Kantor BPJS Kesehatan Klaten, Alamat, Jam Operasional dan Telepon

Harga Kamar
Harga Kamar
Print PDF

Kantor BPJS Kesehatan Klaten – Peserta program BPJS Kesehatan tersebar di seluruh wilayah Indonesia, tak terkecuali di Daerah Klaten, Jawa Tengah. Sementara itu, guna memudahkan para peserta mengurus keperluan terkait layanan BPJS Kesehatan, di Klaten telah disediakan fasilitas berupa Kantor Cabang.

Lokasi Kantor BPJS Kesehatan Klaten sangat strategis, berada tidak jauh dari Alun-Alun Klaten. Melalui Kantor Cabang, nantinya para peserta BPJS Kesehatan yang berdomisili di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah bisa mendapatkan layanan terkait urusan pembayaran, pendaftaran hingga pindah Faskes.

Disamping itu, sama seperti Kantor BPJS Kesehatan di wilayah lain, bagi masyarakat Klaten dan sekitarnya juga perlu memperhatikan jam operasional dari Kantor BPJS Kesehatan terdekat. Apabila datang ke Kantor di luar jam operasional, maka tidak akan dilayani.

Untuk mengetahui detail informasi mengenai alamat, jam operasional hingga jenis layanan yang tersedia di Kantor BPJS Klaten, silahkan simak ulasan di bawah ini. Kami juga telah menyiapkan informasi terkait nomor telepon atau Call Center BPJS Kesehatan Klaten.

Kantor BPJS Kesehatan Klaten

Kantor BPJS Kesehatan Klaten
source: kompas.id

BPJS Kesehatan merupakan program jaminan sosial program jaminan kesehatan untuk masyarakat Indonesia. Dalam menyelenggarakan program ini, Pemerintah mengacu pada Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

Selain itu ada juga Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional dimana Undang Undang tersebut digunakan dalam penyelenggaraan BPJS Kesehatan secara lingkup Nasional berdasarkan prinsip asuransi sosial serta ekuitas.

Program BPJS Kesehatan ini bisa diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali. Kemudian mengenai jenis pelayanan yang diperoleh setiap peserta nantinya terbagi menjadi 3 kelas pilihan, yaitu kelas I, kelas II dan kelas III.

Dengan adanya program BPJS Kesehatan, masyarakat Indonesia khususnya dari kalangan kurang mampu nantinya akan sangat terbantu dalam hal biaya. Seperti kita tahu, biaya berobat di Rumah Sakit Umum, Rumah Sakit Jiwa maupun Faskes lainnya terkadang membutuhkan biaya hingga puluhan juta rupiah.

Bagi peserta yang tercatat dalam keanggotaan Non-PBI (Non-Penerima Bantuan Iuran) nantinya diwajibkan membayar iuran setiap bulan berdasarkan jenis kelas yang dipilih. Sedangkan untuk peserta PBI (Penerima Bantuan Iuran) nantinya pembayaran premi atau iuran akan dibantu oleh Pemerintah.

Jika ingin menjadi peserta BPJS PBI, kamu bisa bisa mengurus KIS di Dinas Sosial terdekat. Dengan menjadi peserta BPJS PBI, maka setiap bulan nya kamu tidak perlu membayar premi alias Gratis, karena seluruh iuran akan di cover oleh subsidi Pemerintah.

Terlepas dari penjelasan singkat mengenai program BPJS Kesehatan, sekarang kita lanjut ke upaya BPJS Kesehatan dalam memaksimalkan layanan nya. Seperti kami sebutkan di atas bahwa BPJS Kesehatan telah membuka Kantor Cabang di seluruh wilayah Indonesia, salah satunya di Kota Klaten.

Kantor Cabang sendiri merupakan fasilitas dari BPJS Kesehatan guna memudahkan peserta mendapatkan layanan informasi. Di Kantor BPJS Klaten nantinya terdapat petugas Customer Service yang siap membantu peserta memperoleh informasi yang dibutuhkan.

Layanan

Layanan BPJS Kesehatan Klaten
source: magelangekspres.disway.id

Berikut adalah beberapa jenis layanan yang bisa diperoleh para peserta BPJS Kesehatan Klaten di Kantor Cabang:

Melalui Kantor Cabang, masyarakat Klaten dan sekitarnya bisa mendapatkan layanan pendaftaran peserta BPJS Kesehatan, baik pendaftaran Mandiri maupun Keluarga. Seluruh proses registrasi atau pendaftaran peserta baru nantinya akan dipandu oleh petugas di Kantor Cabang.

Kemudian bagi masyarakat Klaten yang sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, nantinya bisa melakukan perubahan data melalui Kantor Cabang. Perubahan data BPJS Kesehatan biasanya meliputi:

  • Mengganti nama
  • Mengganti nama Bayi
  • Mengganti informasi Alamat
  • Update nomor telepon
  • Update Email peserta

Sementara itu, Kantor Cabang BPJS Kesehatan Klaten juga melayani cek iuran atau premi dari setiap peserta. Meskipun sekarang sudah ada aplikasi JKN Mobile yang memudahkan segala layanan, termasuk cek iuran, tapi beberapa peserta tetap memilih datang ke Kantor Cabang untuk mendapatkan layanan tersebut.

  • Merubah Fasilitas Kesehatan

Selain beberapa layanan di atas, para peserta BPJS Kesehatan di Klaten juga bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk merubah Faskes (Fasilitas Kesehatan) yang sudah terdaftar. Ingat, untuk layanan perubahan Faskes nantinya terdapat beberapa berkas persyaratan yang harus dipenuhi.

  • Merubah Kelas BPJS Kesehatan

Lanjut, perubahan kelas BPJS Kesehatan juga kerap dilakukan dengan alasan ingin mendapatkan pelayanan lebih maksimal di Rumah Sakit rujukan atau bisa juga karena dirasa biaya premi terlalu mahal. Di Kantor Cabang, proses perubahan bisa dilakukan bersama petugas Customer Service.

Ada beberapa dokumen persyaratan yang perlu disiapkan sebelum mengurus layanan ini. Pastikan kamu membawa semua dokumen persyaratan tersebut agar proses perubahan kelas BPJS Kesehatan bisa berjalan lancar.

Pembayaran iuran BPJS Kesehatan memang bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai dari lewat ATM, Kantor Pos, Alfamart, Mobile Banking, eWallet bahkan PayLater. Tapi, bagi beberapa peserta, khususnya mereka yang tidak memiliki akun pembayaran apapun bisa melakukan transaksi tersebut di Kantor Cabang.

Terakhir, Kantor Cabang juga menyediakan layanan bagi para peserta yang ingin menonaktifkan status kepesertaan salah satu anggota keluarga nya. Proses ini dilakukan ketika peserta sudah meninggal Dunia, pindah KK atau karena faktor lainnya.

Dari sekian banyak jenis layanan di Kantor BPJS Klaten, jika melihat ulasan di Google Maps maupun ulasan langsung dari pengunjung, sebagian besar dari mereka mengaku puas dengan pelayanan nya. Para petugas di Kantor BPJS Klaten ramah-ramah dan juga responsif. Selain itu, dalam memberikan keterangan informasi yang dibutuhkan para peserta juga jelas, rinci dan mudah dipahami.

Alamat

Alamat
source: Google Maps

Baiklah, sampai disini kamu sudah tahu apa saja layanan yang tersedia di Kantor BPJS Kesehatan Klaten, selanjutnya kami ingin menginformasikan alamat dari Kantor Cabang tersebut. Di awal pembahasan sempat kami singgung bahwa lokasi Kantor Cabang BPJS Kesehatan di wilayah ini tidak jauh dari Alun-Alun Kota Klaten.

Di Google Maps, kamu hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 2 menit jika berangkat dari Alun-Alun Klaten. Nah, untuk alamat lengkap dari Kantor BPJS Klaten sendiri adalah:

Jl. Rajawali No.72, Tegal Blateran, Bareng
Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten
Jawa Tengah

57411

Kamu bisa datang ke alamat di atas untuk mendapatkan berbagai layanan yang tersedia. Jika belum begitu paham dengan rute menuju ke alamat tersebut, maka kamu bisa lihat di Google Maps lalu tentukan titik keberangkatan.

Baca Juga: 4 Rumah Sakit Jiwa di Jakarta dengan Fasilitas Terbaik

Jam Operasional

Jam Operasional
source: bsn.go.id

Setelah mengetahui informasi alamat, sekarang kita lanjut ke informasi jam operasional atau jam kerja dari Kantor BPJS Klaten. Jadi, berdasarkan informasi yang kami peroleh, peserta BPJS Klaten dan sekitarnya bisa datang ke Kantor Cabang pada hari dan jam sebagai berikut:

Hari Jam Operasional
Senin 08.00 – 15.00
Selasa 08.00 – 15.00
Rabu 08.00 – 15.00
Kamis 08.00 – 15.00
Jumat 08.00 – 15.00
Sabtu Libur / Tutup
Minggu Libur / Tutup

Para petugas BPJS di Kantor Cabang Klaten memberikan pelayanan mulai dari Senin sampai Jumat dengan ketentuan waktu mulai pukul 08.00 sampai 15.00. Sedangkan pada hari Sabtu, hari Minggu dan Tanggal Merah, Kantor BPJS Klaten tutup alias tidak buka pelayanan.

Nomor Telepon

Nomor Telepon
source: kompasiana.com

Tapi, jika kamu berhalangan hadir ke Kantor Cabang untuk mengurus keperluan BPJS Kesehatan, maka kamu bisa menggunakan layanan Call Center melalui nomor telepon Kantor BPJS Klaten. Dilansir dari sumber terpercaya, berikut adalah nomor telepon Kantor BPJS Kesehatan Klaten: 0821-3548-5050.

Ingat, untuk melakukan panggilan ke nomor telepon di atas pastikan kamu mempunyai pulsa sedikitnya Rp. 15.000 sebagai biaya panggilan. Atau kamu juga bisa menggunakan Telepon rumah maupun nomor Pascabayar sehingga biaya panggilan masuk ke dalam tagihan.

Foto

Kemudian sebagai gambaran bagi masyarakat Klaten yang mungkin sama sekali belum pernah datang ke Kantor Cabang terdekat, di bawah ini telah kami siapkan gambar atau foto Kantor BPJS Klaten:

Kesimpulan

Kantor BPJS Kesehatan Klaten berada di Kecamatan Klaten Tengah, tepatnya di Jalan Rajawali No. 72, Kelurahan Tegal Blateran, Bareng. Jarak lokasi Kantor Cabang dari Alun-Alun Klaten sekitar 500 meter dan bisa kamu tempuh dalam waktu kurang dari 5 menit.

Sesampainya di Kantor, kamu bisa mendapatkan berbagai macam layanan, seperti cek iuran, ganti nama Bayi, bayar premi hingga menonaktifkan status kepesertaan BPJS Kesehatan. Lalu, jika tidak sempat datang ke Kantor, maka pihak BPJS Kesehatan Klaten juga menyediakan nomor telepon yang bisa dihubungi.