Syarat Kamar Yang Sehat, 7 Cara Ini sangat Mudah Dilakukan

Diposting pada

Kita semua tentunya ingin memiliki kamar yang sehat, terutama saat pandemi ini. Nyatanya, kesehatan kita juga dipengaruhi oleh lingkungan tempat kita terutama dimulai dari kamar tidur kita. Untuk itu, kita selain menjaga kesehatan tubuh dan jiwa, juga tetap harus memperhatikan kamar kita. Kamar yang sehat dapat menjaga kesehatan  mental maupun fisik. Berikut beberapa tips untuk menciptakan kamar yang sehat dan bersih!

kamar yang sehat

Pilih Warna Cat yang Membuat Nyaman

Ternyata warna cat kamar yang sehat itu tidak sembarangan. Seperti yang di kemukakan oleh psikolog Becky Spelman mengatakan bahwa penting untuk memilih warna cat kamar agar membuat kita bahagia.

“Anda harus memilih warna yang membuat Anda merasa tenang, jangan khawatir tentang saran yang ada. Anda bisa mencari tahu apa warna yang paling menenangkan”

Yang paling penting adalah menentukan warna yang sukai dan memilih tiga warna yang baik dan cocok untuk dikombinasikan agar benar-benar dapat membentuk skema warna kita.

8 warna yang baik dan sehat untuk kamar adalah:

  • Putih
  • Biru
  • Hijau
  • Kuning
  • Abu-abu Muda
  • Oranye
  • Coklat
  • krem

“Warna-warna yang konsisten dapat terlihat sangat menyenangkan mata, yang kemudian berdampak pada suasana hati Anda,” ujar Becky.

Kombinasikan warna diatas sesuai dengan keinginan sobat hargakamar.

Kamar Yang Sehat Tambahkan Tanaman

Sekaranglah saatnya untuk mulai menambahkan beberapa “teman hijau” di kamar Anda. Mulailah menumbuhkan kecintaan terhadap tanaman, baik itu tanaman dalam pot sederhana atau sesuatu tanaman herbal yang cocok untuk kamar.

Baca Referensi ini15 Ide Tanaman Hias Untuk Kamar Tidur Ini Mampu Meningkatkan Kualitas Udara Kamar

Memelihara tanaman yang tepat di kamar merupakan salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesehatan mental dan fisik.

Banyak penelitian telah mengungkapkan dampak desain biofilik terhadap kesehatan mental dan fisik seseorang.

Biofilik sendiri berasal dari kata biofilia yang mengacu pada konsep bahwa manusia memiliki kecenderungan untuk mencari hubungan dengan alam dan bentuk kehidupan lainnya.

Mungkin bisa kita jumpai di sekitar kita, banyak orang menjadi sangat terobsesi dengan tanaman hias.

Tanaman hias yang tepat seperti pada link diatas juga dapat membuat kamar lebih sehat karena membantu membersihkan udara. Salah satu tanaman, seperti tanaman ivy, sangat andal dalam melakukan hal ini.

Gunakan Bahan Alami

Cara lain untuk membuat konsep kamar yang sehat adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Seperti yang di jelaskan diatas, menggabungkan unsur alam didalam ruangan rumah, terutama dikamar itu sangat berarti untuk kesehatan mental.

Pakar interior Rebecca Snowden mengatakan, “Masukkan bahan-bahan alami ke dalam dekorasi kamar Anda sebagai cara untuk menyatukan elemen alam, untuk kesegaran. Meja samping kayu, aksesori tanah liat, dan permadani linen adalah beberapa ide selain memiliki beberapa tanaman dalam ruangan.”

Baca Juga: Inspirasi Akuarium Kecil Untuk Di Kamar, Solusi Penghilang Stress

Pisahkan Antara Kamar Tidur dan Tempat Bekerja

Ada banyak sekali orang yang menggabungkan anatara tempat bekerja dengan tempat tidur. Hal ini demi keseimbangan kenyamanan tidur dan kehidupan kerja.

Memiliki tempat untuk berolahraga, tempat untuk bekerja, dan tempat untuk bersantai di rumah sangatlah penting. Namun jangan mencampur adukan dalam satu ruangan. Seperti halnya kamar tidur dan ruang kerja. Apabila tidak memungkinkan cukup beri sekat atau penghalang.

Bisa juga dengan mendesain ulang kamar tidur dengan sedemikian rupa agar susunan ruang dapat diubah dengan hanya memindahkan satu atau dua item.

Baca Juga : 60 Inspirasi Desain Kamar Tidur

Mengingat Covid-19 telah melahirkan kebiasaan baru yang akan bertahan untuk waktu yang lama, mendesain ulang kamar sangat penting.

Rapikan Ruangan

Kamar yang berantakan cenderung menyebabkan stres, jadi penting untuk meluangkan waktu untuk merapikan dan mengatur kamar Anda setiap waktu. Mengapa menata kamar itu sangat penting? karena, ini akan membantu meningkatkan ketenangan dan relaksasi ketika Anda beristirahat.

Baca Juga : 10 Cara Menata Kamar Agar Terlihat Indah

Rebecca mengatakan, “Dengan lebih banyak hari yang dihabiskan di dalam ruangan baru-baru ini, menata kamar dapat meningkatkan relaksasi dan kesejahteraan.”

Bila perlu, merapikan seisi rumah, akan tetapi dapat memakan waktu cukup lama, jadi mulailah dengan membersihkan kamar tidur dulu. Kotak penyimpanan menjadi salah satu alternatif untuk menyimpan barang apa pun yang tidak digunakan secara teratur agar terlihat rapi dan indah.

Kemudian, ketika punya waktu, sortir dan singkirkan hal-hal yang tidak lagi digunakan dalam waktu dekat.

Pilih Cat Ramah Lingkungan

Kalau tadi memilih warna cat yang sehat untuk mental, sekarang kami merekomendasikan Cat ramah lingkungan atau cat alami. Jenis cat ini dirancang khusus untuk memiliki kadar senyawa organik volatil (VOC) yang lebih rendah.

Kadar VOC yang tinggi dapat kita rasakan melalui indera penciuman kita, ketika masuk ke ruangan yang baru dicat, pasti baunya khas seperti itu. Cenderung menyengat kadang orang yang nggak tahan bisa pusing kalau kadar VOC tinggi.

Kadar VOC yang tinggi ini dapat menyebabkan masalah kesehatan karena dapat memicu asma, mual, dan reaksi alergi lainnya.

Cat ramah lingkungan ini biasanya dibuat dari berbagai bahan alami, termasuk tanah liat, protein susu, jeruk, balsam, dan mineral lainnya.

Pembersih Rumah Berbahan Alami

Selama beberapa tahun terakhir, penjualan produk pembersih nabati telah mengalami peningkatan karena tidak hanya lebih baik untuk lingkungan, tetapi juga tidak beracun, menjadikannya cocok jika memiliki hewan peliharaan atau memiliki anak di rumah.

Membersihkan kamar adalah hal yang harus dilakukan rutin agar tercipta kamar yang sehat. Banyak orang yang nggak mau ribet, jadi orang pun kerap menggunakan beragam cairan pembersih yang banyak dijual di pasaran. Umumnya ditemukan kandungan kimia di dalam produk-produk ini.

Padahal bahan kimia tersebut tidak baik bagi kesehatan kita jika terhirup maupun terkena kulit jika digunakan terus-menerus.

Nah, untuk menjaga kesehatan, kamu bisa membersihkan rumah dengan racikan bahan-bahan alami yang ada di dapur.

Seperti Pembersih Kaca dari Kulit Jeruk, dll.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *