Info Terkini Harga Biola Yamaha (Baru dan Bekas) – Daftar Harga & Tarif 2024

HargaKamar.com Jika pembaca budiman lagi Mencari Berita tentang Info Terkini Harga Biola Yamaha (Baru dan Bekas) – Daftar Harga & Tarif 2024, saat ini kamu berada di Situs yang benar, soalnya sekarang kami akan membahas sedikit Berita dan update terbaru tentang\mengenai Info Terkini Harga Biola Yamaha (Baru dan Bekas) – Daftar Harga & Tarif 2024, ayo langsung saja ke inti pembahasannya.

Info Terkini Harga Biola Yamaha (Baru dan Bekas) – Daftar Harga & Tarif 2024

Jika Anda menyebut merk Yamaha, mungkin yang terbersit di benak Anda adalah brand kenamaan yang menelurkan banyak produk sepeda motor kualitas mumpuni. Namun, selain di bidang otomotif, perusahaan asal Jepang ini juga dikenal memiliki segudang produk instrumen atau alat musik, salah satunya biola, yang dijual dengan harga yang cukup bersaing.

Alat musik biola

Biola sendiri merupakan instrumen musik yang bisa dikatakan cukup tua. Banyak kalangan berpendapat bahwa instrumen gesek ini pertama kali dibawa ke Asia Timur, India, Bizantium, dan Timur Tengah. Di tempat-tempat tersebut, alat musik biola menyesuaikan dengan lingkungannya dan berkembang menjadi alat musik erhu, esra, harpa tangan Bizantium, dan rebab. Sementara itu, biola dalam bentuk modern bermula dari italia Utara pada awal abad ke-16, terutama di kota pelabuhan Venice dan Genoa, yang berhubungan langsung ke Asia Tengah lewat jalur sutera.

Biola Eropa modern dipengaruhi oleh berbagai alat musik, terutama dari Timur Tengah dan Bizantium. Tiga jenis alat musik mula-mula yang biasanya disebut sebagai cikal-bakal biola adalah rebec (yang diturunkan dari harpa tangan Bizantium dan rebab), vielle (biola abad Renaisans), dan lira da braccio (yang juga diturunkan dari harpa tangan Bizantium).

Sementara itu, di Indonesia, biola dikatakan menjadi bagian integral dalam ensambel musik Melayu, terutama di pesisir timur Sumatera Utara. Kehadiran instrumen biola dalam kegiatan pementasan dinilai sangat esensial, karena mampu membawa warna baru dalam struktur melodi dalam setiap lagu Melayu.[1]

Komponen Biola

Layaknya instrumen musik lainnya, biola juga dibagi menjadi beberapa bagian. Bagian pertama adalah badan biola yang terdiri atas dua papan suara yang melengkung yang disatukan oleh kayu yang disebut iga biola yang dilem menggunakan lem binatang, lem kulit binatang, atau resin. Badan biola berdesain menyerupai bentuk jam pasir, baik ketika dipandang dari depan maupun dari belakang.

Bagian kedua adalah leher biola yang biasanya terbuat dari kayu mapel yang sejenis dengan bagian belakang dan samping badan biola. Pada leher biola, terdapat papan jari yang dibuat dari kayu eboni atau kayu lain yang dicat hitam. Kemudian, bagian yang terdapat di dalam biola adalah jembatan biola, papan jari, senar, dan beberapa macam perangkat pembantu (pasak penyetel untuk setiap senar, ekor biola untuk menahan senar, pin dan tali untuk menahan ekor biola, beberapa penyetel tambahan pada ekor biola bila diperlukan, dan sebuah penyangga dagu).

Nah, khusus biola buatan Yamaha, produk ini bisa dikatakan sebagai produk premium jika dilihat dari kisaran harganya. Pasalnya, biola buatan Yamaha, untuk jenis elektrik, sekarang ditawarkan dengan harga mencapai jutaan rupiah per unit. Sementara, produk bekasnya banyak ditemukan di berbagai situs jual beli online dengan kisaran harga masih ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah, tergantung kondisi barang. Nah, bagi Anda yang penasaran dengan harga biola merk Yamaha, berikut kami rangkumkan informasi terbarunya untuk Anda.
Varian produk biola Yamaha (sumber: usa.yamaha.com)

Harga Biola Yamaha

Tipe Biola Yamaha
Harga
Yamaha YEV-104BL Electric Violin
USD 695,99
Yamaha YEV-104NT Electric Violin
USD 695,99
Yamaha YEV-105BL 5-string Electric Violin
USD 744,99
Yamaha YEV-105NT 5-String Electric Violin
USD 744,99
Yamaha YSV104 Silent Violin
USD 846,99
Yamaha YEV Violin Package
USD 916,98
Yamaha SV-200 Violin black
USD 1.364,99
Yamaha SV-200 Violin Pearl White
USD 1.499,99
Yamaha SV-200 Violin Bow & Case Bundle
USD 1.54,99
Yamaha SV-250 Silent Violin
USD 2.725.
Yamaha SV-255 Silent Violin Pro
USD 2.725

Harga biola Yamaha di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk beberapa toko peralatan musik, dengan kurs 1 USD sekarang setara Rp14.900. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, harga biola Yamaha tersebut cenderung naik. Yamaha SV-255 Silent Violin Pro misalnya, awalnya dijual USD 1.949 dan sekarang menjadI USD 2.725 per unit.

Harga Biola Yamaha di Indonesia

Di pasaran dalam negeri, biola merk Yamaha memang cukup terbatas. Menurut penelusuran penulis, setidaknya ada dua tipe biola Yamaha yang telah dijual ke pasaran Indonesia. Yamaha YSV-104 BR Silent Violin salah satunya, yang sekarang ditawarkan dengan harga Rp16,5 juta. Sementara itu, harga Yamaha SV-200 Silent Violin berkisar Rp23 juta hingga Rp25 jutaan, tidak jauh berbeda dari tahun lalu.
Biola Yamaha di Pasaran – (victorlitz.com)

Harga Biola Yamaha Bekas

Tipe Biola Yamaha
Harga Bekas
Yamaha Biola Akustik 1/4
Rp950.000
Yamaha Biola Akustik 4/4
Rp4.250.000
Yamaha Biola SV-120 Silent
Rp10.000.000

Bermain biola dikatakan sangat bagus untuk mengembangkan emosi, terutama pada anak-anak. Sayangnya, biola termasuk alat musik yang sangat sulit dimainkan karena membutuhkan rasa dan ketepatan peletakan jari pada fingerboard.[2] Karena itu, belajar biola tidak bisa setengah-setengah karena akan membuat hasilnya tidak maksimal.

(Panca)

[1] Zulfahmi, Muhammad. 2012. Faktor-Faktor Penyebab Instrumen Biola Jadi Bagian Integral Kebudayaan Musik Etnik Melayu Pesisir Timur Sumatera Utara. Jurnal Ekspresi Seni ISI Padangpanjang, Vol. 14(1): 90-105.

[2] Prabasari, Yulia Gitarida Dwisanti dan M. Usman Wafa. 2018. Strategi Pembelajaran Biola pada Anak di Beethoven Music Course Kabupaten Temanggung. Jurnal Seni Musik Universitas Negeri Semarang, Vol. 3(1): 48-56.

Demikianlah Berita mengenai Info Terkini Harga Biola Yamaha (Baru dan Bekas) – Daftar Harga & Tarif 2024 Semoga Berguna Bagi kamu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *