8 Tempat Wisata di Semarang Terbaru Saat Ini Yang Paling Hits dan Wajib Dikunjungi

Diposting pada

Apakah Anda sedang merencanakan liburan dan ingin mengunjungi tempat wisata di Semarang? Jika iya, artikel ini akan memandu Anda menemukan tempat wisata di Semarang yang paling hits saat ini.

Semarang biasa dikenal oleh masyarakat umum sebagai salah satu kawasan industri yang paling aktif di Pulau Jawa. Namun dibalik itu semua , Semarang juga menyimpan banyak tempat wisata menarik yang bisa Anda kunjungi saat akhir pekan atau saat liburan.

Di Semarang ada beragam jenis wisata, mulai dari wisata religi, wisata alam sampai dengan wisata sejarah. Untuk menikmati Tempat wisata di Semarang beberapa hari, baca rekomendasi hotel yang bisa kalian pilih di artikel sebelumnya “Hotel Alam Indah Semarang

Jika Anda bingung memilih tempat wisata di Semarang, jangan khawatir !

Berikut ini daftar tempat wisata yang dapat Anda pilih:

1. Ayana Gedong Songo

Ayana Godong Songo merupakan Tempat Wisata di Semarang yang bisa menjadi pilihan untuk wisata Anda dan keluarga. Tempat wisata yang paling baru di Semarang ini punya banyak spot foto lho.

Tempat wisata di semarang
ayanaz tempat wisata di semarang @jenhong_mom

 

Alamat Krajan, Banyukuning, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah
Lokasi Kawasan wisata candi Gedong Songo Dekat candi 1
Google Maps Klik Disini
Jam Buka 07.00 Sampai 17.00 WIB
Harga Tiket Rp. 20.000 per Orang
Spot Foto Rp. 5.000 per Orang
No. Tel 0813-9039-0768

Rute Menuju Lokasi

Untuk menuju lokasi sangat mudah, Anda langsung saja menuju kawasan wisata Candi Gedong Songo yang sudah sangat terkenal itu. Anda kalau sudah memasuki daerah Bandungan pasti cepat ketemu lokasinya, karena lokasi tepatnya didaerah krajan, banyak plang atau petunjuk jalan menuju tempat wisata tersebut.

Harga Tiket

Karena Ayana Godong Songo masih dalam kawasan candi Gedong Songo, maka Anda harus membayar dulu tiket masuknya. Harga tiket Ayana Godong Songo untuk lokal adalah Rp. 10.000 dan buat wisatawan mancanegara Rp. 75.000 per orang.

Jika Anda sudah masuk kawasan candi, kini Anda bisa memasuki area Ayanaz Gedong Songo. Eits, sebentar sebelum Anda masuk harus membayar tiket lagi dengan harga Rp. 20.000 untuk orang dewasa dan bagi anak – anak hanya membayar sebesar Rp. 10.000 saja.

Perlu diingat sebelum berfoto di spot – spot yang ada, bahwa nggak semua area foto tersebut gratis, ada beberapa spot foto yang harus nambah biaya atau bayar lagi.

Spot foto yang berlaku biaya tambahan adalah spot tenda gelembung dan balon udara. Dimana biaya tambahan itu sebesar Rp. 5.000/orang.

Fasilitas

Untuk fasilitas di Ayana Godong Songo ini sangat lengkap dan banyak. Berikut daftar 7 fasilitas spot foto yang paling kece :

– Sofa Tengah Kolam
– Sangkar Bantal
– Lukisan Instagenic
– Hammock
– Bunga-bunga
– Balon Udara
– Tenda Gelembung

2. Vanaprastha Gedong Songo Park

Vanaprastha Gedong Songo Park merupakan Hutan Pinus yang dilengkapi beberapa spot foto menarik.

Tempat wisata di semarang
tempat wisata di semarang hits vanaprastha @nbilahzain

Selain terdapat fasilitas villa berbentuk rumah kayu, Vanaprastha Gedong Songo Park, juga terdapat taman pinus, taman bermain anak, area camping, dan kursi santai. Tempat ini cocok sekali buat Anda yang menginginkan ketenteraman dengan udara yang sejuk.

Rute Menuju Lokasi

Vanaprastha Gedong Songo Park masih terletak di Kawasan Candi Gedong Songo, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Jadi untuk rutenya tetap mengarah ke Candi Kedung Songo. Dari kawasan tersebut Anda akan mudah menemukan Vanaprastha Gedong Songo Park.

Untuk rute, Anda bisa memilih rute Jalan Raya Semarang-Yogyakarta.

Sebelum sampai di Ambarawa, kamu belok ke kanan menuju Bandungan.
Tetapi jika kamu berangkat dari Yogyakarta, bisa melewati jalur menuju Magelang, Temanggung, dan Ambarawa.

Harga Tiket

Karena masih dalam kawasan Candi Gedong Songo, jadi pengunjung dikenakan biasa masuk sebesar Rp. 10.000. dan untuk masuk ke Vanaprastah Gedong songo Park pengunjung akan dikenakan lagi biaya masuk sebesar Rp. 5.000.

Fasilitas

– Villa
– Hammock
– Gazebo
– Spot foto diatas Pohon

3. Klenteng Sam Po Kong

Klenteng Sam Po Kong adalah tempat ibadah milik Kong Hu Cu. Tempat itu didirikan oleh seorang Laksamana yang beragama islam. Kelenteng Sam Po Kong atau yang dulu bernama Gedung Batu didirikan oleh seorang Laksamana Tiongkok yang bernama Cheng Ho.

Klenteng sam po kong ungaran
Klenteng sam po kong tempat wisata di semarang hits @nbilahzain

Salah satu bukti bahwa Laksamana Zheng atau Cheng Ho beragama islam yaitu dengan ditemukannya tulisan yang ternyata memiliki arti “mari kita mengheningkan cipta, dengan mendengarkan bacaan Al-Qur’an”.

Perlu diketahui bahwa Kelenteng Sam Po Kong itu dulunya adalah tempat ibadah Laksamana Zheng beserta awak kapalnya yang sebagian besar sudah menganut agama islam.

Sejarah Singkat 

Laksamana Cheng Pada abad 15 melakukan ekspedisi pertamanya. Saat tengah perjalanan wakil dari Laksamana Cheng yang bernama Wang Jing Hong jatuh sakit.

Pada akhirnya laksamana memberikan intruksi pada armadanya untuk berlabuh sejenak di Pelabuhan yang kini dikenal dengan nama Simongan.

Saat itu Cheng Ho beserta awak kapalnya menemukan sebuah gua dan akhirnya di pakai untuk beristirahat serta merawat Wang Jing Hong.

Sepuluh hari di Gua tersebut kesehatan Wang mulai membaik. Mengetahui akan hal itu Laksamana Cheng Ho memutuskan untuk meneruskan perjalanannya menuju Barat.

Cheng meninggalkan awak kapal di daerah itu sebanyak sepuluh orang untuk membantu menjaga kesehatan Wang. Sejak saat itulah Wang Jing Hong mulai betah tinggal di daerah Semarang.
Dibawah komando Wang, sepuluh awak kapal itu membuka tanah lahan dan mendirikan beberapa tempat tinggal. Selain itu mereka juga melakukan perdagangan ke daerah terdekat sepanjang garis pantai utara Jawa. Mereka berdagang menggunakan kapal yang dulunya di berikan oleh Laksamana Cheng. Kapal tersebut tadinya untuk kendaraan mereka menyusul armada lainnya menuju Samudera Barat.

Setelah sekian lama, akhirnya mereka menikahi beberapa wanita pribumi. Berkat kepemimpinan Wang kala itu membuat kawasan yang ada pada sekitar gua menjadi ramai dan juga makmur.

Wang Jing Hong yang sudah meninggal saat usia 87 tahun, mendapat julukan yakni Kyai Juru Mudi, Dampo Awang karena jasa yang telah banyak ia berikan pada daerah itu.

Setelah ratusan taun berlalu pada Oktober 1724, dilakukan upacara besar-besaran sebagai ungkapan rasa syukur pada Sam Po Tay Djien. Dalam perayaan juga bersamaan dengan pembangunan sebuah kuil.

Untuk Anda yang penasaran dengan Laksamana Cheng Ho, bisa cari buku biografinya.

Lokasi Jl.Simongan No.129, Bongsari, Kota Semarang, Jateng 50148
Google Maps Klik Disini
Jam Buka 08.00-22.00 WIB
Harga Tiket Rp. 8.000/Orang (regular), Rp. 28.000/Orang (terusan)
No. Tel +62-247-605-277

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Untuk harga tiket masuk reguler itu sendiri, sebenarnya cukup murah yaitu Rp. 8.000,-/orang. Dengan tiket reguler, anda tidak bisa masuk kebagian dalam kuil.

Harga tiket masuk khusus sebesar Rp. 28.000,-/orang. Dengan tiket ini baru Anda bisa mengeksplor lebih jauh ke dalam kuil.

Klenteng SamPo Kong ini mulai dibuka jam 8 pagi sampai jam 10 malam WIB.

4. Pondok Kopi Umbul Sidomukti

Apakah Anda ingin mencari tempat refreshing disekitar daerah puncak di Semarang? Anda bisa pergi ke pondok kopi sidomukti.

tempat wisata di Pondok Kopi Umbul Sidomukti semaran
tempat wisata di Pondok Kopi Umbul Sidomukti semarang @pondokkopi_umbulsidomu

Warung kopi sidomukti yang berlokasi di kaki Gunung Ungaran ini sangat cocok dijadikan tempat untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga atau orang terdekat.

Hawa dingin di sekitar lokasi, pasti akan membuat Anda betah berlama-lama di pondok kopi sidomukti. Pemandangan dari pondok kopi tersebut sangat indah sekali. Mulai dari Rawa Pening, Gunung Merbabu dan lanskap kota semarang turut dalam deretan pemandangan yang indah.

Rute Menuju Lokasi

Pondok Kopi ini masih bagian dari tempat wisata umbul sidomukti. Lokasi pondok kopi hanya berjarak beberapa ratus meter dari tempat wisata tersebut.

Lokasi tepatnya berada di Desa Sidomukti, Jimbaran, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang – Jawa Tengah.

Untuk menuju lokasi pondok kopi, para pengunjung bisa menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Bisa dibilang akses menuju ke lokasi sangat mudah dijangkau.

Jika Anda memulai perjalanan dari Kota Semarang lansung saja menuju samsat ungaran. Setelah itu masuk ke gapura kampung Sambang yang menjadi jalur alternatif menuju Jimbaran.

Ikuti terus jalan itu hingga sampai di Pasar Jimbaran, dari pasar belok kiri ke arah Bandungan. Berjarak 100 meter Anda akan menemukan jalan kecil sebelah kanan, rute tersebut sebenarnya arah ke basecamp pendakian Gunung Ungaran. Dari tempat itu, Anda akan melihat plang atau papan petunjuk arah menuju ke tempat wisata Umbul Sidomukti.

Harga Tiket Dan Jam Buka Tempat Wisata

Harga tiket masuk Pondok Kopi Umbul Sidomukti pada hari biasa, untuk mobil sebesar Rp.5.000,- dan untuk sepeda motor sebesar Rp.2.000,- .

Sedangkan tiket masuk untuk akhir pekan atau weekend, mobil dikenakan biaya Rp.8.000,- dan sepeda motor Rp.5.000,-.

Untuk jam buka pondok kopi sidomukti ini 24 jam. Jadi bagi Anda yang ingin menikmati kopi diatas puncak Bandungan Semarang bisa kapan saja.

5. Watu Gunung

Watu Gunung Ungaran biasa disebut juga Kolam Renang Lerep. Watu gunung memiliki air yang jernih karena berasal dari sumber mata air alami dari Gunung Ungaran.

Wisata semarang
tempat wisata hits di semarang @watugunung_lerep_ungaran

Lokasi dan Tiket Masuk

Lokasi Watu Gunung Ungaran berada di Lerep Satu, Ungaran. Untuk sampai ke tempat wisata Watu Gunung sangat mudah. Dari alun-alun Ungaran, ambil saja jalan menuju arah kiri. Dari jalan tersebut banyak petunjuk yang bisa Anda ikuti untuk sampai ke Watu Gunung.

Mengenai harga tiket masuk, untuk hari libur biasa dikenakan biaya Rp 25.000,- dan untuk hari biasa lebih murah yaitu Rp 20.000,-.

6. Kebun Teh Medini

Alamat : Limbangan, Jatirejo, Ngampel, Hutan, Ngesrepbalong, Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah 51357

Kebun Teh Medini salah satu Tempat Wisata di Semarang yang terletak di sisi utara Gunung Ungaran. Kebun teh ini berada di ketinggian 2.050 mdpl dan luas sekitar 386 hektar.

wisata di semarang hits @wisatasemarang
wisata di semarang hits @wisatasemarang

Kebun teh Medini sudah ada sejak tahun 1901 saat masa pemerintahan kolonial Belanda. Di tempat ini udara sangat sejuk ditambah pemandangan yang indah membuat kebun teh ini sebagai tujuan wisata warga lokal bahkan dari luar daerah.

Meski tidak terlalu jauh dari Kota Semarang, tetapi medan jalan yang harus dilalui tidak terlalu mulus. Keadaan jalan menuju kebun teh ini sebagian besar diperkeras dengan batu.

Jika Anda akan kesana, sebaiknya pakai mobil SUV atau sepeda motor. Sangat tidak disarankan mengendarai mobil jenis sedan.

Rute Menuju Lokasi

Untuk sampai ke lokasi, jika dari Semarang Kota, anda harus melewati rute Pasar Jrakah, Boja lalu melewati kecamatan Mijen dan Cangkiran. Saat sampai Cangkiran, lurus menuju Taman Rejo, kalau belok ke kanan akan menuju Kecamatan Boja. Setelah kelurahan Taman Rejo terlewati, jalur berbatu dimulai.

Harga Tiket

Untuk dapat menikmati keindahan kebun tehnya pengunjung hanya membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000,. Murahnya kebangetan kan?…

7. Curug Lawe

Penasaran ingin mengunjungi mengunjungi Curug Lawe yang terletak di lereng Gunung Ungaran?

tempat seru di semarang
Curug lawe tempat seru di semarang @lailifsofiya

Berikut ini informasi penting bagi Anda yang ingin ke salah satu Tempat Wisata di Semarang Curug Lawe.

Harga Tiket dan Alamat

Alamat : Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Untuk biaya tiket masuk itu per orang sebesar Rp. 5000,-

Rute Menuju Lokasi

Curug Lawe dari Semarang berjarak 21 km . Jika berangkat dari pusat kota Semarang Anda bisa menuju arah Universitas Negeri Semarang (UNNES). Sebelum sampai gerbang utama UNNES ada pertigaan, ambil arah kiri mengikuti jalan tersebut sampai menemukan pertigaan kembali.

Setelah sampai pertigaan ke dua ambil kiri ikuti jalan tersebut hingga menemukan lokasi air terjun. Kalau Anda sudah di posisi pertigaan kedua , Anda akan banyak menemukan papan penunjuk jalan menuju Curug Lawe.

Kalau masih ragu jangan malu untuk bertanya pada warga sekitar yang akan menunjukkan jalan menuju Curug Lawe.

Oh iya sekedar tips aja, persiapkan bekal seperti air minum, karena jarak pintu masuk ke air terjun cukup jauh.

Perjalanan pertamadari pintu masuk ke air terjun, Anda akan melewati jalan setapak menurun dan hanya bisa dilalui satu orang secara bergantian. Selama menyusuri jalan itu, Anda harus berkonsentrasi, karena terdapat jurang di kanan kiri jalan.

Fasilitas

Belum banyak fasilitas sih disana, yang tersedia di Curug Lawe ini hanya ada satu toilet. Di Curug Lawe juga tidak tersedia warung makan.

Untuk penginapan terdekat hanya ada di Ungaran.

8. Setiya Aji Flower Farm

Alamat : Jl. Kendalisodo, Piyato, Bandungan, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah 50614
Harga Tiket : Rp.7.500,- per orang
Jam Buka : 07.00 – 18.00 WIB

Setiya Aji Flower Farm merupakan tempat wisata di Semarang terbaru yang bagus.

Wisata semarang hits
wisata semarang @setiya_aji_flower_farm

Setiya Aji Flower Farm juga cocok dikunjungi bagi Anda penggemar bunga. Anda disini akan dikelilingi oleh bunga-bunga krisan indah dan berwarna warni.

Anda juga diperbolehkan selfie, tapi ingat tetap jaga etika. Jangan sampai punya pemikiran sudah bayar tiket masuk terus seenaknya berfoto yang bisa mengakibatkan rusaknya bunga yang tersedia.

Disini juga, Anda bisa membeli bunga krisan berwarna-warni. Harganya juga murah yaitu Rp. 5000 per batang.

Rangkailah bunga krisan tersebut dengan warna yang Anda sukai. Terus buat foto.

Rute Menuju Lokasi

Dari arah Kota Semarang

Jika Anda berada dari pusat Kota Semarang, maka ambil arah menuju ke Candi Gedong Songo, setelah melewati pertigaan Umbul Sidomukti, Anda terus lurus menuju Candi Gedong Songo.

Dari pertigaan itu Anda lihat di sisi kanan untuk mencari Hotel Mustika. Nah, Tepat di depan Hotel Mustika ada gang.

Masuklah ke gang itu lurus saja mengikuti jalan hingga sampai di lokasi.

Fasilitas

Meskipun terbilang baru sebagai Tempat Wisata di Semarang, fasilitas yang tersedia di Setiya Aji Flower Farm bisa dibilang cukup lengkap.

Ada lapangan parkir khusus kendaraan dan juga terdapt mushola kecil untuk beribadah. Penginapan terdekat bisa saja ke Hotel Mustika.

Itulah 8 Tempat Wisata di Semarang Terbaru Saat Ini Yang Paling Hits dan Wajib Dikunjungi. Semoga hari berlibur Anda menyenangkan.

Artikel yang Kami publikasikan ini merupakan Data Terakhir. Bagi Anda yang mengetahui perubahan data terbaru, Jika berkenan bisa menginformasikan kepada kami melalui kolom komentar. Kami juga siap menerima kritik dan saran.Terima kasih, Jangan Lupa Bahagia.
Summary
Review Date
Reviewed Item
tempat wisata di semarang
Author Rating
51star1star1star1star1star

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *