Kantor BPJS Ketenagakerjaan Bandung, Alamat, Jam Operasional dan Telepon

Harga Kamar
Harga Kamar
Print PDF

Kantor BPJS Ketenagakerjaan Bandung – Khusus warga Bandung dan sekitarnya, mengurus pendaftaran peserta maupun klaim manfaat program BPJS Ketenagakerjaan bisa dilakukan dengan mudah. Karena ada beberapa kantor cabang BPJamsostek yang bisa kalian datangi di beberapa titik wilayah.

Kita tahu bahwa Bandung menjadi salah satu kota besar di Indonesia dengan penduduk yang cukup padat. Melihat hal ini, kehadiran beberapa kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan Bandung juga tentunya akan sangat memudahkan peserta melakukan berbagai keperluan.

Di artikel kali ini kami bukan hanya akan menginformasikan mengenai alamat lengkap kantor BPJS Ketenagakerjaan Bandung. Namun, ada beberapa informasi penting lain yang nantinya bisa kalian simak, mulai dari nomor telepon, jam operasional, jenis layanan dan lain sebagainya.

Baiklah, daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan lengkap mengenai alamat kantor BPJS Ketenagakerjaan Bandung, jam operasional dan nomor telepon yang telah kami siapkan berikut ini.

Kantor BPJS Ketenagakerjaan Bandung

Kantor BPJS Ketenagakerjaan Bandung
Source: bandung.bisnis.com

Kantor BPJS Ketenagakerjaan Bandung tersedia di beberapa titik lokasi, mulai dari kota Bandung, Bandung Barat dan beberapa wilayah lainnya. Dengan adanya kantor cabang tersebut, hal ini sudah pasti akan memudahkan para peserta BPJamsostek ketika hendak melakukan keperluan, seperti konsultasi, pembayaran, klaim manfaat program dan lain sebagainya.

Kebanyakan para peserta mungkin akan lebih sering mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan Bandung untuk mengurus pendaftaran dan juga konsultasi terkait program manfaat. Karena untuk pembayaran, para peserta bisa melakukan pembayaran tagihan BPJS Ketenagakerjaan secara mandiri atau dibayarkan langsung oleh perusahaan tempat dirinya bekerja.

Menemukan alamat dan lokasi kantor BPJS Ketenagakerjaan Bandung bisa dikatakan sangatlah mudah. Hampir semua kantor cabang BPJamsostek Bandung berada di lokasi strategis sehingga sangat mudah ditemukan. Lebih lagi, dengan memanfaatkan fitur rute di Google Maps, kita bisa menemukan kantor terdekat dengan sangat mudah.

Baca Juga: Cara Mengurus KIS Di Dinas Sosial 2024, Gratis dan Mudah!

Layanan

Layanan 2
Source: www.kilasriau.com

Pada poin pembahasan pertama, disini kami akan informasikan lebih dulu terkait layanan. Seperti dijelaskan diatas bahwasanya kantor BPJS Ketenagakerjaan di semua cabang memiliki layanan yang sama.

Para peserta nantinya bisa menikmati layanan seperti pendaftaran, informasi manfaat program dan juga klaim JHT maupun klaim manfaat program lain yang disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Mengetahui lebih pasti terkait apa saja layanan yang tersedia di kantor BPJamsostek Bandung, berikut simak ulasan lengkapnya.

1. Pendaftaran Kepesertaan

Pertama ada layanan pendaftaran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Pendaftaran kepesertaan ini bisa dilakukan dengan mudah di beberapa kantor BPJamsostek Bandung terdekat dari lokasi kalian saat ini.

Untuk melakukan pendaftaran, disini kalian juga harus mempersiapkan beberapa persyaratan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • KTP
  • Fotokopi KK
  • Fotokopi NPWP
  • Surat izin usaha dan/atau bukti sementara pengurusan izin usaha
  • Formulir pendaftaran Jaminan Sosial Ketenagakerjaan
  • Pas foto berwarna karyawan/pekerja ukuran 2×3 sebanyak 1 lembar

Selain itu, BPJS Ketenagakerjaan Bandung juga menerima pendaftaran kepesertaan BPU (Bukan Penerima Upah), PU (Penerima Upah) dan JAKON (Jasa Konstruksi).

Semua keperluan tersebut akan dilayani dengan baik oleh petugas. Kalian tidak perlu bingung karena ada petugas atau Satpam yang siap memandu untuk menyelesaikan keperluan kalian.

2. Informasi Manfaat Program

Layanan berikutnya adalah konsultasi terkait manfaat program. Nah, disini para peserta atau calon peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa berkonsultasi terkait manfaat program BPJS Ketenagakerjaan.

Ada beberapa manfaat program yang dimiliki oleh BPJS Ketenagakerjaan, diantaranya adalah:

  • JHT (Jaminan Hari Tua)
  • JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja)
  • JP (Jaminan Pensiun)
  • JKM (Jaminan Kematian)
  • JKP (Jaminan Kehilangan Pekerjaan)

Bisa kalian lihat diatas bahwasanya ada beberapa macam manfaat program BPJamsostek. Kalian bisa mendatangi kantor hanya untuk berkonsultasi atau bertanya perihal, seluk beluk program-program tersebut, baik JHT, JKK, JP, JKM maupun JKM.

Nantinya petugas akan menjelaskan secara detail terkait program yang ada. Petugas juga akan menjelaskan terkait prosedur pendaftaran, keuntungan dan risiko dari program BPJS Ketenagakerjaan tersebut. Jadi, disini kalian bisa mendapatkan informasi pasti mengenai hal itu.

3. Klaim

Nah untuk layanan terakhir adalah klaim. Memang, saat ini klaim BPJS Ketenagakerjaan bisa dilakukan secara online. Akan tetapi banyak peserta yang memilih melakukan klaim program manfaat dengan mendatangi langsung kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat di daerah masing-masing.

Para peserta bisa mengajukan klaim manfaat program dengan membawa semua persyaratan yang diwajibkan. Untuk klaim JHT, kriteria diperlukan disini adalah sebagai berikut:

  • Usia Pensiun 56 Tahun
  • Usia Pensiun Perjanjian Kerja Bersama (PKB) Perusahaan
  • Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT)
  • Berhenti usaha Bukan Penerima Upah (BPU)
  • Mengundurkan diri
  • Pemutusan Hubungan Kerja (PHK)
  • Meninggalkan Indonesia untuk selama-lamanya
  • Cacat total tetap
  • Meninggal dunia
  • Klaim Sebagian Jaminan Hari Tua (JHT) 10%
  • Klaim Sebagian Jaminan Hari Tua (JHT) 30%

Nah terkait persyaratan dokumen untuk klaim manfaat program, kami sarankan untuk menghubungi Call Center BPJS Ketenagakerjaan di nomor 175. Atau bisa juga dengan mengunjungi website resmi BPJS Ketenagakerjaan di https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/cara-klaim.html.

Baca Juga: Apa Itu Asuransi, Contoh, Fungsi, Tujuan dan Pengertian Lengkap

Alamat

Alamat 3
Source: artikel.rumah123.com

Di pembahasan berikutnya, kami akan informasi juga mengenai alamat kantor BPJS Ketenagakerjaan Bandung. Seperti kami sampaikan sebelumnya, bahwa BPJS Ketenagakerjaan Bandung tersedia di beberapa titik lokasi, mulai dari Bandung Barang, Kota Bandung dan lainnya.

Untuk memudahkan kalian yang sedang mencari informasi alamat lengkap BPJS Ketenagakerjaan Bandung, berikut alamat lengkap yang bisa kalian ketahui.

Kantor Cabang Alamat Google Maps
Bandung Bojongsoang BUAH BATU SQUARE BLOK B NO 2-3 JALAN RAYA BOJONGSOANG DESA CIPAGALO KEC. BOJONGSOANG KABUPATEN BANDUNG, BANDUNG 40262, LOKASI
Bandung Suci JL. P.H. HASAN MUSTAFA NO. 39 BANDUNG (LANTAI 1 DAN 2) BANDUNG 40124, BANDUNG 40124, LOKASI
Bandung Barat Padalarang (KCP) TATAR RATNASASIH, RUKO RATNA NIAGA NO. 10 KOTA BARU PARAHYANGAN, 40553, LOKASI

Jam Operasional

Jam Operasional 3
Source: jogja.antaranews.com

Lanjut ke pembahasan berikutnya, yaitu mengenai jam operasional kantor. Setiap kantor cabang di beberapa lokasi di kota Bandung memiliki jam operasional sama.

Umumnya, setiap kantor cabang memiliki jam operasional setiap hari Senin sampai dengan Jum’at saja, karena untuk hari Sabtu dan Minggu kantor akan tutup. Sedangkan untuk jam kerja dimulai dari jam 08.00 sampai dengan 15.30.

  • Senin: 08.00 – 15.30
  • Selasa: 08.00 – 15.30
  • Rabu: 08.00 – 15.30
  • Kamis: 08.00 – 15.30
  • Jum’at: 08.00 – 15.30
  • Sabtu: Tutup
  • Minggu: Tutup

Terkadang masih ada beberapa orang yang bertanya, apakah kantor BPJS Ketenagakerjaan Bandung hari sabtu buka atau tidak, jawabannya adalah tidak. Kantor akan tutup pada hari Sabtu dan Minggu yang mana ini sudah menjadi kebijakan dari kantor tersebut.

Nomor Telepon

Nomor Telepon 3
Source: tim biayasehat.com

Setelah mengetahui penjelasan lengkap terkait layanan, alamat dan juga jam operasional kantor, selanjutnya kami akan informasikan juga mengenai nomor telepon. Setiap kantor cabang memiliki nomor telepon yang bisa dihubungi.

Bagi kalian yang berada di wilayah atau area terdekat dari kantor BPJS Ketenagakerjaan yang kami sebutkan diatas, kalian bisa menghubungi beberapa nomor di bawah ini.

Kantor Cabang Nomor Telepon
Bandung Bojongsoang (022) 7322311
Bandung Suci (022) 7275736

Foto

Mungkin banyak juga yang bertanya perihal seperti apa gambar dari kantor BPJS Ketenagakerjaan Bandung tersebut. Lalu apa saja fasilitas yang tersedia dan lain sebagainya. Nah untuk itu, kalian bisa lihat beberapa gambar lokasi kantor BPJS Ketenagakerjaan Bandung di bawah ini.

Kesimpulan

Mengenai pembahasan diatas, kantor BPJS Ketenagakerjaan Bandung memang tersebar di beberapa titik lokasi. Hal ini sudah pasti akan memudahkan masyarakat yang hendak melakukan pendaftaran kepesertaan, pengurusan klaim manfaat program dan keperluan lainnya.

Dari segi lokasi, kantor BPJamsostek Bandung juga terletak di lokasi yang strategis, sehingga sangat mudah ditemukan. Disamping itu, fasilitas tersedia di kantor tersebut juga sangatlah berkualitas dan layak, sehingga pengunjung akan merasa nyaman ketika mengurus keperluan mereka.