7 Tempat Wisata di Kaliurang Ini Selalu Diburu Wisatawan, Yakin Nggak Mau Kesana?

Diposting pada

Lokasi 7 tempat wisata di Kaliurang ini berada di kaki Gunung Merapi. Tempat wisata ini menjadi menarik karena alamnya yang masih hijau asri ditambah lagi udaranya yang jauh dari polusi. Sehingga membuat Kaliurang menjadi tempat yang selalu diburu masyarakat untuk berwisata. Tempat menginap favorit di kaliurang juga ada.

Panorama alam wisata kaliurang sangat bagus. Sehingga wisatawan betah dan enggan pulang. Hal itulah yang membuat tempat wisata kaliurang terus bertambah. Di antaranya bahkan ada kawasan wisata yang pernah mengalami kerusakan akibat erupsi Merapi beberapa tahun yang lalu.

Baca Juga: Homestay Murah di Jogja

Dari buah pemikiran warganya, kawasan Kaliurang saat ini menjadi destinasi utama wisatawan ketika berkunjung ke Jogja.

Ditambah lagi promosi gratis dari unggahan foto di sosial media wisatawan yang pernah berkunjung ke Kaliurang. Menambah rasa penasaran wisatawan dari luar daerah untuk ketempat wisata Kaliurang tersebut.

Ingin menikmati udara sejuk di Kaliurang untuk 1 sampai 2 hari bisa Anda menginap di sini Sambi Resort Kaliurang Jogja.

Berikut ini 7 tempat wisata di Kaliurang:

TAMAN WISATA KALIURANG

Taman Wisata Kaliurang sangat cocok untuk berwisata bersama keluarga. Tempat ini banyak tersedia wahana permainan bagi anak-anak.

Taman wisata kaliurang
https://www.instagram.com/kerak_nesting/

Saat memasuki area taman, pertama kali yang terlihat adalah Flying fox, fasilitas outbond, dan rumah pohon Ridz High Rope. Fasilitas lain seperti perosotan, ayunan, dan kolam renang juga turut serta menjadi pelengkap di taman wisata Kaliurang. Belum lagi adanya pepohonan yang ada di area taman menjadi penyumbang nuansa kesejukan.

Lokasi taman ini berada di Dusun Kaliurang Barat, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem. Tepatnya sebelah kiri jalan sebelum jalan menuju Tlogo Putri.

TLOGO PUTRI

Tlogo Putri merupakan objek wisata yang sudah lama ada di kawasan Kaliurang. Tempat wisata di Kaliurang ini menawarkan pesona pemandangan alam lereng Merapi. Ciri khas dari Tlogo Putri adalah banyaknya pepohonan yang rimbun di tempat ini. Ada pula embung yang menjadi perhatian utama wisatawan saat mendekat ke Tlogo Putri.

Tlogo putri
https://www.instagram.com/muhabdfaiz_/

Wahana air yang terdapat di embung seperti kano dan bebek sepeda kayuh menjadi pelengkap untuk menikmati keindahan Tlogo Putri.

Anda juga tak perlu khawatir jika merasa lapar tiba-tiba atau ingin belanja oleh-oleh. Di Tlogo Putri banyak terdapat warung makan dan oleh-oleh siap untuk menjadi tujuan akhir para wisatawan.

Ada lagi yang menjadikan pengalaman Anda di Tlogo Putri menjadi berkesan. Yaitu adanya pusat penyewaan mobil jeep. Mobil jeep tersebut siap di sewa pengunjung untuk mengelilingi kawasan lereng Merapi.

MUSEUM ULLEN SENTALU

Museum Ullen Sentalu pada tahun 2015 pernah dinobatkan sebagai museum terbaik di Indonesia oleh National Geographic.

Museum Ullen Sentalu yang berada di kaki Gunung Merapi menghadirkan konsep arsitektur bangunan dan interior yang unik.

Perpaduan antara keunikan arsitektur dengan alam yang sejuk dan rindang membuat museum ini sangat nyaman.

Museum ini banyak terdapat benda peninggalan sejarah dan kebudayaan Jawa khususnya tentang keluarga Keraton Yogyakarta dan Solo.

Museum ullen sentalu
https://www.instagram.com/novadelaura/

Perjalanan tour di museum ini sangat berbeda dengan museum pada umumnya. Saat mulai tour di Museum Ullen Sentalu, waktu kita di dalam museum sekitar 1 jam yang di pandu oleh pemandu yang ramah dan informatif. Setelah selesai keliling museum, kita akan disuguhi minuman hangat. Cocok sekali dengan suasana yang dingin.

Oh iya, ketika kita berada di dalam museum, kita tidak diperkenankan untuk berfoto maupun mengabadikan melalui video.

Tapi tak perlu resah, pihak pengelola sudah menyediakan tempat khusus untuk mengabadikan momen berwisata di museum Ullen Sentalu. Tempat foto ini juga sangat keren.

Tips Penting:

Jika Anda datang disaat musim hujan diharapkan untuk membawa payung atau bisa juga jas hujan. Untuk alas kaki pakai saja yang sesuai untuk daerah pegunungan.

Tiket Masuk Museum Ullen Sentalu

Tiket untuk Dewasa : Rp 40.000,-
Tiket untuk anak Rp 20.000,-

Untuk rombongan Studi Tour, ada harga khusus.

Jam Buka Museum Ullen Sentalu

Hari Senin: Tutup
Selasa – Kamis: pukul 8.30 – 17.00 WIB
Jumat: pukul 8.30 – 16.00 WIB
Sabtu – Minggu: pukul 8.30 – 17.00 WIB

Alamat Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu beralamat di Jl. Boyong km 25, Kaliurang Barat, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Cara menuju Museum Ullen

Museum Ullen Sentalu merupakan salah satu tempat wisata di kawasan wisata Kaliurang yang memiliki jarak dari Malioboro sekitar 25 km.

Moda transportasi yang kami rekomendasikan adalah naik sepeda motor atau mobil. Soal jalan tenang saja, akses jalan menuju Museum Ullen Sentalu sudah diaspal jadi perjalanan Anda akan nyaman.

THE LOST WORLD CASTLE

The Lost World Castle merupakan bangunan yang berupa kastil, tempat ini dibangun dengan batu sisa erupsi Merapi. Tempat wisata di Kaliurang ini menawarkan spot foto yang unik sehingga tempat wisata ini sukses menarik perhatian pengunjung.

Tempat wisata kaliurang
https://www.instagram.com/wisatausa/

Salah satu spot foto yang paling ramai di gunakan pengunjung adalah spot paradise gate dan juga latar sayap.

Spot menarik lainnya ada lagi yaitu spot dengan rumput hijau yang menghampar luas dengan latar berhias pohon sakura.

Disitu juga ada tenda-tenda khas suku Indian, lengkap dengan perapian dan patung dinosaurus yang sudah terbunuh.

Karena lokasi The Lost World Castle yang yang berada di Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan. Jadi wisatawan perlu berhati-hati karena tempat wisata ini dibangun masih di kawasan rawan bencana jika Gunung Merapi erupsi.

RUMAH HOBBIT KALIURANG

Rumah Hobbit Kaliurang menjadi tempat wisata di kaliurang yang sedang hits. Di sana kita seperti berada di Desa Shire, desa yang ada di film “The Lord of The Rings”.

Tempat wisata di kaliurang
https://www.instagram.com/conniekurniawati/

Rumah Hobbit Kaliurang berada tepat di depan wisata The Lost World Castle. Tempat wisata itu bisa di bilang tersembunyi, karena berada di perut bukit buatan setinggi kurang lebih lima meter.

Baca Juga : Hotel Griya Persada, Pilihan Tempat Menginap di Kaliurang Dengan Fasilitas Kolam Renang

Konsep dari rumah hobbit Kaliurang sangat menarik. Terlihat hamparan rumput nan hijau di kiri kanan jalan setapak. Lempengan batu yang disusun rapi menjadi alas untuk melangkah menuju Rumah Hobbit.

Ada 2 rumah hobbit dengan desain pintu dan cendela berbentuk lingkaran.

Terlihat asri dan sejuk jika Anda berada disini. Sejuknya lereng Gunung Merapi juga akan membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat itu.

STONEHENGE JOGJA

Mungkin pernah dengar kata Stonehenge?…ya, Stonehenge merupakan lingkaran atau jajaran batu yang tertata rapi. Stonehenge terletak di kawasan Amesbury, Wiltshire, Inggris.

Stonehenge jogja
https://www.instagram.com/feruzatadjoedin/

Kok ada di Jogja juga?…ya memang replika Stonehenge yang nyaris sama seperti aslinya ada di Desa Cangkringan. Ini merupakan tempat wisata terbaru di Kaliurang.

Banyak sekali wisatawan yang datang dan berfoto dengan background replika Stonehenge.

Tempat wisata terbaru di Jogja ini terlihat begitu menarik karena hijaunya rumput di sekitar sangat kontras dengan warna dari batu yang disusun melingkar tersebut. Ditambah lagi karena terletak di kaki gunung Merapi jadi udara yang dingin dan sejuk menyelimutinya.

Jika Anda mengabadikan menjadi foto pasti instagramable. Tak heran jika tempat ini juga sering dipakai untuk foto prewedding.

Tiket Masuk Stonehenge Jogja sangat terjangkau yaitu Rp10.000.

Jam operasional tempat wisata di kaliurang Stonehenge Jogja adalah hari Senin – Minggu: pukul 7.00 – 17.00 WIB.

Tempat wisata terdekat dengan Stonehenge adalah sebagai berikut :

200 meter ke Museum Omahku Memoriku

250 meter ke Museum Mini Sisa Hartaku

250 meter ke Kuliner Kopi Merapi

450 meter ke The Lost World Castle

500 meter ke Rumah Hobbit Merapi

800 meter ke Wisata Lava Merapi dan Batu Alien

Alamat Stonehenge Jogja

Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Tips Menuju Lokasi Stonehenge Jogja:

Di Kaliurang tidak ada angkutan umum yang melayani rute sampai ke Stonehenge Jogja. Tetapi, Anda bisa menggunakan sepeda motor, mobil, atau pun menyewa Jeep dari Kaliurang.

Jika menggunakan motor, jangan memakai motor matic. Dan kalau mau sewa Jeep, harga sewanya sekitar Rp. 400.000,-.

Perjalanan untuk sampai di Stonehenge Jogja perlu usaha yang sangat keras karena jalan belum diaspal. Sebenarnya ada 2 pilihan jalan. Kalau lewat Kaliurang itu lebih dekat, tapi jalannya belum aspal dan kurang bagus. Jika lewat Cangkringan itu lebih jauh tapi jalan lebih enak.

MUSEUM GUNUNG MERAPI

Ingin melihat replika Gunung Merapi secara detail? Disini tempatnya yaitu Museum Gunung Merapi.

Tempat wisata di jogja
https://www.instagram.com/adhe__19/

Saat memasuki Museum ini, pertama kali akan langsung bisa melihat replika Gunung Merapi yang berukuran besar. Replika mirip sekali dengan aslinya, ada asap buatan diatas pucuknya, dan ada juga suara gemuruh yang menggema.

Tempat wisata di Kaliurang ini terletak di Jalan Kaliurang km 22, atau berada 500 meter dari The World Landmarks – Merapi Park Yogyakarta.

Museum Gunung Merapi dibuat konsep untuk mengetahui tentang kejadian letusan Gunung Merapi dari masa ke masa.

Di dalam museum Anda bisa melihat sisa kejadian rumah-rumah di lereng merapi yang di terjang wedhus gembel.

Museum ini juga terdapat bioskop mini untuk melihat dokumentasi dari kejadian-kejadian meletusnya Gunung Merapi. Bioskop mini ini mampu menampung 85 orang.

Tiket Masuk

Tiket Masuk Museum Gunung Merapi adalah Rp5.000 dan untuk masuk ruang audio visual: Rp5.000.

Jam operasional Museum Gunung Merapi

Senin: Tutup
Selasa – Kamis: pukul 8.00 – 15.30 WIB
Jumat: pukul 8.00 – 14.30
Sabtu – Minggu: pukul 8.00 – 15.30 WIB

Alamat Museum Gunung Merapi

Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Cara menuju ke Lokasi Museum Gunung Merapi

Untuk mencapai Museum tidak ada angkutan umum yang melayani rute ini. Anda bisa menggunakan sepeda motor atau mobil. Tenang, untuk kondisi jalannya sudah diaspal.

Ada 3 pilihan rute yang bisa Anda pilih, berikut pilihannya:

– Via Jl. Pakem – Turi, belok kanan sebelum pom bensin menuju Jl. Boyong

– Via Jl. Kaliurang, belok kiri sebelum Hotel Disaster Oasis, lalu belok kanan menuju Jl. Boyong

– Via Taman Wisata Kaliurang, lurus saja ke arah barat mengikuti Jl. Borong. Kurang lebih 2 km kita akan sampai di Museum Gunung Merapi.

Itulah 7 tempat wisata di Kaliurang yang bisa sebagai referensi tempat wisata di jogja yang sejuk dan menarik.

Artikel yang Kami publikasikan ini merupakan Data Terakhir. Bagi Anda yang mengetahui perubahan data terbaru, Jika berkenan bisa menginformasikan kepada kami melalui kolom komentar. Kami juga siap menerima kritik dan saran.Terima kasih, Jangan Lupa Bahagia.

Pencarian Terkait :

  • WISATA KALIURANG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *