Data KPJ Tidak Ditemukan 2024, Ini Solusinya!

Harga Kamar
Harga Kamar
Print PDF

Data KPJ Tidak Ditemukan – Hadirnya BPJS Ketenagakerjaan di tengah-tengah masyarakat memang sangat membantu bagi banyak pihak yang membutuhkan jaminan sosial. Apalagi para pekerja yang terdaftar serta memiliki KPJ (Kartu Peserta Jamsostek).

Supaya bisa mendapatkan segala manfaatnya, maka Data KPJ sangat diperlukan. Nantinya Anda membutuhkan 11 digit angka nomor BPJS yang notabene merupakan identitas pemilik. Namun, ada sejumlah kendala dimana data KPJ tidak ditemukan saat kegiatan administrasi berlangsung.

Kendati sudah cek nomor melalui aplikasi JMO, nyatanya masalah data KPJ tidak ditemukan masih tetap terjadi. Sebagai pemilik sekaligus pelanggan BPJS Ketenagakerjaan, tentunya Anda penasaran tentang penyebab gagalnya informasi tersebut teridentifikasi.

Jika kebetulan Anda mengalami masalah serupa, maka Kami sudah membuatkan segala penjabaran tentang data KPJ tidak ditemukan. Mulai dari penyebab hingga cara mengatasi permasalahan Kartu Peserta Jamsostek ada di dalam pembahasan berikut ini.

Penyebab Data KPJ Tidak Ditemukan

Data KPJ Tidak Ditemukan

Permasalahan data KPJ yang tidak teridentifikasi sebenarnya sudah dialami oleh beberapa pihak. Melalui cerita maupun pengalaman pengguna, setidaknya terdapat beberapa penyebab yang membuat informasi Kartu Peserta Jamsostek terkendala ketika dilakukan identifikasi.

Supaya para pengguna dapat mengetahui segala akar permasalahannya, berikut adalah penyebab data KPJ tidak ditemukan.

1. Kesalahan Penulisan Data KPJ

Penyebab informasi Kartu Peserta kerja Jamsostek tidak ditemukan pertama adalah adanya kesalahan penulisan data. Kejadian salah tulis nomor BPJS di dalam KPJ tersebut memang sudah umum dan sering dilakukan oleh para pengguna.

Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan Adalah, Fungsi, Manfaat dan Pengertian

Berhubung terjadi kesalahan dalam penulisan, maka keterangan Data peserta tidak ditemukan pastikan data sesuai dengan KPJ Anda akan muncul ketika sedang cek nomor.

2. Perpindahan Perusahaan

Penyebab lainnya data Kartu Peserta Jamsostek tidak ditemukan adalah pindahnya peserta ke perusahaan lain (resign). Ketika Anda sudah tidak aktif di suatu perusahaan, maka secara otomatis segala benefit, seperti jaminan sosial KPJ juga secara otomatis akan dihentikan status keanggotannya.

Alhasil, BPJS Ketenagakerjaan yang tadinya berada di bawah naungan perusahaan, kini telah beralih menjadi BPJS Ketenagakerjaan Mandiri. Itulah alasan mengapa data Kartu Peserta Jamsostek tidak ditemukan.

3. Telat Membayar Iuran

Penyebab selanjutnya data Kartu Peserta Jamsostek tidak ditemukan adalah terjadinya telat bayar iuran. Hal tersebut biasanya terjadi ketika peserta KPJ terlambat atau bahkan belum membayar setelah melewati batas jatuh tempo (tanggal 30 tiap bulan).

4. Belum Terdaftar Selama 14 Hari

Ketika data KPJ sudah pernah didaftarkan dan berhasil, maka segala informasinya akan terbaca setelah lebih dari 14 Hari atau 2 Minggu pasca pendaftaran. Apabila belum memenuhi ketentuan durasi tersebut, maka segala informasi perihal peserta Kartu Peserta Jamsostek tidak akan terindeks.

5. Permasalahan Sistem KPJ

Penyebab selanjutnya adalah adanya permasalahan pada sistem ketika dilakukan cek nomor BPJS pada KPJ. Berhubung aksesnya terkendala, secara otomatis data keanggotaan KPJ juga tidak dapat ditemukan ketika dicek melalui berbagai sarana.

6. Belum Update Aplikasi JMO

Penyebab berikutnya data Kartu Peserta Jamsostek tidak ditemukan adalah belum melakukan update aplikasi ketika hendak login JMO. Bisa jadi nomor KPJ tadi akan sulit teridentifikasi karena memang apk yang digunakan masih belum membawa pembaruan sistem di dalamnya.

Setelah mengetahui segala penyebabnya, maka permasalahan data KPJ tersebut sudah bisa ditangani. Alhasil, informasi yang ada di dalam Kartu Peserta Jamsostek bisa kembali digunakan untuk melancarkan segala aktivitas registrasi.

Cara Mengatasi Data KPJ Tidak Ditemukan

Cara Mengatasi Data KPJ Tidak Ditemukan

Berhubung penyebab data KPJ tidak ditemukan sudah Anda ketahui, maka upaya atau tindakan harus dilakukan guna menangani masalah tersebut. Setidaknya ada beberapa cara mengatasi yang bisa diimplementasikan oleh para peserta KPJ, baik secara teknis maupun non-teknis.

Supaya dapat dipahami oleh semua peserta, berikut adalah daftar beberapa cara mengatasi data KPJ tidak ditemukan.

1. Lakukan Verifikasi Ulang

Cara mengatasi data KPJ tidak bisa teridentifikasi pertama adalah melakukan verifikasi ulang. Solusi satu ini ditujukan bagi peserta yang melakukan kesalahan dalam melakukan penulisan data sehingga informasinya tidak ditemukan.

Pastikan kembali bahwa data nomor BPJS di dalam KPJ terdiri dari 11 digit angka, kemudian cek detail setiap angkanya apakah terjadi kesalahan penulisan. Jika benar ditemukan salah tulis tersebut, segera lakukan koreksi, lalu lakukan verifikasi ulang data KPJ.

2. Memeriksa Status Keanggotaan

Cara mengatasi data Kartu Peserta Jamsostek sulit teridentifikasi adalah memeriksa status keanggotaan. Upaya ini dapat dilakukan manakala informasi peserta KPJ tidak ditemukan lantaran sempat berpindah perusahaan.

Coba lakukan pengecekan dengan menghubungi HRD perusahaan tempat bekerja sebelumnya yang mengurus keanggotaan KPJ Anda. Prosedur tadi juga dapat dilakukan peserta KPJ secara online atau lewat HP dengan mengunjungi situs SSO BPJS Ketenagakerjaan BPJSTKU dan aplikasi JMO.

3. Menggunakan Provider Internet Lainnya

Cara mengatasi berikutnya ditujukan ketika masalah data KPJ disebabkan oleh buruknya koneksi internet. Coba aktifkan mode pesawat, kemudian matikan kembali ketika ingin cek data KPJ. Apabila Kartu Peserta Jamsostek tetap tidak ditemukan, maka cobalah menggunakan provider internet lainnya.

4. Menunggu 14 Hari

Cara mengatasi permasalahan data KPJ berikutnya adalah menunggu 14 Hari sejak awal pendaftaran. Upaya tersebut dilakukan bagi peserta Kartu Peserta Jamsostek yang baru melakukan registrasi. Biasanya semua data maupun informasi KPJ baru terindeks di dalam database setelah 14 hari pasca pendaftaran.

Setelah melewati masa 14 Hari setelah registrasi KPJ, silahkan lakukan pengecekan nomor BPJS secara berkala melalui media yang telah disediakan, baik situs resmi maupun aplikasi.

5. Update Aplikasi JMO

Cara mengatasi permasalahan data KPJ lainnya adalah dengan mengupdate aplikasi JMO. Anda bisa menggunakan layanan Play Store maupun App Store guna melakukan update tersebut, sehingga segala informasi maupun data Kartu Peserta Jamsostek bisa ditemukan kembali.

Baca Juga: 3 Cara Menggabungkan Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online

6. Menghubungi Customer Service

Apabila segala upaya atau cara mengatasi masalah data KPJ di atas masih belum membuahkan hasil, maka sudah saatnya Anda menghubungi pihak Customer Service BPJS Ketenagakerjaan. Konsultasikan segala permasalahan Kartu Peserta Jamsostek tersebut sehingga CS bisa memberikan solusi terbaiknya.

Adapun segala bantuan Customer Service BPJS Ketenagakerjaan bisa diperoleh dengan menghubungi beberapa layanan call center di bawah ini.

Silahkan gunakan semua metode di atas apabila secara kebetulan Anda juga mengalami permasalahan data KPJ tidak ditemukan. Apabila informasi Kartu Peserta Jamsostek tersebut masih belum kunjung teridentifikasi, maka sangat disarankan menghubungi customer service pusat.

Kesimpulan

Setelah membaca seluruh pembahasan di atas, kini Anda sudah mengetahui beberapa informasi penting terkait penyebab hingga cara mengatasi masalah data KPJ tidak ditemukan. Dengan demikian, segala informasi yang dibutuhkan dalam kegiatan administrasi BPJS Ketenagakerjaan bisa berjalan lancar.

Sekian pembahasan dari www.biayasehat.com mengenai permasalahan data KPJ tidak teridentifikasi secara lengkap. Apabila Anda masih membutuhkan solusi, tips, maupun trik terkait penggunaan BPJS Ketenagakerjaan, silahkan cek update terbaru dari Kami.