5 Tempat Wisata di Tawangmangu yang Wajib Masuk Daftar Destinasi Wisatamu

Diposting pada

Kali ini kita akan mengulas beberapa Tempat wisata di Tawangmangu yang wajib masuk daftar destinasi wisatamu. Tawangmangu tak lain merupakan nama sebuah kecamatan di kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Letaknya sangat tepat berada di lereng sebelah barat Gunung Lawu. Sudah pasti daerah Tawangmangu terkenal dengan udara yang sejuk dan dingin. Menariknya, sebagian besar hotel di Tawangmangu tidak meyediakan fasilitas AC. Kalaupun ada fasilitas Air Conditioner (AC) mungkin nggak akan dinyalakan, terlebih jika sudah di jam 3 pagi rasa dinginnya masuk sampai tulang.

wahana wisata grojogan sewu tawangmangu

Selain mengemban akan cuacanya yang sejuk, ternyata Tawangmangu menyimpan banyak objek wisata yang sangat sayang untuk di lewatkan. 5 diantaranya sebagai berikut:

1. Air terjun Grojokan Sewu

Sudah tidak asing lagi mungkin bagi yang hobi melancong. Objek wisata Air terjun Grojokan Sewu merupakan objek wisata andalan.

 

Air terjun dengan ketinggian 81 meter ini meskipun musim kemarau tetap saja debit air yang mengalir selalu melimpah.

Grojokan Sewu sendiri dalam bahasa Indonesia adalah Pancuran Seribu. Air terjun tersebut tepat berada di Desa Sepanjang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah.

Untuk menuju Grojokan Sewu, ada dua rute yang bisa dipilih, rute pertama yang bisa dipilih adalah pintu atas untuk kalian yang mengendarai mobil pribadi atau rombongan naik bus. Jika melalui rute ini hati-hati, sepanjang jalan menuju air terjun ada kera liar yang bergelantungan di pohon.

Untuk lebih amannya sebaiknya jangan membawa makanan ringan ataupun pisang, karena bisa jadi kera-kera itu akan merebut paksa apa yang Kamu bawa.

Jalur Kedua, untuk kalian yang mengendarai sepeda motor melalui jalur bawah. Pintu ini menurut warga sekitar terbilang aman, karena kera yang ada di sepanjang rute kedua ini tak sebanyak pintu masuk atas.

Selain menikmati keindahan Air terjun, di sini ada juga waterpark, Kolam renang, dan juga wisata kuliner yang unik yaitu sate kelinci.

Harga Tiket Masuk Grojokan Sewu

– Wisatawan Domestik Rp 15.000,- / orang
– Wisatawan Mancanegara Rp 160.000,-/ orang

2. Lawu Park 2

Lawu Park 2 wisata terbaru yang ada di Tawangmangu. Wisata alam ini baru saja di buka pada awal Juni 2019. Meskipun baru, objek wisata alam ini mampu menyedot banyak pengunjung.

Terletak di Kawasan Bulakrejo Gondosuli Kidul yang masih dalam kawasan kecamatan Tawangmangu, Karanganyar. Lawu Park 2 juga sangat asri dan sejuk karena objek wisata ini di kerumuni hutan pinus.

Ada begitu banyak taman yang tersedia mulai dari taman Kelinci, taman domba dan juga taman tematik. Ingin berfoto ria? Tenang, banyak spot di sini salah satu yang menjadi andalan adalah Snow in the Jungle atau dalam bahasa indonesia adalah salju di tengah hutan.

Harga Tiket Masuk Lawu Park 2

Harga tiket yang ditawarkan oleh pihak pengelola sangat terjangkau yaitu Rp. 20.000,-. Obyek wisata Lawu Park 2 memang masih dalam taham pengembangan dan saat ini masih berjalan 60%. Nantinya pengunjung akan disuguhi fasilitas lain berupa Penginapan, Foodcourt dan juga Mushola.

Tertarik mengunjungi Lawu Park 2? Yuk rencanakan mulai dari sekarang.

3. Kawasan Wisata Bukit Sekipan

Kawasan Wisata Bukit Sekipan menjadi lokasi favorit anak muda. Terletak di Jalan Sekipan, Kaliroso, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Selain menjadi favorit anak muda, tempat ini juga merupakan kawasan yang sangat tepat untuk berkemah.

Apa saja sih yang menjadikan Bukit Sekipan sebagai tempat wisata favorit anak muda? Ya, tempat ini menawarkan berbagai macam wahana seperti kampung hallowen, taman Lampion, miniatur dunia, waterboom, sepeda air dan juga film 8 dimensi.

Harga Tiket Masuk Wisata Bukit Sekipan

Saat ini harga tiket masuk di banderol Rp. 60.000,- /orang. Akan tetapi harga tiket tersebut belum termasuk tiket masuk wahana didalam area Bukit Sekipan.

Apabila kamu dan keluarga ingin menikmati nuansa malam hari di Bukit Sekipan tak perlu khawatir. Di sana tersedia penginapan dengan berbagai macam pilihan tipe kamar. Mulai dari wisma small room seharga Rp. 350.000,-/ malam hingga Titanic room dengan harga Rp. 550.000,-/ malam.

Pengen tau selengkapanya tentang Wisata Bukit Sekipan? Yuk artikel ini: Menikmati Liburan Akhir Pekan di Bukit Sekipan

4. Rumah Atsiri

Bagi Kamu yang menginginkan keindahan warna warni tanaman bunga, wajib banget nih ke Rumah Atsiri.

Rumah Atsiri terletak di Jl. Watusambang, Desa Plumbon, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Tahukah Kamu? Rumah Atsiri sebelum menjadi tempat wisata edukasi seperti sekarang ini, dulunya merupakan sebuah pabrik pembuat minyak atsiri dari bahan baku serai wangi dan tanaman lain. Pabrik ini merupakan hasil kerjasama pemerintah Indonesia dengan Bulgaria yang dibangun pada tahun 1967.

Saat ini Rumah Atsiri menjadi wisata edukasi yang dibuka untuk umum. Tour wisata edukasi di Rumah Atsiri meliputi pengenalan terhadap tanam atsiri di bawah ini:

– Kayu putih
– serai
– rosmarin
– mint
– marigold
– mawar
– pala
– jinten
– lavender
– arum dulu
– cendana

Harga Tiket masuk wisata Edukasi Rumah Atsiri

Untuk berwisata edukasi di Rumah Atsiri ini, Anda akan dikenakan tiket retribisi sebesar Rp. 50.000,- / orang. Jam buka dari tempat wisata edukasi ini setiap hari pukul 09.00 WIB sampai 17.00 WIB.

5. New Balekambang

New Balekambang merupakan tempat wisata yang tak jauh letaknya dari wisata Bukit Sekipan. Lebih tepatnya terletak di Jl. Balaikambang, Desa Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Jika kamu hobi berfoto selfie, kamu akan di manjakan di tempat ini karena banyak terdapat spot foto yang pasti instagramable. Pernah juga nih tempat ini saat selesai di renovasi pada tahun 2015 lalu mengusung tema wisata 1001 selfie.

Berkunjung di New Balekambang serasa berkeliling dunia lho. Karena adanya miniatur landmark dari berbagai penjuru dunia.

Berikut Landmark yang ada di Balekambang:

– Colloseum
– Patung Spinx
– Menara eiffel
– Menara Pisa
– Borobudur
– Tembok Besar China
– Petung Merlion
– Bukit Hollywood
– dan masih banyak lagi.

Saat berfoto dengan angle kamera yang tepat
Kamu akan seperti di tempat aslinya. Bosan berfoto dengan latar belakang ikon Dunia tadi? Nggak perlu khawatir. Pihak Pengelola menawarkan berbagai wahana permainan seperti :

– ATV
– Paint Ball
– Flying Fox

Harga Tiket Masuk ke Wisata New BaleKambang

Harga tiket masuk untuk hari biasa dengan hari libur berbeda.

– hari biasa Rp. 12.000,-
– Hari Libur atau weekend sebesar Rp. 15.000,-

Harga tiket diatas merupakan harga tiket masuk dan belum termasuk tiket untuk bermain wahana lainnya. Jadi kalau hanya untuk berfoto atau sekedar selfie cukup bayar tiket masuk saja. Murah kan?

Mulai tertarik untuk ke Tawangmangu, Karanganyar? Atau merencanakan untuk datang ke tempat wisata di tawangmangu? Yuk, masukan ke daftar destinasi wisatamu.

Artikel yang Kami publikasikan ini merupakan Data Terakhir. Bagi Anda yang mengetahui perubahan data terbaru, Jika berkenan bisa menginformasikan kepada kami melalui kolom komentar. Kami juga siap menerima kritik dan saran.Terima kasih, Jangan Lupa Bahagia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *