Tempat Wisata di Magelang yang Menarik dan Sulit Dilupakan

Diposting pada

Magelang merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak sekali tempat wisata. Banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di Magelang. Ada berbagai  wisata alam yang menarik dan juga berbagai wisata sejarah yang bisa untuk edukasi. Selain itu Magelang juga menyuguhkan wisata budaya yang tak kalah menariknya.

Tempat Wisata di Magelang

Secara geografis Magelang berada di lembah antara rangkaian pegunungan dan bukit. Bagian timur ada Gunung Merbabu dengan ketinggian 3.141 mdpl dan Gunung Merapi  dengan ketinggian 2.911 mdpl. Pada bagian barat terdapat Gunung Sumbing  dengan ketinggian 3.371 m dpl. Terdapat rangkaian Bukit Menoreh di bagian barat daya. Tak hanya dikelilingi gunung dan bukit saja bagian tengah juga mengalir Kali Progo beserta anak-anak sungainya menuju selatan. Wilayah kabupaten Magelang terbelah menjadi 2 wilayah karena dilalui oleh kali Elo.

Tempat Wisata di Magelang

Magelang dikenal oleh banyak orang karena keberadaannya Candi Borobudur. Obyek wisata candi Borobudur memang menjadi obyek wisata andalan Provinsi Jawa Tengah. Magelang juga tak hanya memiliki candi Borobudur saja tapi memiliki banyak candi lain seperti Candi Mendut, Candi Pawon, Candi Ngawen, Candi Canggal, Candi Selogriyo, dan Candi Gunungsari.

Magelang memang patut Anda kunjungi untuk yang ingin berwisata bersama keluarga maupun Anda yang ingin Berliburan bersama teman-teman Anda.

Berikut adalah Tempat wisata di magelang yang menarik dan sulit dilupakan.

Desa Wisata atau Balkondes di Magelang

Desa wisata merupakan bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung yang tersaji dalam suatu struktur kehidupan masyarakat Desa tertentu yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku. Seperti daerah lainnya Magelang juga mempunyai sejumlah desa wisata yang patut Anda kunjungi.

  • Desa Wisata Candirejo

desa wisata candirejo

Alamat: Jl. Raya Candirejo Jl. Kaliduren, Kaliduren, Candirejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah 56553

Satu desa wisata alami asri di Borobudur, ada spot selfie dengan View Sungai Progo , melewati jembatan bambu dengan view per bukitan dan kebun jagung yang menghampar luas disisi balkondes, Ada beberapa Hostel ,dan juga rumah joglo yang menjadi daya Tarik buat wisatawan buat santai di pendopo joglo… Disediakan juga sepeda buat yang Menginap disini untuk berkeliling desa disekitar Borobudur…. Cocok buat sekeluarga atau buat Team building gathering…

  • Desa Wisata Wanurejo

desa wisata wanurejo
@ameliaokta

Alamat: Ngentak, Dusun 1, Wanurejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah 56553

Provinsi: Jawa Tengah

Telepon: 0822-2736-4990

Desa wisata Wanurejo mempunyai homestay bergaya Jawa klasik.  Kondisi homestay di Desa Wanurejo masih terawatt dan terjaga gaya klasiknya, yang terpenting adalah biaya menginapnya masih terjangkau lah buat wisatawan. Di desa wisata Wanurejo memiliki beberapa Dusun yang wajib Anda kunjungi yaitu Dusun Barepan, Jowahan, Soropadan, Tingal Kulon, Tingal Wetan, Brojolan, Ngentak, Gedongan, dan Bejen.

Tempatnya hijau, sejuk, ada restonya juga. Buqt yang dari luar kota bisa menginap di homestay yang tersedia. Selain balkondes, terdapat tempat wisata junkyard yang berisi display kendaraan kuno (HTM 15000). Selain itu Bisa lihat candi borobudur dari sini.

  • Desa Wisata Karangrejo

desa wisata, balkondes karangrejo, tempat wisata magelang
@balkondeskarangrejo

AlamatBumen Djelapan, Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah 56553

Tempat nyaman para keluarga Lahan luas Parkir luas dan ada homestay jg di sini. Dengan konsep Rumah pendopo membuat nyaman dengan suasana khas pedesaan.

  • Desa Bahasa Ngargogondo

balkondes_ngargogondo, tempat desa wisata magelang
@balkondes_ngargogondo

Alamat: Malangan, Ngargogondo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah 56553

Telepon: 0858-0268-0411

Tempat menginap yang menyenangkan, di pinggir pedesaan serta lereng perbukitan menoreh. Masyarakat sekitar yang ramah dan Fasilitas free wifi yang oke. Tempatnya nyaman dengan pemandangan pegunungan menoreh, bernuansa romantis, pelayanannya sangat baik, harga kamar sangat murah. Asik buat kumpul komunitas, tempat parkir luas, ada joglo kembarnya enak buat santai,meeting.

  • Desa Wisata Wringin Putih

balkondes wringinputih
@balkondeswringinputih

Alamat: Wringinputih, Borobudur, Bojong, Wringinputih, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah 56553

Provinsi: Jawa Tengah

Telepon: 0881-7659-606

Tempatnya nyaman, bagus, bagi yang suka foto bisa jadi spot yang indah karena bentuknya yang unik dan klasik. Disini juga menyediakan berbagai makanan dan minuman, Harganya juga wajar enggak mahal. Disebelah belakang balkondes ada beberapa kamar homestay bagi yang mau menginap, kamarnya bersih dan rapi sekelas hotel berbintang. Gak akan nyesel lah berkunjung kesini.

  • Balkondes Giritengah

Tempat wisata di magelang, Balkondes Giritengah
@balkondesgiritengahdanpenginap

Alamat: Kali Tengah, Giritengah, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah 56553

Jam buka:

Senin-Jumat   08.00–22.00

Sabtu    Buka 24 jam

Minggu Buka 24 jam

Telepon: 0878-2111-4420

Balkondes giritengah memiliki konsep bangunan yang unik dan menggunakan unsur kayu sehingga menambah kesan khas. Suasana yang sejuk dan pemandangan pegunungan menoreh membuat pemandangan  semakin asri.

  • Desa Wisata Tanjungsari

balkondes.tanjungsari, tempat wisata magelang
@balkondes.tanjungsari

Alamat: Jl. Giri Tengah No.KM. 105, Dusun V, Tanjungsari, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah 56553

Telepon: 0812-8581-6313

Bagi anda yang sedang berkunjung ke Borobudur untuk berwisata, jangan lupa menyempatkan diri untuk jalan-jalan ke kampung sekitar wilayah Taman Wisata Candi Borobudur. Sekarang beberapa kampung di sekitar candi Borobudur sudah berdiri beberapa bangunan klasik khas jawa yang dikenal dengan BALKONDES(Balai Ekonomi Desa).

Tempat ini sengaja dibanguan guna memenuhi kebutuhan para wisatawan akan tempat yang nyaman, fresh, dan sejuk yang bernuansakan klasik.

Balkondes Tanjung Sari adalah salah satu Balkondes yang ada di sekitar Candi Borobudur. Bagi anda yang hendak berwisata sambil merefresh pikiran dengan menikmati pemandangan yang sejuk, tempat ini pilihannya. Selain sebagi tempat refreshing, buat anda yang suka dengan kuliner, bisa memesan disini, karena disini juga menyedian berbagai macam menu makanan.

  • Desa Wisata Tuk Songo

balkondes_tuksongo desa wisata di magelang sebagai tempat penginapan
@balkondes_tuksongo

Alamat: Tuksongo, Borobudur, Pulon, Tuksongo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah 56553

Telepon: 0856-2727-959

Di daerah Borobudur saat ini banyak sekali desa yg mengembangkan sektor pariwisatanya dengan membangun balkondes masing2, untuk dijadikan homestay dan disewakan untuk wisatawan yg ingin menginap di sekitar Candi Borobudur.. Tempat yang masih asri dan menyatu dengan alam sekitar dan biaya yang relative murah menjadi daya tarik tersendiri. Di homestay Balkondes Tuksongo ini tersedia dalam beberapa pilihan kamar atau cottage, untuk cottage di balkondes ini terdapat beberapa cottage yg berisi 1, 2, atau 3 kamar. Masing2 kamar sudah dilengkapi dengan AC dan TV chanel. Untuk KM/Wc sudah dilengkapi dengan water heater.

  • Desa Wisata Karanganyar

desa wisata karanganyar
@aimeejuliette

Alamat: Banjaran 1, Karanganyar, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah 56553

Provinsi: Jawa Tengah

Telepon: 0858-6747-9091

  • Desa Wisata Sambak

desa wisata sambak, tempat wisata magelang
@amienkurniaa

Alamat: Sambak Satu, Sambak, Kajoran, Magelang, Jawa Tengah 56163

Lokasi tadah hujan alamiah dengan pemandangan alam sekitar indah layak dijadikan destinasi wisata. Suasana cukup sejuk segar nyaman untuk bersantai ria. Fasilitas penunjang wisata masih perlu diperhatikan demikian juga pelayanannya. Pengunjung diharapkan peduli terhadap kebersihan lingkungan.

Ideal untuk berwisata dengan keluarga.

Tempat Wisata air terjun di Magelang

  • Air Terjun Kedung Kayang

air terjun kedung kayang tempat wisata di magelang
@radenhakh

Alamat: Jalan Ketep Pass Wonolelo, Nagrong, Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah 56481

Kedung kayang Magelang memiliki ketinggian sekitar 40 meter, dengan memiliki volume air cukup tinggi. Kalau dikira-kira ya memiliki ketinggian sekitar 950 mdpl jika dihitung di atas permukaan air laut. Berada di ketinggian, sobat dapat menyaksikan kegagahan gunung Merapi dan gunung Merbabu. Sehingga sobat bisa mengabadikan foto keindahan panorama disana. Dan juga bisa menikmati alam yang masih asri sehingga kalian bisa refreshing berlama-lama di sana.

Tiket masuk + parkiran Rp 11.000

Foto per-Spot Rp 5000

Aksesnya jalan kaki sekitar 15 menit dari tempat parkir kendaraan.

  • Air Terjun Sekar Langit

air terjun sekar langit wisata magelang
@jatengmotret

Lokasi : Area Kebun/Hutan, Tlogorejo, Grabag, Magelang, Jawa Tengah 56196

Air terjun Sekar Langit ada di Grabag Magelang. Dari pintu masuk ke air terjun nya jalan kaki sekitar 500m,  sepanjang perjalanan akan disuguhkan pemandangan rimbunnya bambu petung. Di dekat air terjun konon katanya  dulu  tempat pertapaan Joko Tarub.

Jalan menuju air terjun mudah diakses, nggak jauh jalannya dari parkiran. Wisata cocok buat keluarga termasuk anak anak. Cuma perlu ditata lagi supaya lebih menarik dan perhatian lebih besar lagi sama kebersihan nya. Tempat mandi untuk bilas juga masih sangat kurang.

  • Air Terjun Grenjengan

Air Terjun Grenjengan Kembar Magelang
@zhwsfr_

Lokasi: Dusun Citren, Desa Munewarang,, Pakis, Satap Kragilor, Muneng Warangan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah 56193

Air terjun berpasangan disekitar pepohonan pinus cukup menarik untuk dikunjungi. Suasana sejuk segar ditambah indahnya panorama alam menjadikan pengunjung nyaman. Pengunjung dapat dengan mudah mencapai lokasi kolam air terjun untuk bermain air sekedarnya . Fasilitas penunjang wisata cukup tersedia pelayanan baik pengunjung diharap peduli kebersihan. Ideal untuk wisata bersama keluarga.

  • Air Terjun Goa Slandak

goa slandak magelang
@watonmagelang

Lokasi : Dusun Grogol, Ngabean, Muneng Warangan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah 56193

Curug di lokasi ini sebenarnya ada 3, yaitu Curug goa slandak yang diatasnya terdapat goa, kedung Sembrani dan satu lagi Kedung bunder yang lokasinya berbeda jalur dengan kedua Curug sebelumnya. Kemarin karena keterbatasan waktu, kami jadi belum sempat untuk menyinggahi Kedung bunder.

Untuk sampai ke Curug, kita harus sedikit tracking melewati area hutan Pinus yang asri. Meskipun di siang bolong, berkat jalur yang rindang ini membuat udara tetap sejuk dan segar. Setelah melewati areal hutan kita akan melewati Jalan turunan yang lumayan curam dan licin, meskipun ada pegangan dari bambu sebaiknya berhati2 saat turun.

Saat kami kesana sedang musim kemarau, jadi air terjun mulai mengering, hal ini membuat air di Curug goa slandak jadi terkesan keruh. Lain halnya di kedung Sembrani, airnya tetap  kelihatan jernih dan lumayan  deras.

Untuk fasilitas yg ditawarkan lumayan baik. Disini tersedia warung, wc, tempat sampah, aneka   spot foto berbentuk unik (gorila, landak) yang gratis, dan gazebo di sepanjang jalan untuk beristirahat.

  • Air Terjun Silawe

curug silawe di kabupaten magelang
@zahraizaty

Lokasi : Peta lokasi

Curug Silawe terletak di sebelah selatan lereng Gunung Sumbing di Dataran Tinggi Dieng dengan ketinggian 500 m dpl. Curug yang berketinggian sekitar 60 m tersebut terdiri dari dua.  Yang pertama adalah yang berdebit air besar dan yang kedua berdebit kecil. Untuk yang pertama sering disebut dengan Curug Silawe seakan-akan seperti Lawe (sarang laba-laba dalam bahasa Jawa). Bagian bawah dari curug ini terdapat semacam kolam yang terbentuk akibat hempasan air dari atas tebing. Di kalom ini pengunjung dapat bermain air karena memang tidak terlalu dalam airnya.

Pemandangan sangat bagus dengan beberapa air terjun sebagai objek utama dengan didukung oleh keramahan penduduk sekitar, menjadi nya daerah tujuan pariwisata potensial yang sangat pantas menjadi tujuan wisata keluarga.

Bisa di akses pake mobil, motor, meski jalan sempit. Tiket masuk juga murah hanya 5000 rupiah/orang parkir 2000 rupiah. Alami, track tanjakan ke air terjun ramah untuk anak anak.

Tempat Wisata bunga di Magelang

  • Taman Bunga Ramadanu

Lokasi : Peta Lokasi

taman ramadanu magelang
@taman_ramadanu

Taman Ramadanu Adalah Taman Hasil kreasi Karangtaruna Dusun Danurojo dengan mengusung tema kekinian yang instagramble dengan latar belakang bunga celosia yang ditata rajin dan berpola ditambahkan replika miniatur kincir angin ala negeri belanda. Mulai di buka dari pertengahan puasa tahun 2018 dan semua dikelola oleh anggota karangtaruna setempat. Dampak dari taman ini mampu meningkatkan kesejahteraan bagi warga setempat dengan menggerakan roda perekonomian yang sebelumnya banyak warga yg mayoritas petani kini bisa beralih atau menambah pendapatan dengan berdagang atau yg dulunya belum bekerja kini bisa bekerja di taman tersebut. Taman ramadanu beroprasional setiap hari dari pukul 07.00 WIB sd 21.00 WIB.

HTM 10.000 rupiah. Ada toilet dan mushola di dalam. Kalau berkunjung siang, memang panas sekali. Mungkin waktu pagi atau sore hari lebih tepat untuk berkunjung.

Tempat Wisata di Magelang yang gratis

  • Ketep pass

ketep pass wisata alam di magelang
@rizal_rosyadi

Lokasi :  Ketep Pass

Salah satu destinasi unggulan wisata di kabupaten magelang,  jawa tengah. Letaknya kurang lebih satu setengah jam dari alun-alun kota magelang mengingat lokasi ketep pass berada di kabupaten (arah sawangan,  mungkid) . Jalan menuju lokasi sudah bagus, dapat dilalui oleh mobil, bus dan kendaraan bermotor jadi tidak perlu khawatir.  Selama perjalanan anda akan dimanjakan dengan pemandangan sawah dan tanah pertanian hijau yang asri, khas magelang. Selain itu udara di sini juga sangat sejuk. Tiket masuk hanya 10.000, jaminan keselamatan  500, parkir 2000, dan nonton theater 9000.

Ada beberapa spot antara lain gardu pandang dimana anda dapat melihat 5 gunung sekaligus, mushola, museum, theater, warung, tempat parkir,  taman bermain, resto.

Namun, jika sobat hanya menikmati suasana daerah ini bisa gratis tanpa harus masuk ke area wisata didalam Ketep Pass.

  • Alun-alun Kota Magelang

alun-alun kota magelang
@saskiamputri_2145

Lokasi: Peta Alun-alun Kota Magelang

Suasana kalau dimalam hari apik nan indah sehingga banyak anak muda maupun tua datang kesini untuk menikmati suasana hangatkan kota magelang ini. Jika Anda ingin berkunjung kesini  gratis karena tempat umum,  untuk parkir sendiri hanya Rp 2000. Karena tempatnya yang terbilang strategis, hampir tiap hari ramai. Di Alun-alun ini terdapat patung pangeran diponegoro yang sedang menaiki kuda dan jarinya sedang menunjuk. Di tengah-tengah alun-alun ini ada pohon besar yang sudah ada sejak dulu bahkan sebelum saya lahir. Disini sering digunakan untuk berbagai acara seperti kirab, karnaval, pertunjukan band, dan lain-lain. Oleh karena itu, tempat ini selalu ramai.

Jika Anda ingin berwisata kuliner di Alun-alun Magelang tersedia Food court yang tertata di 1 area, makanan yang dijual tergolong enak dan masih terjangkau. Kalo ke Magelang wajib kesini. Kenapa? Biar bisa foto di bawah tower air. Hehe… Itu tower dari jaman Belanda loh gak setiap alun-alun punya tower air seperti di Magelang.

Di sekitaran alun-alun juga terdapat tempat ibadah:

1.Masjid Kauman

2.Gereja Katholik

3.Gereja Kristen

4.Klentheng

  • Taman Bermain Badaan

taman badaan magelang
@dathy_cute

Lokasi: Taman Badaan Magelang

Taman kota sejatinya memang menjadi tempat berkumpul bahkan tempat rekreasi masyarakat yang mudah dan murah. Seperti yang terlihat jika Anda berkunjung ke Taman Badaan Magelang. Berlokasi di antara Jalan Pahlawan dan Jalan Ade Irma Suryani, Kota Magelang, lokasinya tak jauh dari alun-alun, dan tepat di depan Museum Jendral Sudirman. Sebuah taman kota yang tertata rapi sehingga disulap menjadi tempat rekreasi masyarakat. Bukan hanya dari Magelang, bahkan banyak dikunjungi dari luar kota, seperti Jogja dan Solo. Cukup komplitnya infrastruktur, wahana, hingga hal yang bisa dilakukan disini menjadi nilai tambah bagi taman ini. Banyak wahana hewan buatan yg baik untuk edukasi anak-anak. Bisa bermain sambil belajar. Tidak lupa juga banyak penjual makanan yang ada di pinggir taman seperti kuliner khas nya bakso krikil.

Meski luasnya tak begitu luas seperti tempat wisata lainnya di Magelang, tiap sore hari taman ini kerap dipadati wisatawan.

  • Gunung Tidar

taman gunung tidar
@kabarmgl

Lokasi: Peta Gunung Tidar

Taman Gunung Tidar berada di kaki gunung Tidar dan tepat berada di tepi Kali Manggis sehingga untuk proses penyiraman tanamannya tidak masalah dengan air nya. Di sepanjang Kali Manggis dibuat taman yang cukup asri dengan hiasan bentuk sepeda onthel yang diberi lampu led sehingga menambah keasrian nya saat malam hari. Kemudian pada ornamen bentuk sepeda onthel ini diberi orang-orangan seperti pengemudi sepeda terbuat dari pot yang disusun sedemikian hingga bentuknya mirip dengan orang yang sedang mengendarai sepeda.

Latar belakang Taman Gunung Tidar adalah tanaman pinus, aren, dan salak yang sudah masuk kawasan gunung Tidar.

  • Pecinan Magelang

pecinan magelang
@jelajah_magelang

Lokasi: Pecinan Magelang

Kawasan yang tidak pernah sepi, lalu lintas padat, karena sebagai pusat perbelanjaan yang sudah ada sejak dulu. Biasa disebut ‘Shopping Avenue’ oleh warga setempat. Beragam kebutuhan sehari-hari bisa didapat dengan hanya mengunjungi jalan ini. Mulai dari toko sembako, apotek, toko busana, sampai gerai elektronik semua ada.

Kawasan ini dikelola dengan baik. Kaki lima bersih dan bebas dari pedagang sehingga nyaman untuk berjalan kaki. Lingkungan bersih. Parkir kendaraan baik roda 4 atau roda 2 tertata dengan baik di sisi timur jalan dari ujung utara sampai ujung selatan. Dibagian utara, kawasan ini terhubung dengan kawasan alun-alun. Sedang bagian selatan terhubung dengan Pasar Rejowinangun. Di malam hari, ujung selatan kawasan ini ada pusat brrjualan bagi pedagang kali lima yang ramai. Bisa diandalkan untuk makan malam.

Tempat Wisata candi di Magelang

  • Candi Borobudur

candi borobudur magelang
@tumblr_wallpaper_girls

Lokasi : Peta menuju Candi Borobudur

Tempatnya yang indah dan penuh arti. Pertama ketika kesini, kita pasti akan berjalan sangat jauh menuju pintu masuk, karena memang tempatnya sangat luas. Jika belum pernah kesini, kalian bisa membayar tourguide dari pelayanan di Candi Borobudur yang akan menjelaskan awal mula nya Candi Borobudur, dan yg akan mendampingi kalian / rombongan sampai ke puncak candi.

Jalannya masuk menuju candi juga sangat jauh. Tapi jangan salah, diperjalanan kita akan melihat gunung yg bersejarah , berbagai spot foto yang bagus dengan view candi borobudur. Biasanya ketika kesini kita harus memakai batik. Jadi benar-benar terasa bahwa kita lagi mengenal budaya dan sejarah.

Setelah berjalanan sekitar 10 menit (tapi bisa lebih jika kita berfoto-foto) , nanti pasti kita akan lebih dekat dengan candi borobudur. Dan its okey kita harus berjalan sampai ke puncak. Karena memang bagus sekali.

Dan di dalam candi borobudur juga terdapat museum, bahkan terkadang di hari hari tertentu terdapat acara didalamnya. Disini juga terdapat tempat oleh-oleh, (di area pintu keluar) berbagai macam oleh oleh kas candi borobudur, baju , tas , yg harganya sangat terjangkau ada disini. Jadi menurut saya tempat ini benar-benar harus dikunjungi oleh kita, untuk mengenal sejarah, budaya dll.

  • Candi Mendut

candi mendut
@wisata_magelang

Lokasi: Petunjuk Arah Candi Mendut

Candi Budha ini merupakan satu rangkaian wisata religi untuk umat Budha khususnya setelah Candi Borobudur. Hal ini akan jelas terlihat saat perayaan Hari Besar Waisak.

Selain Candi Borobudur, Umat Budha yang melaksanakan ibadah saat Hari Besar Waisak pasti akan mengunjungi Candi Mendhut juga.

Bangunan Candi Mendut relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan Candi Borobudur. Namun candi ini tetap cantik, suasana lebih teduh. Dan aksesnya sangat mudah. Karena terletak di pinggir jalan raya.

Peninggalan sejarah yang wajib dikunjungi. Tempat wisata bersih, pelayanan tiket ramah, harga tiket masuk @Rp.3500

  • Candi Pawon

candi pawon
@chew.and.chill

Lokasi: Petunjuk arah ke lokasi Candi Pawon

Candi pawon masih satu daerah dengan kawasan candi borobudhur, karena letaknya kurang lebih hanya 1 km saja. Walaupun candi pawon punya kawasannya sendiri yang sudah di bangun sedemikian rupa, untuk masuk gang saja yg berjarak kurang lebih 100meter Anda sudah disuguhi patung candi kecil pada sepanjang jalan yg dipasang di depan rumah penduduk setempat. Apabila Anda masih dikawasan portal masuk, Anda masih di gratiskan dan bila Anda masuk pada candi baru ada retribusi sebesar 4000 rupiah per orang.

  • Candi Ngawen

candi ngawen
@kotamuntilan

Lokasi: Petunjuk arah ke candi Ngawen

Situs sejarah, candi bercorak budha yang bisa menjadi pilihan wisata yang menyenangkan, edukatif, murah meriah dan mudah dijangkau karena letaknya hanya 1km ke arah selatan dari pasar Muntilan.

Sebaiknya kesini pada pagi atau sore hari, karena siang hari terlalu terik dan area candi tidak begitu rindang.

Jika kesana dan melihat banyak batu2 candi yang seperti telantar jgn salah paham, itu karena saking banyaknya bagian candi yang hilang dan belum ditemukan hingga membuat candi tidak memenuhi standar untuk kembali dipugar.

Padahal bisa dibayangkan jika kelima candi di kompleks candi ngawen ini utuh pasti indah sekali.

  • Candi Gunungwukir

candi gunung wukir magelang
@mucandmuc

Lokasi: Petunjuk arah ke Candi Gunungwukir

Jalan menuju candi ini agak sulit. Terutama apabila kita membawa kendaraan pribadi. Perjalanan hanya bisa dilalui melewati jalan setapak, dari mulai rumah warga, jembatan, hutan bambu dan yang lumayan melelahkan adalah ketika jalan agak menanjak. Kalau jalan kaki sekitar 200 m – 300 m.

Komplek Candi tidak begitu utuh, hanya ada beberapa pondasi dan arca.

Tapi untuk yang menyukai situs-situs sejarah pasti akan  tertarik untuk kesini, karena kalau tidak salah Prasasti Canggal ditemukan disini.

  • Candi Gunungsari

candi gunung sari tempat wisata magelang
@laraslaxmana

Lokasi: Arah ke Candi Gunungsari

Bukit Sari yang menjulang tinggi di tengah persawahan memang tidak tampak istimewa, hampir sama seperti bukit lainnya yang rimbun tertutup pepohonan dan semak, diselimuti oleh suasana tenang dan sepi apalagi sebagian tempat di kawasan ini telah rusak diterjang lahar dingin yang dibawa oleh Gunung Merapi, beberapa tahun yang lalu. Dan sayangnya, tidak banyak yang tahu jika ada Candi Gunungsari disana.

Candi Gunungsari Magelang merupakan candi Hindu Siwa yang ada di Dusun Gunungsari, Kecamatan Salam, Desa Gulon, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi ini terdapat di puncak Bukit Sari atau Gunung Sari, tidak begitu jauh dari lokasi Candi Gunungwukir Magelang, lokasi candi tempat ditemukannya Prasasti Canggal. Belum ada informasi actual yang menjelaskan, namun bila dilihat dari bentuk, ornament, serta arsitektur, kemungkinan besar candi ini usianya lebih tua dari Candi Gunungwukir.

  • Candi Lumbung

candi lumbung
@imamismadin

Lokasi: petunjuk arah ke Candi Lumbung

Tempat asal candi dipinggir kali tetapi karena erosi maka dipindah ketempat yang lebih baik. Nampak bangunan baru sama persis dengan aslinya. Lokasi cukup mudah untuk dijangkau. Tempat yang luas dengan panorama alam indah udara segar menjadikan area bermain bagi anak-anak. Penduduk sekitar cukup ramah terhadap para pengunjung.

  • Candi Pendem

candi pendem magelang
@ki_mbaurekso

Lokasi: Petunjuk arah menuju Candi Pendem

Lokasi Candi Pendhem berdekatan dengan Candi Asu. Namun kita harus berjalan kaki melewati jalan setapak dan pematang sawah. Sebaiknya titipkam kendaraan Anda di sekolah dasar di depan Candi Asu.

Dari plang candi Pendhem kita cukup menyusuri jalan setapak. Sekitar 50 m, ada percabangan ke kanan adalah ke rumah-rumah warga. Ke kiri adalah ke Candi Pendhem.

Karena terletak di tengah-tengah persawahan, ada baiknya kita memohon izin ke warga setempat. Kita akan menyusuri pematang sawah hingga Candi Pendhem. Sebaiknya pergilah kesana ketika hari cerah agar jalan tidak becek/jeblok.

  • Candi Asu

candi asu magelang
@heru_nomade

Lokasi: Peta Candi Asu

Candi Asu terletak di tengah-tengah lahan pertanian masyarakat dan dikelilingi oleh pagar alam yg berupa tanaman yang tertata rapi. Bangunan Candi Asu saat ini tersusun bagian kaki dan tubuhnya, sedangkan atap candi sudah tidak terlihat lagi karena telah runtuh.

Pada bagian kakinya yang memiliki ukuran 2,5 meter terdapat tangga naik ke badan candi. di tanggan itu terdapat Makara yang belum selesai dipahat serta pada pipi tangga pun tidak ada relief yang dipahatkan. Sementara itu, di beberapa dinding kaki candi terdapat ukiran ornamen sulur-suluran yang dibingkai atau biasa disebut dengan hiasan “kertas tempel”. Pada bagian tubuh Candi Asu tidak banyak yang tersisa karena sebagian badan polar untuk hingga bagian atap. Namun, masih dapat diperhatikan antefiks yang ada di sekeliling tepi tubuhnya yang tidak terukir hiasan serta enam buah panil yang belum terpahat. Bagian tubuh yang berdiri diatas kakinya lebih kecil bentuknya sehingga terdapat selasar dengan lebar 69 cm.

Tubuh Candi Asu bagian bawah terdapat batur yang berbentuk bujur sangkar, pelipit, dan panil. Pada tubuhnya juga terlihat bentuk bekas relung sudah tidak utuh lagi kecuali di sisi utara dengan ukuran 140 cm tingginya dan lebarnya 52 cm. Sementara itu, pada bagian dalam candi terdapat sumuran dengan ukuran panjang 1,31 meter, lebar 1,31 meter, dan kedalaman 4 meter. Bandingkan dengan tubuh Candi Asu yang memiliki ketinggian 3,35 meter.

Di Candi Asu ini ditemukan Arca Nandi yang sudah aus bentuknya sehingga dapat dikatakan bernafaskan agama Hindu. Candi Asu biasanya dikenal juga dengan nama Candi Asu Sengi oleh masyarakat sekitar. penamaan Candi Asu diberikan oleh masyarakat sekitar karena Arca Nandi yang aus tersebut terlihat seperti anjing dalam bahasa Jawa asu.

  • Candi Selogrio

candi selogriyo
@novemlawalata

Lokasi: Peta Menuju Candi Selogriyo

Candi hindu yang di bangun sekitar abad ke 9.Dan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat indah yaitu sawah terasering. Cuma 30 menit dari pusat kota Magelang, hanya bisa ditempuh dengan sepeda motor untuk ke candi dari pintu gerbang. Situs candi bersejarah yang berada di daerah Windusari kabupaten Magelang. Selain candinya yang bagus di tempat ini juga ada taman yang cantik dan bagus buat foto-foto. Disepanjang jalan menuju candi kita dimanjakan dengan indahnya persawahan dan juga deretan perbukitan yang begitu cantik. Tapi sayangnya akses jalan dari loket menuju area candi kurang bagus dan hanya dapat dilalui oleh sepeda motor saja. Untuk tiketnya murah banget kok sekitar 7.000an per orang kalo gak salah dan itu sudah ternasuk biaya parkirnya.

Tempat wisata pemandian air panas di Magelang

 

  • Pemandian Air Hangat Candi Umbul

candi umbul magelang
@bernamayudha

Lokasi: Peta lokasi menuju pemandian air panas Candi Umbul

  1. Jam buka setiap Hari 06-18 WIB.
  2. HTM sekitar 5-10k,
  3. Sedikit kekurangan parkiran Kurang luas, sehingga pengunjung dengan mobil harus parkir dibahu jalan sekitar lokasi.
  4. Terdapat 2 kolam dan untuk lingkungan-nya lumayan bersih dan nyaman. Ada beberapa arca dan potongan batu dengan relief2 disekitarnya. Kedalaman kolam utama kurang lebih 1 m untuk anak2 biasanya di kolam 2 yang lebih dangkal tersedia kantin didalam lokasi.

 

Tempat Wisata Alam di Magelang

Berikut adalah Tempat Wisata Magelang yang salah satunya sedang ngehits di kalangan anak muda.

  • Top Selfie Pinusan Kragilan Magelang

top selfie kragilan
@ratihpuri90

Lokasi: Petunjuk Arah ke Top Selfie Pinusan Kragilan

Loket masuknya ada di gerbang taman nasional gunung Merbabu. Harga tiket weekday 10.000 & weekend 12.500. tanpa perlu bayar uang parkir lagi. Disini ada banyak sekali spot foto & ada banyak sekali fotografer keliling. Biasanya setelah pengunjung masuk pasti langsung didatangi sama fotografer keliling itu. Biaya per spot foto 5 ribu per orang, ada yang berisi 3 obyek atau 4. Untuk hammock juga dikenakan 5 ribu per orang.Kalau mau pakai jasa foto nanti biayanya 2.500 per foto yang dipilih, jadi bisa foto sebanyak mungkin dengan beraneka gaya trus endingnya nanti kita pilih pilih foto mana aja yang mau ditransfer lalu tinggal bayar.

Weekend tempat ini sangat rame.. perlu antri kalo mau foto foto.

  • Puthuk Setumbu

puthuk setumbu
@jatengeksis

Lokasi : Peta Menuju Puthuk Setumbu

Salah satu destinasi yang bakalan bikin baper para jomblo nih. Pasalnya tempat ini merupakan tempat yang pernah buat syuting film AADC. Apa sih itu AADC. Ah… Yang muda muda ini tentunya pasti tau. Yap….. Ada apa dengan cinta. Yang mengisahkan perjalanan sepasang kekasih dalam mengarungi bahtera cinta yang hmmmm hmmm hmmm.

Punthuk setumbu ini juga merupakan destinasi yang terletak bersebelahan dengan gereja ayam atau bikin reme. Keindahan yang dapat dinikmati dari Punthuk setumbu ini adalah sunrise. Tentunya nggak bakalan rugi kalau kalian kesini pagi-pagi. Selain untuk olahraga karena memang jalan yang menanjak menyisir hutan setelah itu kalian bisa merelaksasikan suasana hati yang kacau dengan menikmati senyum wajah matahari yang menyapa dengan kehangatannya.

Dari atas Punthuk setumbu ini kalian bisa menikmati keindahan kota Magelang termasuk candi Borobudur dan juga perbukitan yang menjulang tinggi.

  • Gunung Andong

gunung andong
@alapendaki

Lokasi: Peta ke Gunung Andong

Gunung ini tergolong dalam gunung yang memiliki ketinggian rendah. Ketinggianya sekitar  1731mdpl. Perjalanan menuju puncak dapat ditempuh melalui basecamp sawit dan memakan waktu pendakian selama kurang lebih 1 jam dan juga memiliki 3 pos untuk beristirhat. Tak perlu khawatir karena di puncak Gunung Andong ini tersedia warung dan juga toilet. Gunung ini juga terkenal sebagai tempat berziarah, dikarenakan di Puncak Gunung Andong terdapat Makam Kyai Abdul Faqih atau lebih sering disebut dengan sebutan Ki Joko Pekik.

Tiket : Rp. 7500 Parkir : Rp.5000

  • Gunung Telomoyo

puncak gunung telomoyo
@novitakade

Lokasi: Desa Pagergunung, Magelang, Jawa Tengah

Telomoyo merupakan wisata alam pegunungan yang berada di perbatasan kabupaten Magelang dan kabupaten Semarang . Bila kalian beruntung dari atas bisa melihat sunrise di pagi hari ataupun melihat beberapa gunung disekitarnya ataupun rawa pening di Ambarawa . Di atas juga digunakan untuk olahraga paralayang. Dipuncak terdapat menara operator seluler juga operator televisi . Akses menuju puncak bisa dilalui dengan mendaki  maupun kendaraan bermotor ataupun mobil ofroad. Tapi untuk perhatian bila menggunakan motor ,motor harus dengan kondisi siap tempur soalnya jalannya banyak yang rusak. Untuk pendakian kalian bisa lewat Desa Dalangan Ngablak Kabupaten Magelang.

HTM Rp. 5000

  • Gunung Merbabu

merbabu via suwanting
@oohsania

Lokasi Basecamp Pendakian via Suwanting: Peta Menuju Suwanting

Masih asri jalurnya masih alami segarnya coba ajah lewat jalur Suwanting.

  • Wisata Alam Bukit Gana Desa Banyubiru

Wisata Alam Bukit Gana Desa Banyubiru Magelang
@imroon_r87

Alamat: Banyubiru, Dukun, Magelang, Jawa Tengah 56482

Tempat ini berada di kecamatan Dukun, Magelang. Sebuah bukit yg biasanya banyak digunakan untuk event event seni. Semakin menarik dengan hadirnya pasar tradisional bertema masa lalu, semua dagangan, baju penjual bertema pedesaan masa lalu. Kita seperti kembali ke masa lalu. Alat makan dan alat masak juga menggunakan bahan dari gerabah,  daun,  kayu. Pemandangan indah dari gunung merapi dan merbabu menambah pesona tempat wisata ini.  Sebelum berbelanja kita harus menukar uang dengan koin “dono” Untuk bertransaksi. 1dono senilai Rp.  2000. Harga makanan cukup terjangkau, mulai dari 1dono. Jarak dari pusat kota Jogja sekitar 24km. Kalo menggunakan mobil, parkir dibawah,  dilanjutkan jalan kaki sekitar 200m.

Makanan disini sangat lengkap dari serabi, cenil, aneka jenang, jamu, nasi liwet, dawet, buah buahan dsb.Yang menarik lagi semua penjual diwajibkan menggunakan baju adat jawa, dan segala bentuk bungkusan makanan dsini adalah daun, bahkan untuk keresek diganti dengan keranjang bambu.

Penutup

Masih banyak lagi tempat wisata di Magelang yang mungkin belum kita masukan di list artikel ini. Yuk datang ke Tempat Wisata di Magelang yang Menarik dan yang pasti cari tempat yang moment-nya Sulit Dilupakan.

 

Artikel yang Kami publikasikan ini merupakan Data Terakhir. Bagi Anda yang mengetahui perubahan data terbaru, Jika berkenan bisa menginformasikan kepada kami melalui kolom komentar. Kami juga siap menerima kritik dan saran.Terima kasih, Jangan Lupa Bahagia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *