Info Terbaru Harga Speedometer BeAT Street (Ori, Digital, Bekas, Variasi) – Daftar Harga & Tarif 2024

HargaKamar.com Saat ini anda lagi Mencari Info tentang Info Terbaru Harga Speedometer BeAT Street (Ori, Digital, Bekas, Variasi) – Daftar Harga & Tarif 2024, sekarang pembaca budiman berada di Situs yang tepat, soalnya sekarang aku mau mengulas sedikit Info dan update terbaru tentang\mengenai Info Terbaru Harga Speedometer BeAT Street (Ori, Digital, Bekas, Variasi) – Daftar Harga & Tarif 2024, yuk langsung saja ke topik pembahasannya.

Info Terbaru Harga Speedometer BeAT Street (Ori, Digital, Bekas, Variasi) – Daftar Harga & Tarif 2024

Anda pasti sudah tidak asing dengan komponen sepeda motor bernama speedometer. Ini adalah perangkat yang berfungsi menunjukkan berbagai informasi, terutama kecepatan kendaraan bermotor yang bersangkutan. Nah, bagi Anda yang saat ini sedang berburu speedometer kepunyaan Honda BeAT street, produk aslinya atau orisinal sekarang ditawarkan dengan harga ratusan ribu rupiah.

Speedometer Honda BeAT Street (sumber: indoride.com)Apa Itu Speedometer?

Dikutip dari Wikipedia, speedometer bisa dikatakan sebagai alat pengukur kecepatan kendaraan darat, yang merupakan perlengkapan standar setiap kendaraan bermotor yang beroperasi di jalan. Perangkat ini berfungsi agar pengemudi mengetahui kecepatan kendaraan yang dijalankannya dan dijadikan informasi utama untuk mengendalikan kecepatan di kawasan atau jalan agar tidak terlalu lambat atau terlalu cepat. Pengemudi pun bisa mengatur waktu perjalanan dan mengendalikan kecepatan di jalan yang kecepatannya dibatasi.

Masih menurut sumber yang sama, ada beberapa jenis sensor pengukuran kecepatan, di antaranya:

    Mekanis, adalah perangkat pengukur kecepatan yang dihubungkan langsung dengan roda depan ataupun transmisi dengan menggunakan suatu kabel yang ikut berputar saat kendaraan bergerak, gerakan berputar ini kemudian diubah untuk menggerakkan jarak kecepatan.
    Elektronik, adalah pengukur kecepatan yang bekerja atas dasar sensor yang ditempatkan di poros penggerak kendaraan yang mendeteksi jumlah putaran poros. Selanjutnya, data dikirim ke speedometer dengan prinsip arus Eddy yang menggerakkan jarum kecepatan ataupun menunjukkan kecepatan secara digital.
    GPS, adalah perangkat pengukur kecepatan yang menggunakan perubahan data posisi koordinat Bumi yang diperoleh dari satelit GPS, yang diolah oleh prosesor menjadi informasi kecepatan.

Meski sudah familiar, tetapi masih banyak yang menyamakan speedometer dengan odometer maupun tachometer. Padahal, meski biasanya sama-sama terletak di bagian setir sepeda motor, namun komponen-komponen ini memiliki fungsi yang berbeda. Jika speedometer berguna menunjukkan kecepatan motor, maka odometer adalah alat untuk menunjukkan jarak yang ditempuh kendaraan bermotor, selain juga bisa dijadikan patokan masa servis atau ganti oli.

Odometer ini biasanya ditemani dengan alat bernama trip meter, yang memiliki kegunaan untuk mengukur jarak juga, namun bisa diatur ke angka 0. Trip meter umumnya digunakan untuk mengetes jarak titik A ke titik B atau melakukan pengecekan konsumsi bahan bakar. Trip meter umum ada di sepeda motor keluaran terbaru dan juga mobil. Sementara, untuk tachometer, adalah alat yang berfungsi untuk mengukur banyaknya putaran per detik atau kecepatan sudut poros yang berputar (rotation per minute atau RPM) dikalikan 1000.
Ilustrasi: speedometer rusak (sumber: tokopedia)

Penyebab Speedometer Rusak

Layaknya komponen elektronik lainnya, speedometer juga tidak bisa lepas dari risiko kerusakan. Matinya speedometer ini bisa ditandai dengan tidak berfungsinya jarum penunjuk arah kecepatan. Selain itu, panel lain yang juga ikut terkena dampak biasanya adalah indikator jarak tempuh atau odometer.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan matinya speedometer, dikutip Kompas. Yang pertama bersumber dari kabel yang menjadi penghubung antara panel indikator dengan gearbox sumbu roda depan. Ketika speedometer tidak berfungsi, kabel bisa saja dalam posisi menekuk atau mungkin putus. Kalau kabel hanya menekuk, mungkin masih bisa diperbaiki. Tetapi, kalau sudah putus, biasanya karena usianya yang sudah lama dan sebaiknya diganti dengan yang baru.

Selain kabel, penyebab lain yang bisa membuat speedometer mati adalah gearbox yang sudah rusak atau pemasangan yang kurang pas. Jika gearbox rusak, maka pemilik sepeda motor sebaiknya langsung menggantinya dengan yang baru. Sementara, penyebab lainnya adalah panel indikator yang kotor atau memang sudah rusak. Jika hanya kotor, panel indikator masih bisa dibuka dan dibersihkan. Tetapi, jika rusak, maka satu-satunya cara adalah menggantinya dengan yang baru. Namun, dibandingkan kabel dan gearbox, penggantian panel indikator membutuhkan biaya yang lebih besar.

Meskipun tidak berdampak terhadap pengoperasian kendaraan bermotor secara keseluruhan, matinya speedometer ini jangan disepelekan, terlebih karena letaknya yang terhubung dengan odometer. Sebab, fitur yang satu ini membantu pemilik untuk mengecek periode waktu perawatan kendaraan yang bersangkutan.

Lalu, bagaimana jika kondisinya sudah rusak parah? Mau tidak mau, pemilik harus mengganti speedometer dengan yang baru. Tidak perlu khawatir karena di pasaran sudah tersedia banyak speedometer untuk berbagai merek dan tipe sepeda motor. Anda bisa membelinya di bengkel resmi maupun bengkel umum.

Nah, jika kebetulan sepeda motor Anda adalah BeAT Street keluaran Honda, Anda bisa berburu speedometer skuter matik tersebut di bengkel resmi AHM atau situs jual beli online. Pada tahun lalu, harga speedometer BeAT Street original di dealer Honda Cengkareng berkisar Rp350 ribu sampai Rp435 ribuan. Lalu, berapa harganya untuk saat ini?
Speedometer BeAT Street – (www.otomade.com)

Harga Speedometer BeAT

Varian Speedometer BeAT
Harga
Speedometer BeAT K1A CBS ISS
Rp350.000
Speedometer BeAT Street eSP Combination
Rp366.000
Speedometer BeAT K1A Meter Assy, Comb
Rp435.000
Speedometer BeAT K1A CBS ISS Meter Assy, Comb
Rp435.000
Speedometer BeAT Street Variasi Digital
Rp699.000 – Rp899.000

Informasi harga speedometer Honda BeAT Street di atas kami rangkum dari situs resmi Honda Cengkareng dan sejumlah situs jual beli online dalam negeri. Apabila Anda tidak punya cukup tabungan, Anda masih bisa membeli versi bekasnya dengan harga berkisar Rp200 ribu hingga Rp300 ribuan untuk model digital.

Sebagai informasi tambahan, BeAT Street merupakan salah varian skuter matik keluaran Honda yang dihadirkan untuk konsumen yang ingin tampil beda dan menyukai petualangan, baik di dalam kota maupun di jalanan off-road. Skuter ini mengusung desain yang kekinian, dengan stripe yang cocok untuk anak muda, dipadukan dengan naked handlebar. Produk ini pun membawa sejumlah fitur modern, seperti ACG Starter, Idling Stop System, ECO Indicator, dan Combi Brake System.

Di bagian jantung pacu, perusahaan Jepang telah menanamkan mesin tipe 4-stroke, SOHC, pendingin udara, berkapasitas 108,2cc, eSP, sistem injeksi. Dengan modal tersebut, skuter matik ini diklaim mampu meletupkan tenaga maksimal 6,38 kW atau 8,68 PS pada putaran 7.500 rpm dan menyentuh torsi puncak di angka 9,01 Nm pada putaran 6.500 rpm.

(Panca)

Demikianlah Berita tentang Info Terbaru Harga Speedometer BeAT Street (Ori, Digital, Bekas, Variasi) – Daftar Harga & Tarif 2024 Semoga Berguna Bagi anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *