Info Harga Bantal Menyusui (Nursing Pillow) dalam Berbagai Merek – Daftar Harga & Tarif 2024

HargaKamar.com Saat ini anda lagi membutuhkan informasi mengenai Info Harga Bantal Menyusui (Nursing Pillow) dalam Berbagai Merek – Daftar Harga & Tarif 2024, sekarang kamu berada di Website yang tepat, karena sekarang aku akan menulis sedikit Berita dan update terbaru tentang\mengenai Info Harga Bantal Menyusui (Nursing Pillow) dalam Berbagai Merek – Daftar Harga & Tarif 2024, ayo langsung saja ke topik pembahasannya.

Info Harga Bantal Menyusui (Nursing Pillow) dalam Berbagai Merek – Daftar Harga & Tarif 2024

Bantal menyusui bisa dibilang sebagai barang sederhana yang perannya cukup penting dalam aktivitas menyusui. Meskipun bukan kebutuhan utama, nyatanya keberadaan bantal menyusui atau nursing pillow bisa meningkatkan kenyamanan para ibu dan bayinya selama proses menyusui. Terlebih karena pilihan merek, bentuk, dan ukuran bantal menyusui di pasaran kian beragam dari waktu ke waktu. Harga bantal menyusui juga tidak terlalu mahal, berkisar mulai dari puluhan ribu rupiah saja.

Ilustrasi: bayi di Atas Bantal Menyusui (credit: wfla)

Menyusui merupakan aktivitas yang sangat penting bagi ibu dan bayi. Dalam proses menyusui terjadi hubungan yang erat dan dekat antara ibu dan bayi. cara dan lama menyusui bayi dapat menyebabkan kelelahan pada ibu menyusui, ketegangan otot bahu, serta rasa pegal/kaku. Permasalahan karena tidak adanya penggunaan bantal saat ibu menyusui dan ibu hanya mengandalkan anggota tubuhnya untuk menopang tubuh bayi saat menyusui. Kondisi ini diperlukan bantal yang ergonomis ketika ibu menyusui bayi.[1]

Sebanyak 80,8% ibu mengalamiketidaknyamanan pada beberapa bagian tubuh ketika menyusui bayinya yangdisebabkan oleh teknik menyusui serta posisi duduk yang belum tepat. Salah satuintervensi non farmakologi untuk mengurangi ketidaknyamanan musculoskeletaladalah dengan menggunakan breastfeeding pillow untuk menghilangkan ataumeminimalkan nyeri musculoskeletal selama menyusui.[2]

Breastfeeding Pillow (bantal ibumenyusui) dapat memberikan bantuan bagiposisi menyusui yang tepat. Bila ibumenempatkan bayi di atas bantal ibumenyusui, itu akan lebih nyaman untukpunggung, leher dan lengan. Sebuahbantal yang tepat sangat penting untukmembantu membangun pasokan susu ibudan mencegah beberapa masalah umummenyusui seperti puting susu lecet dan ASItidak keluar optimal.

Hal ini dapatmenimbulkan gangguan dalam prosesmenyusui sehingga pemberian ASI tidakadekuat, pemberian ASI yang tidak adekuatdapat mengakibatkan payudara bengkak(breast engorgement) karena sisa ASI padaduktus. Statis pada pembuluh darah akanmengakibatkan meningkatnya tekananintraduktal yang akan mempengaruhisegmen pada payudara sehingga tekananseluruh payudara meningkat akibatnyapayudara sering terasa penuh, tegang, sertaterasa nyeri.

Breastfeeding pillow atau bantalmenyusui merupakan salah satukuncikeberhasilanprogram ASI, dimanadengan bantal ini dapat mendukung ibudalam proses menyusui dengan memberirasa nyaman pada ibu saat menyusui dankepuasan pada bayi. Pada umumnya di rumah sakit ibu biasanya menggunakanbantal biasa sebagai alat bantu dalammenyusui bayinya.[3]

Bantal yang dirancang dengan bentuk dan ukuran khusus ini menawarkan banyak manfaat, baik untuk ibu menyusui maupun sang bayi. Berikut ulasan lengkapnya.
Ilustrasi: Cara Menggunakan Nursing Pillow (credit: neweditionnz)

Manfaat Penggunaan Bantal Menyusui

    Menjaga postur tubuh. Ketika menyusui dalam posisi duduk, Anda mungkin akan cenderung membungkuk. Apabila posisi ini dilakukan secara terus menerus sampai berakhir masa pemberian ASI eksklusif bayi, maka Anda akan lebih berisiko mengalami postur badan bungkuk. Untuk mencegah hal itu, pemakaian bantal menyusui bisa sangat membantu.
    Mencegah nyeri punggung. Postur tubuh yang salah saat menyusui juga berpotensi membuat para ibu mengalami nyeri punggung. Untuk mengurangi risiko tersebut, sebaiknya gunakan bantal menyusui yang nyaman sebagai alas.
    Mencegah sakit pinggang. Tak hanya punggung, pinggang pun sering menjadi area yang mengalami pegal selama proses menyusui. Penggunaan bantal menyusui kabarnya bisa meminimalisir hal tersebut.
    Mencegah kram atau kesemutan pada tangan. Selama proses menyusui, jika Anda menggunakan bantal menyusui maka Anda tak perlu repot-repot menyangga bayi dengan tangan Anda sendiri untuk memberikan ASI. Hal ini tentunya bisa meminimalisir risiko terjadinya kram atau kesemutan pada tangan Anda.
    Menjaga tulang bayi yang masih rawan. Seperti yang Anda tahu, bayi yang baru lahir memiliki tulang yang masih rawan dan rentan cedera. Untuk melindunginya, meletakkan buah hati pada bantal menyusui bisa menjadi salah satu langkah cerdas.

Selain dapat digunakan untuk memberikan ASI secara langsung melalui payudara, bantal menyusui juga akan sangat membantu ketika Anda memberikan susu dari botol. Berikut ini cara menggunakan bantal menyusui yang benar.
Ilustrasi: Harga Bantal Menyusui (credit: bellochi.co.uk)

Cara Memakai Bantal Menyusui
Cari tempat dan posisi yang paling nyaman untuk menyusui.
Letakkan bantal melingkari tubuh dan posisi bantal yang terbuka melingkari pinggang.
Sesuaikan tinggi bantal dengan tubuh dan pastikan ibu sudah merasa nyaman dengan posisi itu sebelum menidurkan bayi di atasnya.
Jika semua dirasa sudah nyaman, Anda bisa menidurkan bayi di atas bantal menyusui tersebut. Posisi ini tentunya akan membantu bayi untuk lebih dekat dengan posisi puting payudara ibu dan juga memudahkan proses menyusui.

Nah, jika Anda penasaran, berikut kami rangkum rekomendasi bantal menyusui atau nursing pillow dalam berbagai merek.

Daftar Harga Bantal Menyusui

Merk Bantal Menyusui
Harga (Rp)
BESS Bantal Menyusui Bansu Jumbo
64.990
Little Kiky Bantal Menyusui
77.503
INOCHI Nursing Pillow
80.000
Cintaka Nursing Pillow Bantal Menyusui
80.499
ChugBog Lionel Bantal Menyusui
84.999
Omiland Nursing Pillow
96.000
Bantal Ibu Menyusui Snobby
97.700
Bantal Menyusui Hangat_id
99.000
Mama’s Choice Multi Purpose Nursing Pillow
129.000
Mom’s Baby Nursing Pillow
129.500
Dr Bebe Nursing Pillow
149.000
Vee & Mee Bantal Menyusui
168.000
Cotton Thread Nursing Pillow
175.000 – 305.000
Dialogue Baby Bantal Menyusui
183.400
Cottonseeds Nursing Pillow
200.000
Bebe Smart Nursing Pillow
227.500
Kuma-Kuma Bantal Menyusui + Bantal Tangan
234.000
Babybee Nursing Pillow
295.200
Bighug Nursing Pillow Bantal Menyusui
299.000
JJ Ovce Elevate Adjustable Nursing Pillow
308.750
GIOIA Nursing Pillow 100 % Natural Latex
459.999
Doogle U Nursing Pillow Natural Latex
466.650
Mooimom 2 in 1 maternity & nursing pillow
499.000
Baby Loop Bantal Menyusui
300.000 – 400.000
Theraline Maternity and Nursing Pillow
1.299.000

Informasi harga bantal menyusui atau nursing pillow di atas dirangkum dari berbagai sumber. Namun, perlu Anda ingat bahwa harga bantal menyusui dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga bantal menyusui yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari promo atau penawaran pihak penjual.

Apabila Anda sedang mencari produk bantal untuk menyusui, Anda bisa membeli bantal tersebut di toko-toko perlengkapan bayi terdekat. Tetapi, jika kesulitan menemukan bantal menyusui sesuai selera, tak ada salahnya untuk membeli bantal menyusui secara online melalui sejumlah marketplace favorit Anda.

[1] Muliarthini, NW dkk. 2016. Penggunaan Redesain Bantal Menyusui Meningkatkan Motivasi Ibu Menyusui dan Kepuasan Bayi serta Mengurangi Kelelahan dan Keluhan Muskuloskeletal Ibu Post-Partum. Jurnal Ergonomi Indonesia. 2(2): 27-40.

[2] Yanti, dkk. 2019. Pengaruh Penggunaan Breastfeeding Pillow Terhadap Musculoskeletal Disorders (MSDs) Pada Ibu Menyusui Di Puskesmas Rawat Inap Sidomulyo Pekanbaru Tahun 2019. Jurnal Ibu dan Anak. 7(1): 1-9.

[3] Fitriani. 2017. Pengaruh Pemakaian Breastfeeding Pillow Terhadap Kenyamanan Ibu Dan Kepuasan Bayi Dalam Proses Menyusui Di Puskesmas Batua Makassar. Jurnal Mitrasehat. VII(2):215-222.

Demikianlah informasi tentang Info Harga Bantal Menyusui (Nursing Pillow) dalam Berbagai Merek – Daftar Harga & Tarif 2024 Semoga Berguna Bagi anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *