Sehat Adalah, Definisi dan Perbedaan dengan Bugar Menurut Para Ahli

Harga Kamar
Harga Kamar
Print PDF

Sehat adalah sebuah keadaan seseorang merasa fisiknya baik dan bisa melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Dengan keadaan baik, tentu semua orang menginginkan badannya tidak bermasalah apa-apa.

Agar memiliki kondisi sehat, kita harus menjaga badan secara baik. Mulai dari olahraga secara rutin, mengkonsumsi makanan sehat, perbanyak minum air putih, mengatur waktu tidur, hingga mengelola stres.

Dari beberapa penjelasan di atas, pastinya kamu sudah tahu pengertian dari sehat. Akan tetapi, arti dari kata sehat menurut para ahli kesehatan belum banyak yang tahu. Penting sekali mengetahui hal itu, agar nantinya kita bisa menjaga kesehatan tubuh dengan baik.

Supaya lebih mudah dalam mencari pengertian dari kata sehat, kami akan bantu merangkumnya di artikel kali ini. Bagi kamu yang kiranya ingin lebih tahu pendapat dari beberapa ahli kesehatan, bisa simak pembahasan kami hingga selesai.

Definisi Sehat Menurut Para Ahli

Definisi Sehat Menurut Para Ahli
source image: klikdokter.com

Setelah mengetahui pengertian di atas, berikutnya kami akan bantu kamu menemukan definisi sehat menurut para ahli. Adapun seorang ahli ini yang sesuai bidangnya yakni kesehatan. Selain itu, ada juga pengertian dari Undang-Undang dan WHO yang nantinya bisa menjadi tambahan pemahaman kita.

1. Potter & Perry (2005)

Definisi pertama berasal dari seorang ahli bernama Potter & Perry. Menurutnya, sehat adalah keadaan dinamis setiap individu dalam menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan lingkungan, baik itu internal maupun eksternal. Keadaan ini sangat penting dimiliki agar bisa mempertahankan hidup.

2. Perkins (1938)

Kemudian untuk pendapat kedua datang dari seorang ahli bernama Perkins. Pandangan dia tentang sehat merupakan keadaan seimbang antara bentuk serta fungsi tubuh dari berbagai faktor yang ada di sekitarnya.

3. Robert J. White (1977)

Lalu, seorang ahli dan ilmuan bedah yakni Robert J. White. Ia mengungkapkan bahwa sehat adalah keadaan di mana seseorang di waktu diperiksa tidak memiliki keluhan apapun. Tidak juga ada tanda-tanda suatu penyakit serta kelainan.

4. Paune (1983)

Selanjutnya seorang ahli kesehatan Paune juga punya pendapat tentang sehat di tahun 1983. Di mana kata tersebut merupakan fungsi efektif dari sumber-sumber perawatan diri. Adapun arti dari perawatan diri adalah perilaku yang sesuai dengan tujuan agar badan terasa baik.

5. Undang-Undang 36 Pasal 1 Tahun 2009

Selain pendapat dari beberapa ahli kesehatan, Undang-Undang 36 Pasal 1 Tahun 2009 juga memberikan penjelasan tentang kesehatan. Di UU tersebut mengatakan bahwa kata tersebut merupakan keadaan baik secara fisik, mental, spiritual maupun sosialnya. Ketika seseorang memiliki keadaan baik, maka hidupnya akan produktif secara sosial serta ekonomis.

6. WHO (World Health Organization)

Pendapat terakhir berasal dari World Health Organization. Badan kesehatan dunia tersebut mengartikan sehat sebagai keadaan sempurna, baik itu fisik, mental, maupun sosial. Tidak hanya itu, keadaan seseorang yang sempurna juga ditandai dengan tidak adanya penyakit atau kelemahan/cacat.

Dari semua penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa sehat merupakan keadaan baik seseorang ketika menjalankan aktivitas sehari-hari. Setidaknya kesehatan bisa dilihat dari fisik, mental, spiritual, hingga kehidupan sosialnya di lingkungan masyarakat.

Perbedaan Sehat dengan Bugar

Perbedaan Sehat dengan Bugar
source image: tuliskan.id

Setelah mendapatkan definisi dari berbagai pendapat ahli, UU, dan World Heath Organization, pastinya kamu sudah paham istilah kesehatan. Namun, ada pertanyaan yang kiranya menarik untuk dibahas yakni apa perbedaan istilah sehat dengan bugar? Karena jika diartikan dengan logika, kedua kata tersebut punya kesamaan.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa keduanya memiliki perbedaan. Jika tadi istilah sehat didefinisikan sebagai keadaan baik dari setiap individu, baik itu secara fisik, mental, hingga sosial. Selain itu juga terhindar dari penyakit atau kelemahan.

Sedangkan bugar adalah suatu kondisi di mana seseorang tidak mudah merasa lelah walaupun sudah melakukan berbagai aktivitas. Setelah melakukan berbagai aktivitas, seseorang yang memiliki kebugaran yang baik juga masih memiliki semangat serta tenaga cadangan untuk melakukan kegiatan lainnya.

Dari dua penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa perbedaan kondisi sehat sebetulnya dipengaruhi oleh kondisi bugar. Semakin tinggi jasmani seseorang melakukan kegiatan, maka tingkat kebugaran tubuh pun juga tinggi. Namun perlu ditekan bahwa kondisi tubuh bugar bukan berarti keadaan mental dan spiritualnya baik.

Tips Menjaga Kesehatan

Tips Menjaga Kesehatan
source image: fwd.co.id

Kurang rasanya jika di akhir pembahasan ini kami tidak memberikan tips menjaga kesehatan. Hal ini penting sekali untuk diketahui, agar nantinya semua orang bisa hidup dengan baik tanpa penyakit apapun. Di bawah ini, kami telah menuliskan tips menjaga kesehatan secara sederhana:

1. Makan Makanan Sehat

Tips pertama menjaga kesehatan adalah dengan makan makanan sehat. Di mana makanan sehat di dunia sangat banyak sekali. Mulai dari sayuran, buah, hingga daging. Ketiga makanan tersebut dikonsumsi secara teratur setiap harinya.

2. Rutin Berolahraga

Kemudian, tips kedua untuk menjaga kesehatan yakni melakukan aktivitas olahraga secara rutin. Berdasarkan pendapat dari dokter, olahraga bisa dilakukan minimal 30 menit sehari atau 150 menit/minggu. Silakan bisa diterapkan.

3. Berhenti Merokok

Tips kedua yakni berhenti merokok. Perlu diketahui bahwa, tar dalam asap rokok mengandung bahan kimia karsinogen, di mana bisa memicu perkembangan sel kanker di tubuh. Asap ini pun akan meningkatkan risiko terjadinya stroke bahkan serangan jantung.

4. Berhenti Mengkonsumsi Alkohol

Selanjutnya untuk tips keempat dalam menjaga kesehatan tubuh adalah dengan berhenti atau menghindari alkohol. Apabila orang mengkonsumsi alkohol terus-terus maka akan kehilangan kesadaran, kejang-kejang, bahkan bisa kehilangan nyawa.

5. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Tips terakhir dari kami menjaga kesehatan tubuh adalah menjaga berat badan supaya tetap ideal. Berdasarkan pendapat dari beberapa penelitian, berat badan berlebihan akan mengakibatkan cepatnya penyakit tumbuh di tubuh manusia. Selain itu, sirkulasi darah juga tidak berjalan baik.

Kesimpulan

Setelah membahas keseluruhan tentang istilah kesehatan berdasarkan pendapat para ahli, akhirnya kita telah memahami definisi dari sehat. Selain itu, kita juga mengetahui perbedaan antara sehat dengan bugar. Bahwasanya setiap individu punya kewajiban untuk menjaga tubuh akan bisa terus dalam keadaan sehat.

Kiranya itu pembahasan dari kami mengenai definisi istilah kata sehat dari banyak pendapat ahli. Semoga dengan adanya ulasan di atas bisa dijadikan sebagai sumber pengetahuan yang bermanfaat. Tidak hanya itu, ulasan tadi juga bisa menjadi bahan bacaan menarik bagi para pembaca khususnya orang yang di bidang kesehatan.