Info Terbaru Harga Bibit Ikan Gurame Super – Daftar Harga & Tarif 2024

HargaKamar.com Apakah pembaca budiman sedang Mencari Berita mengenai Info Terbaru Harga Bibit Ikan Gurame Super – Daftar Harga & Tarif 2024, saat ini kamu berada di Website yang benar, soalnya sekarang kami akan membahas sedikit Info dan update terbaru tentang\mengenai Info Terbaru Harga Bibit Ikan Gurame Super – Daftar Harga & Tarif 2024, yuk langsung saja ke topik pembahasannya.

Info Terbaru Harga Bibit Ikan Gurame Super – Daftar Harga & Tarif 2024

Gurami, atau biasa ditulis gurame, termasuk ikan air tawar yang banyak dijadikan ikan konsumsi oleh masyarakat di Indonesia. Pasalnya, ikan ini punya daging yang terasa lezat dan gurih, serta dapat diolah menjadi berbagai menu masakan. Karena itu, tidak heran jika kemudian ternak gurame bisa menjadi potensi bisnis yang menggiurkan. Jika Anda juga berminat, Anda bisa membeli berbagai varian bibit gurame super dengan harga yang ternyata sangat terjangkau.

Ilustrasi: Budidaya Gurame (sumber: digital.agrishow.com.br)

Memiliki nama latin Osphronemus, gurame berasal dari kawasan Asia Tenggara dan sudah banyak dibudidayakan di Tanah Air. Tak hanya nikmat untuk disantap, ikan gurame disebut-sebut sebagai salah satu komoditas pangan yang menguntungkan bila dibudidayakan dalam jumlah besar. Karena itu, kini banyak pengusaha yang mulai membudidayakan gurame dalam jumlah besar untuk kemudian menyuplai ke sejumlah pasar tradisional, warung, hotel, restoran, atau sebagainya.

Secara umum, ciri ikan gurami adalah memiliki alat pernapasan yang disebut dengan labirin, yakni lipatan-lipatan epitelium pernapasan yang merupakan turunan dari lembar insang pertama, sehingga ikan dapat mengambil langsung dari udara. Ikan ini sendiri tergolong dalam ordo Labyrinthici. Dengan kadar oksigen yang rendah, ikan gurame masih dapat hidup karena memiliki labirin.

Di alam aslinya, ikan gurami merupakan ikan yang mendiami daerah yang tenang dan tergenang.[1] Ikan ini tidak menyukai daerah yang seluruh permukaan air kolamnya tertutup oleh tanaman air, seperti enceng gondok. Hal ini erat kaitannya dengan alat pernapasan tambahan yang memungkinkan ikan menghirup oksigen dari udara bebas.

Jenis Ikan Gurame

Ada banyak jenis ikan gurame, salah satunya ikan gurame Padang yang disebut-sebut berasal dari Kabupaten Padang Pariaman, sumatera Barat. Tak seperti jenis ikan gurame lain yang ditujukan untuk keperluan konsumsi, ikan gurame Padang rupanya justru dijadikan sebagai ikan hias dalam akuarium. Pasalnya, ikan ini mempunyai warna yang cantik dan pertumbuhannya pun tergolong cepat.

Ciri khas ikan gurame Padang hampir mirip seperti gurame albino, yakni kulit berwarna putih kekuningan, tetapi matanya tetap hitam. Selain dipelihara sebagai ikan hias, beberapa orang juga ada yang tetap menjadikan ikan gurame Padang sebagai ikan konsumsi. Dengan berbagai kelebihannya, tak ayal jika harga bibit gurame Padang pun relatif lebih mahal dari jenis ikan gurame lainnya.

Varian lainnya adalah ikan gurame super soang alias swan yang berasal dari thailand. Ikan gurame satu ini disebut-sebut ‘super’ karena memiliki perkembangan yang cukup cepat. Bila jenis gurame biasa umumnya baru dapat dipanen ketika sudah berusia satu tahun, maka gurame soang bisa dipanen lebih cepat dalam jangka waktu 9 bulan saja dan sudah bisa mencapai bobot hingga 500 gram. Selain itu, rasa dagingnya pun dinilai lebih enak dari gurami biasa.

Jika Anda tertarik untuk memulai usaha budidaya atau ternak ikan gurame, maka Anda setidaknya harus mulai mencari tahu bibit ikan gurame super yang memang memiliki kualitas lebih unggul dari jenis-jenis lainnya. Pemilihan bibit ikan gurame yang unggul sangat penting dalam proses budidaya. Pasalnya, selama melalui proses budidaya, bibit ikan gurame juga sama seperti ikan-ikan lainnya, yakni memiliki potensi atau kemungkinan untuk mati sebelum bisa tumbuh besar dan menjadi ikan gurami yang siap panen.

Meskipun ada juga hal-hal lain yang juga sangat memengaruhi kesuksesan Anda dalam budidaya ikan gurami, seperti kualitas air kolam, jenis pangan yang Anda berikan, vitamin, dan lain-lainnya. Namun, tidak ada salahnya jika proses budidaya diawali dengan pemilihan bibit atau benih ikan gurame yang berkualitas pula. Lalu, berapa harga bibit gurame super saat ini di pasaran?

Harga Bibit Gurame Soang
Bibit ikan gurame soang (sumber: Tokopedia)

Ukuran Bibit Gurame Soang
Harga
Bibit Gurame Soang 2 – 4 cm
Rp2.777 per ekor
Bibit Gurame Soang 4 – 6 cm
Rp5.500 per ekor
Bibit Gurame Soang 6 – 8 cm
Rp7.200 per ekor
Bibit Gurame Soang 8 – 10 cm
Rp9.330 per ekor

Harga Bibit Gurame Padang
Bibit ikan gurame padang (sumber: Bukalapak)

Ukuran Bibit Gurame Padang
Harga
Bibit Gurame Padang 2 – 4 cm
Rp3.500 per ekor
Bibit Gurame Padang 4 – 6 cm
Rp4.700 per ekor
Bibit Gurame Padang 6 – 8 cm
Rp7.020 per ekor
Bibit Gurame Padang 8 – 10 cm
Rp10.500 per ekor

Harga Bibit Gurame Jepun
Ikan gurame jepun (sumber: bahasikan.com)

Ukuran Bibit Gurame Jepun
Harga
Bibit Gurame Jepun 2 -4 cm
Rp2.555 per ekor
Bibit Gurame Jepun 4 – 6 cm
Rp3.550 per ekor
Bibit Gurame Jepun 6 – 8 cm
Rp5.500 per ekor
Bibit Gurame Jepun 8 – 10 cm
Rp7.200 per ekor

Harga Bibit Gurame Blaster
Ikan gurame blaster (sumber: bahasikan.com)

Ukuran Bibit Gurame Blaster
Harga
Bibit Gurame Blaster 2 – 4 cm
Rp1.500 per ekor
Bibit Gurame Blaster 4 – 6 cm
Rp3.200 per ekor
Bibit Gurame Blaster 6 – 8 cm
Rp5.000 per ekor
Bibit Gurame Blaster 8 – 10 cm
Rp7.500 per ekor

Harga Bibit Gurame paris
Ikan gurame paris (sumber: suksesternak.com)

Ukuran Bibit Gurame Paris
Harga
Bibit Gurame Paris 2 – 4 cm
Rp2.800 per ekor
Bibit Gurame Paris 4 – 6 cm
Rp3.550 per ekor
Bibit Gurame Paris 6 – 8 cm
Rp5.700 per ekor
Bibit Gurame Paris 8 – 10 cm
Rp8.800 per ekor

Harga Bibit Gurame Kapas

 
Bibit ikan gurame kapas (sumber: bahasikan.com)

Ukuran Bibit Gurame Kapas
Harga
Bibit Gurame Kapas 2 – 4 cm
Rp2.500 per ekor
Bibit Gurame Kapas 4 – 6 cm
Rp4.600 per ekor
Bibit Gurame Kapas 6 – 8 cm
Rp7.200 per ekor
Bibit Gurame Kapas 8 – 10 cm
Rp10.500 per ekor

Harga Bibit Gurame Blue Safir
Ilustrasi: ikan gurame blue safir (sumber: faunadanflora.com)

Ukuran Bibit Gurame Blue Safir
Harga
Bibit Gurame Blue Safir 2 – 4  cm
Rp1.780 per ekor
Bibit Gurame Blue Safir 4 – 6 cm
Rp3.230 per ekor
Bibit Gurame Blue Safir 6 – 8 cm
Rp5.050 per ekor
Bibit Gurame Blue Safir 8 – 10 cm
Rp7.520 per ekor

Harga bibit gurame di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko atau pasar ikan dan sejumlah situs jual beli online. Perlu Anda ingat bahwa harga bibit gurame tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Jika dibandingkan tahun 2021, harga bibit gurame tahun 2022 mengalami sedikit perubahan. Sebagai contoh, bibit gurame blue safir 8 – 10 cm yang dibanderol Rp7.500 per ekor tahun 2021, naik sedikit menjadi Rp7.520 per ekor di tahun 2022.

[Update: Almas]

[1] Cahyono, B. 2000. Budidaya Ikan Air Tawar: Ikan Gurami, Ikan Nila, Ikan Mas. Yogyakarta: Kanisius.

Demikianlah Berita tentang Info Terbaru Harga Bibit Ikan Gurame Super – Daftar Harga & Tarif 2024 Semoga Berguna Bagi kamu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *