Harga Pil KB Andalan (Strip & Box) di Pasaran – Daftar Harga & Tarif 2024

HargaKamar.com Jika pembaca budiman sedang Mencari informasi tentang Harga Pil KB Andalan (Strip & Box) di Pasaran – Daftar Harga & Tarif 2024, saat ini kamu berada di Website yang tepat, karena sekarang kami mau menulis sedikit Info dan update terbaru tentang\mengenai Harga Pil KB Andalan (Strip & Box) di Pasaran – Daftar Harga & Tarif 2024, ayo langsung saja ke inti pembahasannya.

Harga Pil KB Andalan (Strip & Box) di Pasaran – Daftar Harga & Tarif 2024

Pil KB merupakan metode KB yang paling diminati dengan total peserta mencapai lebih dari 70% dari seluruh peserta KB di Indonesia.[1] Tersedia dalam berbagai merek, salah satu yang termasuk cukup populer adalah pil KB Andalan. Anda bisa membelinya secara langsung di apotek atau online di situs e-commerce dengan harga relatif terjangkau.

Pil KB Andalan (sumber: babyologist.com)Jenis Pil KB

Pil KB sendiri mempunyai beberapa jenis dan manfaat yang berbeda, yakni pil KB kombinasi yang mengandung estrogen dan progestin dan jenis lainnya adalah pil yang hanya mengandung progestin. Pada pil KB kombinasi, biasanya mengandung 21 pil aktif dan tujuh pil tidak aktif, atau 24 pil aktif dan empat pil tidak aktif.

Kemudian, pada pil KB kombinasi, ada jenis yang digunakan untuk jangka panjang yang paketnya berisi 84 pil aktif dan tujuh pil aktif. Pil KB kombinasi juga dikategorikan menurut dosis hormon Anda apakah tetap sama atau berubah-ubah. Jenis pil ini mengandung kurang dari 50 mikrogram etinil estradiol, sejenis estrogen, yang dikenal sebagai pil dosis rendah. Berbeda dengan pil KB kombinasi, semua pil dalam kemasan mini pil progestin bersifat aktif.

Dianggap sebagai salah satu metode pencegahan kehamilan yang paling efektif, jika pil KB digunakan secara sempurna sesuai aturan pakai dan diminum teratur tanpa pernah terlewat sekalipun. Efektivitas pil hormon ini dilaporkan mencapai 99%. Artinya, dari 1.000 wanita yang mengonsumsi pil ini secara teratur, hanya kurang dari sepuluh orang yang ‘kebobolan’ hamil.

Namun, angka kesuksesan ini juga harus mempertimbangkan faktor lain, seperti lupa meminum dosis atau kehabisan dosis sebelum sempat isi ulang. Kekeliruan cara pakai atau keterlambatan dosis bisa menurunkan efektivitas pil hingga antara 92-94 persen. Agar efektif, Anda harus memperhatikan benar cara minum pil kontrasepsi Anda dan sebisa mungkin minum tepat di waktu yang sama setiap hari. Di Indonesia, pil KB dipasarkan dengan beragam merk, seperti Andalan.

Cara Kerja Pil KB Andalan

Baik pil KB Andalan memiliki cara kerja untuk mencegah kehamilan. Pil KB mengandung ethinyl estradiol, versi sintetis dari dua hormon yang diproduksi secara alami dalam tubuh wanita: estrogen dan progestin. Kedua hormon ini mengatur siklus menstruasi wanita, dan tingkat naik-turun hormon ini memainkan peran penting dalam kehamilan.

Kombinasi dua hormon pada pil KB Andalan bekerja dalam tiga langkah, yakni mencegah indung telur untuk melepas sel telur agar tidak terjadi proses pembuahan (ovulasi), kemudian mengubah ketebalan lendir leher rahim guna menyulitkan sperma bergerak masuk ke dalam rahim untuk mencari telur. Terakhir, pil ini mengubah lapisan dinding rahim sehingga sel telur yang sudah dibuahi pun tidak mungkin untuk menempel dan tertanam di dalam rahim.

Manfaat Pil KB Andalan

Selain bisa menunda kehamilan, pil KB Andalan mengandung drospirenone yang membantu menekan produksi hormon pengatur keseimbangan air dan elektrolit dalam tubuh serta menurunkan hormon androgen. Dengan efektivitasnya menurunkan hormon androgen, drospirenone bisa mengurangi gejala PMS ringan, seperti peningkatan nafsu makan, mood buruk, dan perut kembung karena retensi air.

Efek Samping Pil KB Andalan

Pil KB Andalan juga mengandung mengandung progestin levonorgestrel yang diklaim bisa menyebabkan jerawat. Hal ini karena efek sampingnya yang meningkatkan hormon androgen dalam tubuh.
ilustrasi Pil KB Andalan (sumber: pharmacyplanet.com)

Levonorgestrel hanya boleh digunakan sebagai kontrasepsi darurat saja, bukan untuk dikonsumsi secara rutin. Dalam beberapa kasus, pil KB yang mengandung levonorgestrel bisa menyebabkan siklus haid tidak teratur, mual, muntah, lemas, pusing, sakit kepala, sakit perut, dan diare. Namun, kebanyakan efek samping ini bersifat sementara.

Aturan Pakai Pil KB Andalan

Waktu terbaik mengonsumsi pil KB Andalan adalah kurang dari 12 jam dan tidak melebihi waktu tiga hari setelah hubungan seksual. Bila sudah lewat tiga sampai lima hari dari saat Anda berhubungan seks, pil KB sudah tidak mempan untuk mencegah kehamilan.

Tidak sulit menemukan pil KB Andalan di pasaran, karena Anda bisa membelinya di apotik terdekat. Berikut referensi harganya.

Harga Pil KB Andalan

Kemasan Pil KB Andalan
Harga (Rp)
Pil KB Andalan 28 tablet
8.902 per strip
Pil KB Andalan 56 tablet
14.327 per pack isi 2 strip
Pil KB Andalan 15 pack
211.926 per dus
Pil KB Andalan Laktasi
14.234 per strip

Harga pil KB Andalan di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs apotek online. Tentunya, harga pil KB Andalan tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Pada tahun 2022 lalu, harga pil KB Andalan per dus hanya Rp155 ribu, namun tahun 2024 naik jadi Rp211 ribuan.

[Update: Dian]

[1]Setiawati, Maria Caecilia Nanny, Erna Prasetyaningrum, Desah Alit. 2020. Efek Samping Pil KB pada Akseptor di Kelurahan Manyaran Kota Semarang. Cendekia Sekolah tinggi ilmu Farmasi Yayasan Pharmasi Semarang, Vol. 4(2): 175-184.

Demikianlah Berita tentang Harga Pil KB Andalan (Strip & Box) di Pasaran – Daftar Harga & Tarif 2024 Semoga Berguna Bagi anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *