa memberi pendidikan kesehatan yang bisa memberi pengetahuan bagi pasien. Dengan begitu, maka pasien bisa lebih berhati-hati dalam masalah kesehatan.

Koordinator Pasien

Peran ketiga dari perawat menjadi koordinator bagi pasien. Di mana perawat akan memberi rencana serta mengarahkan layanan kesehatan dari tim kesehatan supaya semua proses terarah dan sesuai kebutuhan pasien.

Kolaborator

Peran keempat yaitu perawat harus bisa jadi kolaborator yang baik dengan sesama tenaga kerja lainnya. Dengan peran ini, setidaknya pekerjaan selama ti tempat layanan kesehatan bisa lancar dan memberi layanan maksimal ke pasien.

Konsultan

Peran kelima seorang perawat juga harus menjadi konsultan. Di mana konsultan ini membuat rencana konsultasi serta kerja sama atas perubahan tindakan secara terarah sesuai metode pemberian layanan keperawatan.

Peneliti

Peran terakhir, perawat bisa menjadi peneliti atau pembaharu. Peran ini adalah tanggung jawab perawat yang diberikan oleh pihak tempat layanan kesehatan. Adapun penelitian yang dilakukan berupa rencana dan kerja sama menemukan metode pemberian perawatan terbaik.

Kesimpulan

Dari semua penjelasan di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa gaji perawat tertinggi di Indonesia ditentukan berdasarkan beberapa hal. Antara lain jenis tempat layanan/bagian, daerah, dan riwayat pendidikan.

Demikian ulasan mengenai gaji perawat tertinggi di Indonesia. Dengan adanya artikel ini semoga bisa menjadi bahan pertimbangan atau gambaran bagi para lulusan dengan jurusan keperawatan.